5 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Yang Bebas Polusi

5 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Yang Bebas Polusi
info gambar utama

Indonesia merupakan negara dengan hamparan laut biru indah yang mengelilingi pulaunya. Pesona lautnya yang eksotis mampu menyihir wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.

Kali ini datang dari Nusa Tenggara Barat, salah satu provinsi di Indonesia yang berada di tengah Kepulauan Nusa Tenggara dengan Ibu Kota yang terletak di Kota Mataram.

Meskipun luas daratannya tidak seluas seperti pulau-pulau sekitarnya, namun Nusa Tenggara dikelilingi oleh lautan yang luas. Terletak di Nusa Tenggara Barat, Pulau Gili Trawangan merupakan pulau yang dekat dengan Lombok ini memiliki ketinggian yang sangat signifikan dari permukaan laut. Pulau ini memiliki panjang kurang lebih 3 km dengan lebar 2 km.

Sunset Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Gili Trawangan merupakan tujuan destinasi wisata yang banyak diminati oleh orang-orang. Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, pasir pantainya yang putih dengan birunya air laut di Gili Trawangan menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke pulau ini.

Selain menyediakan scuba diving dan snorkeling di tengah lautnya yang biru, ternyata terdapat fakta-fakta yang perlu kamu tahu sebelum mengunjungi Gili Trawangan. Oleh karena itu, berikut Kawan GNFI rangkum 5 fakta menarik dari Gili Trawangan.

1. Sering Dikira ada di Bali

Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Letak geografis Pulau Bali dan Pulau Nusa Tenggara Barat yang berdekatan membuat orang-orang salah mengartikan lokasi Gili Trawangan. Namun, jika dilihat dari peta Indonesia, letak Gili Trawangan lebih dekat dengan Lombok dan Nusa Tenggara Barat.

Kamu memang bisa melewati Gili Trawangan melalui Bali namun perlu diingat ya, lokasi Gili Trawangan berada di Nusa Tenggara Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dan untuk mencapai Gili Trawangan dari Bali, banyak fast boat yang siap mengantarkan kamu dari Pulau Bali. Fast boat ini tersedia dengan armada kecil maupun besar, yang biasanya berangkat menuju ke Gili Trawangan pada pagi hari. Dan untuk perjalanan dari Gili Trawangan ke Bali biasanya berangkat pada siang hari.

2. Tidak Memperbolehkan Kendaraan Bermotor

Bersepeda Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Demi menjaga kenyamanan Pulau Gili Trawangan, kamu tidak diperbolehkan membawa atau mengoperasikan kendaraan bermotor. Selain untuk menjaga supaya tidak menimbulkan polusi udara, suaranya yang bising juga akan mengganggu ketenangan wisatawan yang ingin bersantai menikmati indahnya Pulau Gili Trawangan.

Pulau ini hanya memperbolehkan kendaraan lokal seperti sepeda kayuh dan cidomo. Kamu perlu mengeluarkan tarif sebesar Rp 75.000/jam untuk penyewaan sepeda, sedangkan Rp 15.000/orang untuk sewa cidomo.

Kamu jangan khawatir kelelahan berkeliling pulau ini, karena pulaunya kecil kamu bisa menyusuri hampir seluruh pulau ini hanya dengan waktu 2 jam saja dengan berjalan kaki. Jadi, buat apa kendaraan bermotor jika kamu masih bisa berjalan kaki dengan santai sembari menikmati angin sepoy-sepoy pinggir laut di Gili Trawangan.

3. Disambut oleh Para Kucing Lucu

Kucing di Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Selain gemar menjaga keindahan alamnya, masyarakat Gili Trawangan juga gemar menjaga hewan salah satunya kucing. Jika kamu berkunjung ke pulau ini jangan kaget jika kamu akan bertemu dengan kucing-kucing liar yang menggemaskan nan manja.

Di pulau ini juga menyediakan semacam tempat klinik dan perawatan untuk hewan lucu ini. Selain menikmati alam pulau ini kamu juga bisa mencuri-curi waktu dengan bermain bersama kucing-kucing disini.

4. Tempat Pengasingan Narapidana

Cimodo dan Bersepeda Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Pada tahun kisaran 1970 an, Pulau Gili Trawangan merupakan tempat pembuangan para narapidana dan pemberontak yang melawan penguasa di masa itu. Hal ini terjadi karena kuota di penjara yang penuh, sehingga narapidana tersebut diasingkan di pulau ini.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak dari mereka yang menetap di Gili Trawangan bersama dengan warga lokal serta wisatawan yang memutuskan pindah ke pulau ini.

5. Harga Kebutuhan yang Serba Mahal

Transportadi perahu Gili Trawangan, pulau indah di dekat Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia

Pulau ini menjadi pulau dengan harga kebutuhan yang terbilang mahal. Harga jual di pulau ini kabarnya bisa mencapai tiga kali lipat harga barang itu sendiri.

Hal ini dikarenakan karena akses pulau yang hanya dapat melalui fast boat atau perahu tradisional sehingga sangat sulit untuk mendistribusikan barang. Oleh karena itu jika kamu ingin berkunjung ke Gili Trawangan, alangkah baiknya mempersiapkan dana lebih untuk mengantisipasi kehabisan dana saat berada di pulau ini.

Nah, itu tadi merupakan 5 fakta menarik tentang Gili Trawangan. Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur ke Gili Trawangan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini