Menilik Semangat Sumpah Pemuda dalam Gerakan Peduli dan Cinta Lingkungan

Menilik Semangat Sumpah Pemuda dalam Gerakan Peduli dan Cinta Lingkungan
info gambar utama

Tanggal 28 Oktober kemarin Indonesia baru saja memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di masa kini, ada banyak hal yang bisa dilakukan pemuda Indonesia untuk membuktikan rasa bangga dan cinta tanah air, salah satunya adalah dengan aksi kepedulian dan pelestarian terhadap lingkungan.

Cukup berasalan, karena saat ini wujud permasalahan yang dihadapi Indonesia bukan lagi soal penjajah. Melainkan permasalahan yang dapat mengancam kelangsungan hidup masyarakat, yang belum tentu semua orang peduli, salah satunya kerusakan lingkungan.

Untungnya, di Indonesia hingga kini ada cukup banyak pemuda-pemudi yang menggaungkan gerakan kepedulian lingkungan. Keberadaanya juga tersebar di sejumlah penjuru Indonesia. Bukan hanya perorangan, gerakannya juga banyak dilakukan dalam bentuk organisasi agar bisa memberi manfaat lebih berarti.

Apa saja organisasi pemuda di Indonesia dengan semangat sumpah pemuda yang peduli terhadap lingkungan? Berikut 3 contoh di antaranya.

Pemuda Ini Perkuat Bukti Indonesia Punya Insan Berkualitas di Dunia Kerja Internasional

Organisasi OurConservaSea

Organisasi ini pertama kali didirikan pada tahun 2019, oleh Julia Rosemary Tapilatu, seorang mahasiswi Ilmu Kelautan Universitas Papua bersama 3 temannya.

Pada dasarnya OurConservaSea adalah sebuah organisasi yang memiliki fokus utama untuk menggaungkan gerakan konservasi laut di wilayah Papua. Latar belakang yang membuat Julia dan temannya membuat gerakan ini adalah kondisi perubahan iklim yang kian nyata merusak lingkungan di Papua.

Julia dan temannya mendirikan OurConservaSea setelah dirinya mengikuti School of Eco Diplomacy Manokwari, pada tahun yang sama saat mendirikan organisasi tersebut. Dalam melancarkan usaha mulianya, Julia bersama dengan teman yang lain aktif berbagi informasi seputar isu kelautan melalui media sosial.

Beberapa jenis konten yang dibagikan di antaranya fakta-fakta tentang aneka spesies laut, hingga upaya yang dapat masyarakat lakukan untuk dapat ikut melestraikannya. Tentu bukan hanya berupa kampanye di media sosial, dalam bentuk aksi nyata OurConservaSea juga aktif melakukan aksi pembersihan. Mulai dari pembersihan sampah dan laut, pawai bebas plastik, dan masih banyak lagi.

5 Atlet Selancar Indonesia dengan Prestasi yang Mendunia

Komunitas Pepelingasih

Merupakan singkatan dari Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Pepelingasih juga ada di Papua dan sudah lebih dulu didirikan sejak tahun 2017.

Sebenarnya, organisasi ini merupakan sebuah program yang didirikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia. Pembentukannya bertujuan untuk menjadi wadah bagi anak muda untuk meningkatkan kapasitas diri dan memberi dampak yang baik bagi lingkungan hidup sekitar. Kini

Dapat ditemui di berbagai daerah Indonesia, untuk wilayah Papua organisasi ini dikoordinatori oleh Esti Muabuay. Dalam program pelestariannya, Pepelingasih Jayapura aktif melakukan aksi nyata berupa pembersihan pantai dan menanam mangrove.

Tak hanya itu, mereka juga aktif mengedukasi masyarakat di Jayapura tentang berbagai isu lingkungan. Yang menarik, tiap anggota dari komunitas yang dimaksud sebenarnya memiliki kesibukan masing-masing.

Ada yang sekolah dan berkuliah, namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk memberikan kontribusi secara nyata dan menggambarkan semangat pemuda untuk menjaga lingkungan.

Pebalap Sepeda Gunung Indonesia Berprestasi di Kejuaraan Internasional Korea Selatan

Gerakan Sorong Peduli Sampah

Contoh organisasi lain yang juga dimotori oleh anak mudah untuk menggaungkan semangat menjaga dan cinta lingkungan adalah Sorong Peduli Sampah. Pemuda yang tergabung dalam organisasi ini memiliki ragam kegiatan yang dilakukan sebagai solusi mengatasi permasalahan sampah di kota kota Sorong, Papua Barat.

Aktif mengadakan dua gerakan peduli lingkungan baik secara daring atau langsung, mereka biasa melakukan kampanye dan kompetisi yang membakar semangat pemuda lain untuk melakukan hal sama.

Untuk aksi nyata secara langsung, komunitas ini kerap mengadakan aksi membersihkan sampah di berbagai lokasi sudut kota. Tak aktif sendiri, organisasi ini juga kerap melakukan aksi nyata dalam bentuk kolaborasi.

Salah satunya dengan Bank Sampah Sorong Raya dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melakukan daur ulang sampah.

4 Pondok Pesantren Berwawasan Lingkungan di Indonesia. Sangat Inspiratif!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini