5 Makanan Unik dari Laut Kota Padang, Ada Langkitang dan Palai Bada

5 Makanan Unik dari Laut Kota Padang, Ada Langkitang dan Palai Bada
info gambar utama

Berlibur ke pesisir pantai kota Padang, Sumatra Barat, kurang seru tanpa berburu kuliner. Apalagi urang awak sangat terkenal pandai memasak. Jadi, tak usah ragu kalau kamu baru datang ke mari.

Beragam olahan hasil laut yang unik dan enak bisa kamu nikmati di sepanjang pantai. Tinggal pilih saja, mana yang kamu suka. Harganya pun tak akan bikin kantong bolong.

Kalau bingung, kamu bisa coba 5 makanan unik dari laut kota Padang di bawah ini, yang sudah Good News From Indonesia rangkum khusus untuk kamu.

Kuliner Barongko, Si Manis Lembut Simbol Harga Diri Orang Bugis-Makassar

1. Langkitang Cucuik

Makanan pertama yang wajib kamu coba adalah langkitang cucuik atau ‘lengkitang hisap’, siput laut bercangkang hitam yang direbus dan dihidangkan dengan kuah gulai merah pedas. Sesuai namanya, camilan ini dimakan dengan cara menghisap bagian moncongnya, lalu dagingnya yang lembut akan keluar dan siap disantap.

Saking uniknya, olahan hasil laut yang ini jadi camilan nomor satu di sepanjang pantai Tapi Lauik atau ‘Tepi Laut’—disingkat Taplau—kota Padang. Untuk satu porsi langkitang cucuik, kamu hanya perlu bayar Rp10 ribu saja.

2. Sala lauak

Jangan sekali-kali menolak sala lauak, setidaknya coba satu sebelum pulang. Jajanan berbentuk bulat sebesar onde-onde ini terbuat dari adonan tepung, cabai, dan seledri, dengan isian potongan ikan teri.

Kalau sudah matang, kulit luarnya yang keemasan dan sedikit berminyak tampak sangat menggiurkan, apalagi kalau langsung dimakan sesaat setelah diangkat dari penggorengan. Kulitnya yang renyah bertemu isinya yang gurih sedikit kenyal akan membuatmu sulit berhenti mengunyah.

Camilan seharga Rp500 per biji ini bisa kamu temukan di pantai Padang, pinggir jalan raya, bus kota, bahkan tempat-tempat rekreasi lainnya se-Sumatra Barat.

Luti Gendang, Mi Lendir, dan Aneka Makanan Khas Tanjungpinang yang Wajib Dicoba

3. Palai bada

Jika kamu tertarik dengan makanan tradisional, palai tentu pilihan yang tepat. Hidangan ini terbuat dari ikan teri segar yang diberi parutan kelapa, berbagai bumbu rempah, dan cabai. Lalu, dibungkus daun pisang dan dibakar

Dalam suhu ruangan, palai bisa bertahan lima hari, bahkan lebih lama kalau disimpan di kulkas. Paling enak makan palai dengan nasi atau dimakan sendiri sebagai camilan.

4. Pensi


Selain langkitang cucuik, pensi juga primadona kuliner di pantai Padang. Lokan kecil berwarna hitam ini beserta cangkangnya terlebih dahulu dibumbui dan direbus selama satu sampai dua jam. Jika sudah matang, pensi akan disajikan dengan siraman kuah kuning yang pedas dan asin.

Cara menyantap camilan ini mirip dengan makan kuaci. Satu gigitan daging pensi yang lembut dan dibanjiri kuah, dijamin akan buat kamu ketagihan. Dengan harga Rp10 ribu, camilan yang hanya bisa kamu temukan di pantai Padang ini menawarkan sensasi kulineran yang berbeda.

5. Karupuak leak

Tak ketinggalan, makanan unik terakhir yang wajib kamu coba adalah karupuak leak. Meski tidak berasal dari hasil laut, karupuak leak termasuk makanan favorit di pantai Padang.

Jajanan ini berupa kerupuk persegi atau bulat sebesar piring yang dibanjiri kuah kental berwarna kuning kecoklatan. Kerupuk yang melunak terkena kuah sungguh nikmat begitu masuk ke dalam mulut. Apalagi kalau ditambah bihun, pasti makin sedap itu. Satu potong karupuak leak dijual dengan harga Rp2000 saja. Benar-benar murah.

Nah, itu dia 5 makanan unik dari laut kota Padang yang wajib kamu coba kalau suatu hari kamu berlibur ke sini. Ajak teman-temanmu untuk menikmatinya juga. Sambil memandangi matahari terbenam di pinggir pantai, momen makan bersama terasa lebih istimewa.

Pacco dan Lawa, Hidangan Ikan Mentah khas Kabupaten Luwu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini