Rekomendasi 15 Tempat Wisata Medan Paling Hits di 2022

Rekomendasi 15 Tempat Wisata Medan Paling Hits di 2022
info gambar utama

Medan merupakan kota terbesar ke 3 setelah DKI Jakarta dan Surabaya serta menjadi kota terbesar di pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Utara ini juga dikenal sebagai kota pariwisata karena banyaknya destinasi wisata alam maupun buatan yang bisa dikunjungi.

Memuaskan liburan di Medan bisa jadi pilihan tepat karena beberapa tempat wisata ternyata cukup tersembunyi. Nah, bagi yang berlibur di Medan dan sekitarnya, silakan menyimak apa saja rekomendasi liburan di tanah Batak berikut ini:

15 Daftar Rekomendasi Wisata Medan Paling Hits 2022

1. Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba, danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara @Miranda Samosir (Wikimedia Commons)

Berwisata ke Medan tak akan lengkap sebelum ke Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu ikon Kota Medan berada di Pegunungan Bukit Barisan. Di sini para wisatawan bisa menikmati keindahan danau dan pulau Samosir saat matahari terbit.

2. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden, wisata taman populer di Medan @The Le Hu Garden

The Le Hu Garden adalah taman bunga yang cocok untuk wisata keluarga dan semakin istimewa karena terdapat danau buatan di tengahnya. Awalnya tempat ini merupakan halaman rumah yang diubah menjadi taman wisata oleh pemiliknya.

Objek wisata yang mengusung konsep keluarga ini memiliki luas 3 hektar. Tempat ini dibagi menjadi 3 spot yaitu spot bawah terdapat danau, tambak ikan, dan wahana air. Sementara itu spot kedua dan ketiga merupakan sebuah bukit yang ditanami aneka macam bunga cantik.

3. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran buaya terbesar se Asia Tenggara, Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Penangkaran Buaya Asam Kumbang cocok bagi yang tertarik dengan tantangan terlebih jika Anda penyuka satwa Crocodyliae alias keluarga buaya. Tempat wisata edukatif ini menawarkan berbagai daya tarik seperti:

  • Menjadi tempat pelestarian dan penangkaran buaya terbesar se-Asia Tenggara.
  • Menyaksikan 2800 ekor buaya dari jenis buaya muara dan sinyulung.
  • Terdapat juga ular piton raksasa sebanyak 3 ekor.
  • Terdapat ratusan burung bangau putih yang menghiasi kolam penangkaran.
  • Berfoto dengan buaya.
  • Memberi makan buaya.

4. Gedung London Sumatera

London sumatera medan

Gedung Lonsum, salah satu gedung bersejarah di Kota Medan. Instagram/amadine_tourtravel

Gedung London Sumatera yang disebut juga gedung Lonsum menjadi salah satu bangunan ikonik kota Medan. Gedung ini berada di Jl. Jendral Ahmad Yani yang tak jauh dari kawasan Merdeka Walks, Medan.

Gedung Lonsum memiliki ciri khas arsitektur bergaya Eropa dengan warna dominan putih. Bangunan ini berdiri pada masa pemerintahan kolonial Belanda dengan tinggi lima lantai. Sejak awal, gedung Lonsum belum pernah direnovasi sehingga keasliannya masih terjaga hingga saat ini.

Karena keistimewaan dari aspek sejarah inilah, gedung Lonsum ini menjadi obyek wisata bagi warga yang ingin melihat nuansa tempo dulu di kota Medan. Tak heran jika desain bangunan gedung kuno ini sering dijadikan latar belakang untuk swafoto terutama saat malam hari.

5. Kampung Ladang Outbound

kampung ladang outbond

Kampung Ladang outbound, one stop wahana outbound di Medan @kampung ladang outbound medan

Kampung Ladang Outbound yang berada di Kabupaten Deli Serdang ini menawarkan pemandangan indah serta suasana khas pedesaan. Di tempat ini terdapat taman luas serta telaga yang tenang sehingga cocok untuk jadi tempat wisata keluarga.

Terdapat juga wahana outbound yang seru untuk dimainkan seperti ATV, sampan, flying fox, aral rintang, fish game, trampolin, dan masih banyak lagi. Di sini juga ada beberapa spot foto untuk prewedding.

Baca Juga: Seru-Seruan Liburan di Kampung Ladang Outbound, Siapa Mau Coba?

6. Air Terjun Dua Warna (Sibolangit, Sumut)

air terjun sibolangit

Air terjun dua warna Sibolangit Medan, salah satu wisata unik yang banyak diminati @Ronald Tagra (Flickr)

Wisata air terjun yang satu ini berada di bumi perkemahan Sibolangit. Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda yaitu biru dengan air dingin segar dan putih abu-abu dengan airnya yang hangat.

Di kawasan ini tidak hanya terdapat satu air terjun saja melainkan ada tiga. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan banyak usaha karena treknya yang cukup sulit harus masuk ke hutan hujan tropis. Di sini tidak ada fasilitas apa pun yang disediakan, jadi pengunjung harus menyiapkan perbekalan yang cukup.

Baca Juga: Menikmati Keindahan dan Eksotisme Air Terjun Dua Warna Sibolangit

7. Sunflower Garden

sunflower garden

Sunflower garden di perumahan River Valley menjadi wisata kekinian dengan spot foto aesthetic. Instagram/farwis.lubis

Sunflower Garden berada di kawasan perumahan River Valley Residence, tempat wisata ini memiliki luas 2,5 hektar dan menjadi wahana spot foto yang populer di Kota Medan.

Memiliki latar belakang suasana hijau yang mirip dengan pemandangan alam di pegunungan dan 23 spot foto seperti angsa cinta, sayap bidadari, kepompong, hingga hati retak.

8. Merdeka Walk

merdeka walks

Merdeka Walk, wisata malam Medan yang selalu dipadati pengunjung. @Instagram/sumutscenery

Merdeka Walk merupakan wisata malam di Medan yang sangat populer tidak hanya untuk kalangan penduduk lokal namun juga wisatawan dari berbagai daerah. Ratusan hingga ribuan pengunjung selalu memadati area ini setiap malam sekadar nongkrong atau kumpul-kumpul dengan khalayak.

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam jenis kuliner atau hanya sekedar jalan-jalan saja. Terdapat juga hiburan menarik seperti band dan livemusic. Lokasinya strategis karena berada di pusat Kota Medan dan dekat dengan stasiun kereta api.

9. Tjong A Fie Mansion

tjong a fie

Tjong A Fie Mansion bangunan bersejarah bercorak budaya China. Instagram/tjongafiemansion

Wisata Medan selanjutnya adalah sebuah bangunan bersejarah yang dulunya dimiliki oleh saudagar etnis Tionghoa. Daya tarik tempat ini adalah karena arsitektur bangunannya yang sangat kental dengan budaya Tiongkok.

Pengunjung bisa mengelilingi semua bagian rumah untuk mengenal lebih jauh arsitektur dan desain interior khas negeri Tiongkok. Terdapat pula taman yang asri serta pemandu yang siap menemani. Pengunjung juga diperbolehkan untuk mengambil foto di beberapa spot yang ada di sini.

10. Istana Maimun Medan

istana maimun medan

Istana Maimun, bekas tempat tinggal kerajaan Deli Serdang yang kini jadi destinasi wisata di Medan @Mimihitam (Wikimedia Commons)

Istana Maimun adalah bangunan bersejarah di kota Medan yang dulunya merupakan tempat tinggal dari kerajaan Deli Serdang. Arsitektur bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Italia. Di sini pengunjung bisa belajar tentang kejayaan kerajaan Melayu dan budaya masa lalu di tanah Sumatera.

Fasilitas yang disediakan di antaranya toilet, tempat ibadah, penginapan, toko souvenir, tempat makan, dan lahan parkir yang luas. Pengunjung juga bisa menyewa pakaian adat untuk berfoto dan juga melihat meriam buntung.

11. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat international wildlife museum and gallery

Museum rahmat, memamerkan aneka satwa liar yang diawetkan @Pratyeka (Wikimedia Commons)

Tempat wisata Medan ini memamerkan berbagai jenis binatang yang diawetkan. Tempatnya terawat, bersih, terdapat toilet, mushola, toko souvenir dan juga tempat makan.

Koleksi hewannya sangat beragam mulai dari burung, harimau, beruang, domba gunung, kupu-kupu, rusa dan masih banyak lagi.

12. Taman Burung Cemara Asri

taman burung cemara asri

Taman burung cemara asri, wisata wajib bagi pencinta burung di Medan @Tina Lim (Wikimedia Commons)

Taman ini menjadi rumah singgah bagi ribuan burung. Kawasannya masih terjaga keasriannya, udaranya sejuk dan segar. Lokasi ini cocok dijadikan tempat wisata santai dengan daya tarik utama pelestarian fauna burung Indonesia.

Pengunjung bisa duduk di sekitar danau, memberi makan ikan, dan melihat burung bangau. Koleksi burung-burungnya juga variatif yang menjadikan obyek wisata ini ramah bagi pelajar dan anak-anak yang ingin berwisata sambil belajar.

Cukup mudah untuk mengakses taman ini. Lokasinya berada di Komplek Cemara, Jl Asri Boulevard Raya, yang dibuka setiap hari selama 24 jam untuk wisatawan.

13. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih dolok simalungun

Wisata kawah putih di Medan dengan panoramanya yang tak tertandingi @Asari Killua (Flickr)

Kawah ini memiliki mata air panas berwarna biru kehijauan, kawah ini dikelilingi batuan kapur putih sehingga terlihat seperti tertutup oleh es.

Di sisi lain terdapat sungai yang aliran airnya menyatu dengan mata air panas kawah ini, pengunjung bisa mandi dan main air di sekitar area ini karena airnya tidak terlalu panas.

14. Bukit Paropo Silalahi

paropo silalahi

Bukit paropo silalahi, destinasi wisata alam Medan favorit pencinta alam. @Jack Yepo (Flickr)

Bukit Paropo Silalahi menjadi tempat favorit traveler untuk berkemah, memancing, dan hiking. Tidak perlu khawatir kesulitan memanjat bukit, karena trek yang dilalui cukup landai.

Tempat wisata ini minim pepohonan dan terasa sangat panas saat siang hari. Meski demikian, bukit Paropo kerap menjadi spot favorit bagi para pemancing karena lokasinya yang rendah dan gampang diakses. Tak jauh dari bukit Paropo, terdapat bukit Lorema yang sering disebut dengan bukit Teletubbies karena bentuk perbukitannya yang berlapis tumbuhan hijau cantik dan tampak estetik.

15. Air Terjun Sipiso - Piso

sipiso piso

Air terjun sipiso-piso, air terjun tertinggi di Indonesia. @Harry Fairuz (Flickr)

Air terjun ini menjadi salah satu andalan wisata alam di kawasan Sumatera Utara. Air terjun Sipiso - Piso menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter yang berada di Desa Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara.

Air terjun ini berlokasi tidak jauh dari danau Toba. Air terjun Sipiso - Piso terbentuk dari sungai bawah tanah di Plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa. Pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah dan didukung dengan udaranya sejuk.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata Medan yang hits dan bisa menjadi referensi bagi Anda untuk berlibur di tahun 2022. Mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, hingga wisata malam, semua bisa Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam list liburan Anda.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini