Mengenal 5 Tanaman Obat yang Banyak Diandalkan untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Mengenal 5 Tanaman Obat yang Banyak Diandalkan untuk Mencegah Penyakit Ginjal
info gambar utama

Belakangan ini, bidang kesehatan di tanah air sedang menaruh perhatian besar terhadap kasus penyakit gagal ginjal yang dialami kalangan anak. Di sisi lain, ginjal sendiri memang sudah menjadi salah satu penyakit yang cukup serius di tanah air.

Tak heran jika berbagai upaya pencegahan dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi obat alami berupa tanaman pencegah ginjal.

Menurut data Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa 6 per 1.000 penduduk atau sekitar 1.499.400 penduduk Indonesia menderita Batu Ginjal. Di saat bersamaan, terungkap jika prevalensi gagal ginjal pada laki-laki (0,3 persen) lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan (0,2 persen).

Selain mengandalkan pengobatan, upaya menjaga kesehatan ginjal sejatinya juga perlu dilakukan dengan cara pencegahan. Dan yang terpenting tidak selalu bergantung pada obat medis, di lingkungan sekitar khususnya wilayah Indonesia sejatinya ada banyak jenis sumber daya berupa tanaman herbal atau tanaman obat yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah penyakit ginjal.

Kira-kira apa saja jenis tanaman yang dipercaya baik untuk mencegah penyakit ginjal? Berikut 5 di antaranya:

Penemuan ini Menjadi Kabar Gembira untuk Penderita Gagal Ginjal dan Kanker

1. Kumis kucing

Kumis kucing | Zulkarnain GM/Shutterstock
info gambar

Tanaman Kumis kucing selama ini memang sudah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman obat. Asli Indonesia, kumis kucing mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit, salah satunya ginjal.

Bukan hanya sebagai pencegahan, khasiat dari kumis kucing juga sudah dikenal sebagai pengobatan alami untuk kondisi penyakit batu ginjal. Di mana secara khasiat, bagian daunnya disebut dapat meluruhkan batu ginjal.

Kumis kucing berdasarkan penelitian mengandung garam kalium dan juga ortosifonin terutama di bagian daunnya. Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu melarutkan fosfat, oksalat, dan juga asam urat di dalam ginjal manusia. Daun dari tanaman satu ini cukup direbus dan kemudian diminum secara teratur untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Manggis

Kulit manggis | ruji555/Shutterstock
info gambar

Bukan secara spesifik berjenis tanaman obat, manggis sebenarnya merupakan salah satu buah tropis dengan daging yang segar dan kaya akan air.

Namun bukan hanya itu, bagian kulit dari buah satu ini rupanya juga memiliki manfaat sebagai obat pencegah sejumlah penyakit, salah satunya ginjal. Berdasarkan penelitian, kulit manggis mempunyai kandungan antioksidan, xanthone, polifenol, dan flovanoid.

Di mana secara ilmiah, kandungan antioksidan xanthone diyakini memiliki khasiat sebagai pencegah kerusakan ginjal dan bersifat melindungi.

Jintan Hitam, Tanaman Obat untuk Segala Jenis Penyakit Kecuali Kematian

3. Seledri

Seledri | ArtCookStudio/Shutterstock
info gambar

Seledri sebenernya banyak dikenal sebagai salah satu tanaman untuk menambah cita rasa dalam masakan. Namun di samping itu, sebenarnya fungsi obat juga dimiliki tanaman satu ini. Daun seledri mengandung berbagai macam zat dan vitamin seperti antioksidan, vitamin C, zat besi, hingga asam folat.

Mengutip Hellosehat, disebutkan bahwa sejak berabad-abad lalu daun seledri sudah terkenal akan manfaat untuk kesehatan, seperti asam urat hingga sakit ginjal. Bukti akan khasiat ini pun sudah diperoleh dengan penelitian yang dilakukan oleh Para peneliti dari University of Alabama.

4. Binahong

Daun binahong
info gambar

Tanaman lain yang secara spesifik dipercaya mampu mengatasi penyakit gagal ginjal adalah daun binahong. Tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini memang sudah dipercaya secara turun-temurun sebagai obat tradisional.

Binahong memiliki sifat antioksidan, antinyeri, antibakteri, dan antiinflamasi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Fungsi dari daun tanaman obat satu ini salah satunya adalah untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Ekstrak dari daun binahong diyakini memiliki khasiat dalam meningkatkan kerja ginjal, khususnya untuk masalah gagal ginjal kronis.

5. Delima

Delima | deshi yin/Flickr
info gambar

Satu lagi jenis buah yang diyakini juga memiliki khasiat sebagai obat dan bermanfaat menjaga serta merawat kesehatan ginjal, yakni buah delima.

Delima mengandung banyak nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin c, antioksidan, dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan lainnya. Secara spesifik, buah delima Buah delima memiliki manfaat untuk menjaga saluran kemih dan ginjal.

Bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan dalam buah delima diyakini dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Mengenal Asam Jawa, Tanaman Keramat yang Jadi Obat Tradisional Nusantara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini