Konten Edukasi Kian Populer, Kemendikbudristek dan TikTok Berdayakan Para Kreator Muda

Konten Edukasi Kian Populer, Kemendikbudristek dan TikTok Berdayakan Para Kreator Muda
info gambar utama

TikTok saat ini menjadi salah satu platform media sosial sekaligus hiburan yang mengalami pertumbuhan paling pesat. Baik dalam hal jumlah pengguna maupun kepopuleran di antara platform media sosial lainnya.

Terbukti, berdasarkan publikasi Business of Apps diketahui bahwa TikTok setidaknya sudah memiliki sebanyak 1,39 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia hingga kuartal I 2022.

Di mana jumlah tersebut melonjak hingga 72,17 persen, dibanding setahun lalu pada periode yang sama, dengan MAU di angka 812 juta di kuartas I 2021.

Keunggulan serupa nyatanya juga berlaku di Indonesia. Menurut data We are Social, nyatanya Indonesia telah menjadi negara kedua dengan jumlah pengguna aktif TikTok terbanyak, yakni sebanyak 99,1 juta orang per bulan April 2022.

Melihat sekilas dari keberadaannya, jenis konten yang dapat dijumpai dari platform media sosial satu ini memang sangat beragam dan dapat ‘menyentuh’ berbagai kalangan. Mulai dari kesehatan, kecantikan, wisata, edukasi, dan masih banyak lagi.

Bicara soal edukasi, di Indonesia sendiri jenis konten satu ini juga kian populer. Hal tersebut terbukti dari laporan mengenai kampanye edukasi milik TikTok yang sudah berjalan, yakni #SerunyaBelajar, dengan sebaran konten yang sudah memiliki lebih dari 13 miliar views.

Tren Penggunaan Media Sosial di Indonesia

Pemberdayaan kreator oleh Kemendikbudristek dan TikTok

Kolaborasi TikTok dan Kemendikbudristek untuk kampanye #SerunyaBelajar | Dok. TikTok Indonesia
info gambar

Kondisi di atas yang pada akhirnya mendorong TikTok, bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), berkolaborasi untuk kembali menghadirkan kampanye #SerunyaBelajar edisi terbaru.

Mengusung semangat Hari Sumpah Pemuda yang kental akan persatuan untuk membawa perubahan positif, kampanye ini diharapkan dapat memperkuat semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun.

Diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara TikTok dengan Kemendikbudristek, kampanye ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill.

"Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik," tutur Anang Ristanto, selaku Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.

Di saat bersamaan, Faris Mufid selaku Public Policy & Government Relations TikTok Indonesia menyebut, jika pihaknya melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, dan generasi muda diharapkan dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia.

"Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama," imbuh Faris.

Industri Ekonomi Kreatif di Indonesia Masuk Peringkat 3 Besar Dunia

Rangkaian kegiatan seru dan bermanfaat

Nantinya kampanye #SerunyaBelajar terbaru akan menghadirkan rangkaian kegiatan seru untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia. Kegiatan yang dimaksud di antaranya terdiri dari:

  • Kompetisi #SerunyaBelajar, yakni kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya
  • Bootcamp #SerunyaBelajar, berupa kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.
  • TikTok LIVE, yang akan berlangsung berupa sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
  • Festival #SerunyaBelajar, berupa gelaran festival dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 19 November 2022 dan terbuka untuk umum.
Ekonomi Kreatif dan Kontribusinya Terhadap Perekonomian Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini