7 Penghargaan & Pencapaian Pariwisata Indonesia di Mata Dunia Tahun 2022

7 Penghargaan & Pencapaian Pariwisata Indonesia di Mata Dunia Tahun 2022
info gambar utama

Siapa yang tak sepakat kalau warisan alam dan budaya Indonesia tak pernah gagal mengesankan? Kita yang tinggal di kepulauan menawan ini saja sering dibuat takjub dengan keindahan yang terkenal bahkan spot-spot hidden gem yang kerap dibagikan oleh masyarakat kita sendiri. Seperti tak ada habis-habisnya.

Tak sedikit tempat wisata di Indonesia dilengkapi dengan fasilitas eksklusif dan layanan istimewa untuk bisa secara maksimal menikmati lanskap dan pemandangan Indonesia yang hingga kini diakui di seluruh dunia.

Semua ini terbukti dengan semua prestasi dan penghargaan pariwisata yang diraih Indonesia dari berbagai majalah dan website internasional. Dikutip dan dirangkum dari Indonesia Travel, berikut 7 penghargaan bergengsi yang didapatkan Indonesia.

1. Bali, Finalis Pulau Terbaik dan Tempat Bulan Madu Terbaik Majalah Internasional

Luxury Lifestyle Magazine setiap tahunnya mengumumkan finalis Readers' Travel Awards sebagai salah satu acuan pelancong untuk berwisata. Tahun 2022, majalah tersebut menominasikan Bali dalam daftar finalis. Tidak hanya satu kategori, Bali bertengger di dua kategori, yaitu Pulau Terbaik dan tempat Bulan Madu Terbaik.

Menawarkan pemadangan yang menakjubkan dan menarik, Bali dianggap sempurna untuk pengantin baru yang ini mengisi babak pertama pernikahan mereka dengan momen yang tak bisa terlupakan.

2. Punya Kota, Pulau, Resor Terbaik di Dunia dan Asia

Travel+Leisure World's Best Awards 2022 tak tanggung-tanggung menyelipkan tempat di Indonesia dalam nominasi terbaiknya. Indonesia masuk dalam 6 kategori sekaligus yaitu Pulau Terbaik di Dunia, Pulau Terbaik di Asia, Kota Terbaik di Dunia, Kota Terbaik di Asia, dan Resor Terbaik di Asia. Yang terakhir mereka menampilkan penghargaan kategori Resor Terbaik di Indonesia.

Nominasi untuk Pulau Terbaik di Dunia dan Asia sama-sama diraih oleh Bali. Ubud, Bali dinominasikan sebagai Kota Terbaik di Dunia dan Asia. Beberapa resor yang masuk dalam nominasi Resor Terbaik di Asia antara lain Capella Ubud, Mandapa, Ritz-Carlton Reserve, Alila Villas Uluwati, dan Nihi Sumba.

Sedangkan untuk Resor Terbaik di Indonesia, Travel+Leisure menyebutkan Four Seasons Resort Bali di Sayan.

3. Bali Sebagai World's Greatest Places Versi Majalah TIME

Tahun 2022 majalah TIME menyebut bali dengan World's Greatest Places in The World. Hal ini dipilih berdasarkan pengalaman baru dan menarik yang ditawarkan oleh Bali kepada siapapun yang datang ke Pulau Dewata. Tak hanya bagi mereka yang baru pertama kali, tapi juga bagi mereka yang sudah berkali-kali datang berkunjung.

Memiliki segudang resor kelas atas di seluruh pulau, menjadi salah satu alasan Bali mampu menyuguhkan sensasi liburan yang berbeda. Beberapa resor yang disebut TIME antara lain Buahan, Banyan Tree Escape, Desa Potato Head Seminyak, Andaz Sanur Bali, Angsana Saranam Wellbeing Resort, dan Anantara Ubud Bali Resort.

4. Indonesia Tempat Terbaik Menikmati Momen Spesial

Tak hanya Bali, Lonely Planet menyebut setiap sudut Indonesia memiliki tempat liburan yang membuat momen spesial. Setiap kali pulang, wisatawan seolah dibius untuk datang kembali ke Indonesia, mencicipi sudut lain untuk menangkap momen spesial lainnya.

Mulai dari menjelajah wilayah metropolitan, sampai menyaksikan matahari terbit dari puncak gunung, Lonely Planet menilai ada banyak cara untuk menikmati waktu yang menyenangkan di Indonesia.

Sudut-sudut Indonesia yang disebutkan Lonely Planet antara lain, Lembah Kerinci, Jakarta, Candi Borobudur, Yogyakarta, Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ubud, Kepulauan Gili, Tana Toraja, Taman Nasional Komodo, dan Raja Ampat.

5. NO FILTER! Indonesia Negara Paling Indah Secara Alami di Dunia

Awal tahun 2022, media Money UK merilis laporan kecantikan alami pemandangan alam per 100.000 kilometer persegi di suatu negara. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan bentang alam yang beragam, serta berbatasan dengan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang hidup.

Hasil perhitungan itu membuat Indonesia menyabet titel The World's Most Naturally Beautiful Country dengan skor 7,77 dari 10. Situs media ini menyoroti Sumatra, Kalimantan, dan Taman Nasional Komodo sebagai wisata alam yang paling populer dan paling indah secara alami.

6. Tempat Sempurna Untuk "Sun Seekers" Versi Tripadvisor

Melalui Travellers' Choice Awards 2022 oleh Tripadvisor, Indonesia berada di urutan ke-4 sebagai Destinasi Terpopuler dan urutan ke-2 para "Sun Seekers" Traveler. Pulau Dewata merupakan destinasi paling disorot. Bahkan situs web pemandu wisata ini menyebut Bali sebagai "kartu pos hidup" karena pantai-pantai indahnya.

Tak hanya itu, Bali seperti paket lengkap karena memiliki kehidupan laut yang spektakuler, hutan belantara yang indah, budaya yang unik, sampai penawaran layanan kesehatan yang sensasional.

7. Ditampilkan Majalah Food and Travel Edisi Januari/Februari 2022

Tak hanya keindahan destinasi wisatanya, berbagai macam kuliner yang nikmat juga diakui secara internasional. Salah satunya adalah masakah Indonesia yang kaya akan rempah dan sensasi pedasnya diakui oleh Majalah Food and Travel edisi Januari/Februari 2022.

Majalah tersebut membahas berbagai hidangan khas Indonesia seperti nasi goreng, rendah, dan sate lilit yang dianggap memiliki cita rasa khas Indonesia. Sebuah restora Indonesia di West End London, Bali bali, juga ditampilkan dalam edisi tersebut.

Sumber: indonesia.travel

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini