Teh Kampul Solo, Lemon Tea Tradisional Khas Nusantara

Teh Kampul Solo, Lemon Tea Tradisional Khas Nusantara
info gambar utama

Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang menawarkan bermacam-macam kuliner tradisional. Selain makanan, ternyata Solo juga menawarkan minumah tradisional asli daerahnya.

Dikenal dengan nama Teh Kampul, teh ini merupakan minuman teh dengan irisan jeruk nipis atau jeruk peras. Tampilannya persis dengan lemon tea yang biasa dijual di tempat-tempat minuman.

Teh kampul memiliki rasa segar asam manis yang berasal dari irisan jeruk nipis. Jeruk nipis atau jeruk peras yang dicampurkan ke dalam teh akan mengambang di permukaan, sesuai dengan namanya yaitu Kampul atau melayang-layang yang diadaptasi dari bahasa Jawa yaitu “kemampul”. Teh ini dapat disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Jika kalian berkunjung ke Solo jangan lupa untuk mencicipi Teh Kampul khas Solo.

Tempat Rekomendasi Menikmati Teh Kampul Khas Solo

1. Es Teh Kampul Indonesia

Jika kalian sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir di Es Teh Kampul Indonesia. Tempat ini merupakan franchise es teh kampul yang terkenal di daerah Solo, kalian bisa dapati mereka di depan minimarket ataupun pinggiran jalan.

Harga es teh kampul dengan ukuran jumbo berkisar mulai dari Rp 7.000 saja, disini juga menyediakan teh kampul hangat dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja. Selain murah minuman ini dapat menyegarkan dahaga.

Selain es teh kampulnya, mereka juga menyediakan menu minuman lain seperti es teh avocado, es teh cokelat, es teh leci dan menu-menu yang menarik lainnya.

Kalian juga dapat memesan menu dari tempat ini melalui aplikasi antar online.

2. Omah Londo Angkringan

Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya angkringan. Tempat makan khas Jawa ini banyak bertebaran di sekeliling sudut kota termasuk di Solo.

Omah Londo Angkringan merupakan kedai makan angkringan khas Jawa dengan bangunan nuansa Belanda. Tempat ini menyediakan makanan-makanan khas Jawa seperti nasi bakar, sundukan, sego empal serundeng dan masih banyak lagi.

Tempat ini menyediakan berbagai minuman hangat dan minuman dingin seperti beras kencur, wedang jahe, gula asem dan tentunya teh kampul. Teh kampul khas Solo ini menjadi hidangan penutup sekaligus melegakan tenggorokan setelah makan.

Kalian dapat menikmati makanan-makanan di Omah Londo Angkringan dan jangan lupa untuk memesan teh kampul.

3. Angkringan Jowo Mangkuyudan

Masih dengan angkringannya, yaitu angkringan jowo mangkuyudan yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Solo. Seperti angkringan pada umumnya, angkringan ini menjual nasi kucing dengan lauk yang bermacam-macam.

Tidak hanya makanan, tempat ini juga menyediakan minuman khas Solo yaitu teh kampul. Rasanya nikmat sekali melihat pemandangan malam kota Solo ditemani makanan dan minuman yang lezat.

Angkringan ini menawarkan harga yang bersahabat, rata-rata harga makanan disini berkisar mulai dari Rp 2.000 - Rp 8.000. Kalian dapat berkunjung ke angkringan jowo mangkuyudan dari hari Selasa-Minggu pukul 17.00-23.00.

Resep Teh Kampul Khas Solo

Untuk kalian yang berada di luar kota Solo jangan bersedih. Kalian juga bisa lho membuat teh kampul di rumah.

Proses pembuatan teh kampul tergolong mudah, kalian hanya perlu menyiapkan teh tubruk atau teh daun, jeruk peras atau jeruk nipis, gula pasir, dan air panas.

Seduh teh dengan air panas dan jangan lupa untuk ditambahkan gula sesuai selera untuk memberikan rasa manis. Kemudian, iris jeruk nipis atau jeruk peras dengan tipis dan masukkan ke dalam teh. Jika kalian ingin menikmati teh kampul dingin, kalian cukup menambahkan es batu sesuai selera. Jadi deh, teh kampul ala homemade.

Nah, itulah tempat rekomendasi teh kampul khas Solo. Apakah kalian tertarik untuk mencoba teh kampul?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini