Curug Titang, Wisata Alam nan Menyegarkan di Temanggung

Curug Titang, Wisata Alam nan Menyegarkan di Temanggung
info gambar utama

Berkat keindahan alamnya yang dimiliki, destinasi wisata di Kabupaten Temanggung didominasi oleh wisata alam. Salah satu yang paling populer yaitu Curug Titang. Air terjun ini masih satu aliran dengan sungai Lungge yang bisa kamu gunakan untuk berenang.

Aliran air yang jernih dan area kolam alami yang cukup luas, membuat air terjun ini patut untuk dikunjungi. Bagi yang suka dengan aktivitas wisata air, Anda bisa datang ke Curug Titang untuk berwisata.

Ada Apa Saja di Curug Titang?

Beberapa hal menarik yang bisa ditemukan di obyek wisata ini adalah:

1. Spot Foto Kekinian

spot foto di curug titang

Terdapat spot foto alami maupun buatan yang bisa kamu gunakan di Curug Titang. @Seringjalan.com

Selain ada spot foto alami, di tempat wisata ini juga telah dibuat spot foto buatan yang tidak kalah menarik. Semua spot buatan ini berbahan dasar kayu yang dikolaborasikan dengan aneka bunga dan tulisan. Meskipun sangat sederhana, tetapi spot ini biasanya ramai oleh para wisatawa yang melakukan selfie .

2. Jembatan Warna-Warni

Keindahan Curug Titang tidak hanya karena kesegaran airnya dan pemandangannya saja, tetapi juga ada pada jembatan yang mengarah ke air terjun. Pihak pengelola sengaja membangun jembatan ini dengan berbagai macam warna, agar suasana curug lebih semarak.

3. Aktivitas Seru

melompat di curug titang

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Titang. @Liburanyuk.co.id

Curug Titang mempunyai air sungai yang jernih dan juga mempunyai area kolam yang luas. Sehingga air terjun ini sering digunakan sebagai area rafting bagi para pencinta alam.

Saat musim kemarau, air tetap melimpah, sedangkan saat musim hujan, air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter ini semakin deras. Oleh karenanya, dianjurkan agar wisatawan berhati-hati. Meski tidak dilarang untuk berenang, pengunjung tetap harus waspada dengan keselamatan masing-masing. Hal ini disebabkan minimnya penjagaan di sekitar lokasi.

4. Pasar Wisata Curug Titang

pasar curug titang

Pasar Curug Titang yang menjual aneka jajanan tradisional. @ Instagram/kliktemanggung

Menariknya, sekitar 100 an meter dari lokasi curug terdapat Pasar Wisata Curug Titang. Aneka kuliner tradisional seperti tiwul, cetil, cethot, dan lainnya bisa didapatkan di pasar ini. Namun, pasar wisata ini hanya beroperasi sekali dalam sebulan, yakni pada hari pasaran Minggu Pahing.

5. Bersantai di Gazebo Sederhana

Setelah puas bermain air di Curug Titang, umumnya para turis melanjutkan istirahatnya di gazebo sederhana yang tersedia. Gazebo bernuansa pedesaan tersebut dibuat dari bambu dan kayu. Akan tetapi letaknya yang strategis membuat para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Fasilitas

Sebagian fasilitas yang disediakan pihak pengelola, di antaranya sebagai berikut :

  • area parkir kendaraan
  • mushola
  • kamar mandi
  • tempat istirahat
  • warung makan

Jam Buka

Curug Titang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Rute Menuju Curug Titang

waterfall titang

Mendinginkan pikiran dan raga sejenak di bebatuan Curug Titang Temanggung, Jateng. @allindonesiantourism.com

Curug Titang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jalan Durenan, Tembarak, Nampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Nah, untuk jalur termudah ke Curug Titang, Anda bisa melalui jalur kota Temanggung lalu memilih akses jalan ke arah barat. Kemudian silakan Anda pacu kendaraan hingga sampai ke kecamatan Tembarak. Setelah sampai di pintu masuk kecamatan, lanjutkan perjalanan dengan melihat papan nama yang ada di sepanjang perjalanan dan Anda akan sampai ke lokasi.

Jalan menuju Curug Titang sudah lumayan mudah tidak seperti curug di Temanggung lainya. Hal ini karena pihak pengelola sengaja mempermudah akses jalan dengan cara meletakkan denah dari pintu gerbang kecamatan hingga ke area parkir curug.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini