Farwiza Farhan, Aktivis Lingkungan Asal Aceh Masuk Majalah TIME

Farwiza Farhan, Aktivis Lingkungan Asal Aceh Masuk Majalah TIME
info gambar utama

Majalah TIME merilis daftar nama yang masuk ke dalam TIME100 Next 2022. Dalam daftar itu, secara membanggakan ada nama perempuan Indonesia, yakni Farwiza Farhan. Gadis berdarah Aceh tersebut bersanding dengan sejumlah nama dari berbagai negara di dunia.

Farwiza merupakan aktivis lingkungan yang sukses mempertahankan Kawasan Ekosistem Leuser dari industri, pembangunan, dan perburuan liar. Kawasan Ekosistem Leuser tersebut berlokasi di Aceh dan Sumatra Utara.

Kawasan Ekosistem Leuser termasuk salah satu paru-paru terbesar dunia. Kawasan ini mampu menyerap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan menyimpannya di daun, batang, dan tanah hutan. Ironisnya, hutan dan hewan-hewan yang hidup di Kawasan Ekosistem Leuser terancam ditebang dan diburu.

Menurut TIME, apabila hutan-hutan di kawasan ini ditebang, maka itu sama halnya dengan melepas kembali CO2 ke atmosfer. Di sisi lain, gas rumah kaca sudah semakin parah menyelimuti bumi dan menjebak panas matahari. 

Oleh karena itu, TIME—sebagaimana ditulis Jane Goodall—menobatkan Farwiza sebagai aktivis yang memiliki peranan penting dalam kehidupan saat ini. Apa yang dilakukan oleh Farwiza dan rekan-rekan aktivisnya di Kawasan Ekosistem Leuser akan membuat perubahan yang lebih baik untuk masa depan dunia. 

Baca Juga: Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange
Farwiza Farhan dalam TIME100 Next 2022 | Foto: TIME
info gambar

Farwiza Merasa Tidak Percaya

Dinukil dari Kompas.com, Farwiza merasa tidak percaya ketika ia pertama kali mendapat surel dari TIME. Menurut Farwiza, dirinya hanya orang biasa yang tidak mungkin bersanding dengan orang luar biasa dalam sebuah majalah besar dunia. Terlebih, saat itu Farwiza tengah terbaring di rumah sakit karena DBD.

“Sejujurnya, rasanya campur aduk. Ketika dapat email dari TIME, yang berisikan agar saya mengisi beberapa form untuk dinominasikan dalam 100 tokoh Majalah TIME, saya bingung karena saat itu saya sedang terbaring di rumah sakit dengan diagnosa DBD. Saya tidak sanggup balas dan meminta beberapa kolega untuk menjawab email tersebut,” ujar Farwiza kepada Kompas.com.

Ketika mendapati foto dirinya masuk dalam Majalah TIME, Farwiza terharu dan bahagia. Ia mendedikasikan penghargaan tersebut kepada orang-orang yang bekerja siang dan malam dengan risiko tinggi untuk menjaga ekosistem Leuser. 

“Jadi, sebenarnya penghargaan ini saya dedikasikan buat mereka semua, merekalah yang berhak mendapat ini," kata Farwiza, dikutip dari sumber yang sama.

Baca Juga: Fakta Seputar Ticket to Paradise, Film Hollywood dengan Latar Bali
Potret Farwiza Farhan memegang majalah TIME yang memuat dirinya | Foto: Instagram @wiiiiza
info gambar

Dipuji oleh Bill Gates

Kabar masuknya Farwiza dalam daftar TIME100 Next 2022 ternyata sampai ke telinga perintis Microsoft, Bill Gates. Ia lantas memberi pujian atas kerja keras dan kedermawanan Farwiza. 

Dalam twit yang diunggah melalui akun pribadinya, Bill Gates mengatakan bahwa Farwiza merupakan sosok pemimpin yang membuat dirinya yakin dengan masa depan yang lebih baik. 

Leaders like @wiiiiza make me optimistic for our future,” kata Bill Gates sembari menyebut (mention) akun Twitter Farwiza.

Pada twit tersebut, Bill Gates juga menyebutkan pernah bertemu dengan Farwiza sekitar awal tahun ini. Pertemuan itu membuatnya terkesan dengan kiprah Farwiza dalam melindungi Kawasan Ekosistem Leuser.

Earlier this year, I had the opportunity to meet Farwiza and was so impressed by her work protecting the Leuser ecosystem in Indonesia,” pujinya. 

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival 2022, Usung Cerita Wayang Lokananta

Kepedulian Farwiza terhadap ekosistem lingkungan dapat dijadikan contoh bagi anak muda Indonesia. Farwiza juga membuktikan bahwa negara ini membutuhkan aksi dan dedikasi dari putra-putri bangsa. GoodMates, kini giliranmu untuk mengabdi kepada tanah air.

Referensi: time.com | Kompas.com | twitter.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini