Read Aloud Indonesia, Komunitas yang Tumbuhkan Minat Baca Anak Indonesia

Read Aloud Indonesia, Komunitas yang Tumbuhkan Minat Baca Anak Indonesia
info gambar utama

GoodMates, pernah mendengar suatu komunitas anak? Pasti ada banyak dan beragam, ya. Bagaimana kalau komunitas anak sekaligus orangtua? Jarang terdengar, tetapi komunitas Read Aloud Indonesia hadir sebagai wadah untuk keduanya.

Read Aloud Indonesia (RAI) berdiri sejak 2020 dan terus aktif hingga saat ini merupakan komunitas yang berfokus utama pada kegiatan yang mengajak para orangtua, pendidik, hingga pegiat literasi untuk membacakan nyaring buku cerita anak.

Inisiator dari Read Aloud Indonesia, meliputi Roosie Setiawan dan rekan-rekan lainnya yang tergabung dalam komunitas Reading Bugs. “Ibu Roosie ini yang menerjemahkan buku The Read Aloud Handbook dan membuat buku Membacakan Nyaring yang terbit di Noura,” Ungkap Desi, Ketua RAI.

Kamudian dilakukan Training of Trainer pada daerah-daerah yang ada di Indonesia. Melalui hal tersebut lahirlah komunitas Read Aloud Indonesia yang tersebar di berbagai kota, seperti Yogyakarta, Makassar, Blitar, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan read aloud atau membacakan nyaring buku cerita anak, anak-anak akan terbiasa mendengar bunyi-bunyi bahasa dan cerita sehingga menjadi bekal untuk tiap anak agar tumbuh menjadi seseorang yang gemar membaca.

Kegiatan rutin yang dilakukan Read Aloud Indonesia dalam setahun sekali, dinamakan World Read Aloud Day, yaitu hari membaca nyaring sedunia yang diinisiasi oleh LitWord. Kegiatan ini diikuti hingga ratusan negara di dunia dan Read Aloud Indonesia berperan dalam mengkoordinasikan event tersebut.

Selain itu, kegiatan-kegiatan Read Aloud Indonesia juga meliputi membaca nyaring di perpustakaan kota, taman kota, sekolah, dan ada pula yang dilaksanakan secara online melalui live Instagram oleh RAI yang berada di berbagai daerah.

Read Aloud Indonesia pun seringkali melakukan suatu pelatihan, webinar, maupun workshop yang bertujuan untuk mengedukasi para orang dewasa agar sadar pentingnya membacakan nyaring buku cerita anak.

Dalam enam bulan terakhir, kegiatan Read Aloud Indonesia sudah diadakan secara offline maupun online. Kegiatan RAI dengan peminat terbanyak ada pada event membaca buku cerita yang mana anak-anak akan hadir bersama orangtua.

Prioritas RAI sendiri ditujukan untuk anak usia dini agar terbentuk budaya yang menjadikan mereka seorang pembaca sepanjang hayat melalui pengalaman membacakan nyaring.

Pegiat Read Aloud Indonesia pun di dominasi oleh orangtua dengan berbagai macam profesi, seperti pendidik, pustakawan, pendongeng, hingga dokter. “Yang belum banyak anak muda nih, ingin sekali dari generasi muda juga terlibat untuk berkegiatan RA,” Ucap Desi.

GoodMates yang masih memiliki banyak waktu luang, tak perlu berlama-lama lagi, deh, segera gabung menjadi bagian Read Aloud Indonesia. Kamu yang tertarik menjadi salah satu pegiat RA maupun sekadar ikut dalam kegiatan RAI langsung kunjungi Instagram Read Aloud Indonesia sesuai dengan domisili kamu tinggal.

Desi berharap hadirnya Read Aloud Indonesia dapat menjadi komunitas yang memiliki jejaring lebih luas, baik di pusat ibu kota maupun pada tiap daerah di Indonesia sehingga ajakan gerakan membacakan buku cerita dapat sampai ke tiap keluarga yang ada di Indonesia.

Menarik sekali, bukan? Metode read aloud sangat penting diberikan karena dapat menstimulasi otak anak hingga memperkenalkan kemampuan dasar literasi, mendengarkan. Jangan sampai melewatkan komunitas menarik yang satu ini, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini