Jajaran Desainer Indonesia yang Melanglang Buana di Kancah Internasional

Jajaran Desainer Indonesia yang Melanglang Buana di Kancah Internasional
info gambar utama

Selain dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, Indonesia juga dikenal dunia melalui tangan dingin desainer di bidang fesyen. Pasalnya, sejumlah desainer asal Indonesia berhasil menembus panggung internasional berkat karyanya yang apik. Tidak tanggung-tanggung, beberapa karya dari desainer dalam negeri bahkan juga pernah dikenakan oleh tokoh atau bintang internasional.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut berbangga akan prestasi ini. Dengan segala kreativitas, dedikasi, dan konsistensinya menekuni bidang mode, desainer Indonesia telah membuat harum nama bangsa. Beberapa di antaranya pun masih mempertahankan ciri khas budaya Indonesia di setiap desain busananya.

Baca Juga: Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange

GoodMates, berikut tiga desainer Indonesia yang berprestasi di kancah internasional. Simak ulasannya agar kamu terinspirasi untuk melakukan hal yang sama atau bahkan lebih.

Tex Saverio

Tex Saverio | Foto; @texsaverio/Instagram 
info gambar

Setelah lulus dari Bunka School of Fashion, Jakarta, Tex Saverio memulai kariernya pada tahun 2010 dengan membuka label bernama Tex Saverio Prive. Label yang didapuk oleh Tex tersebut berorientasi pada desain adibusana atau haute couture. Setahun kemudian, Tex menerima penghargaan "Inspiring People Award" oleh HP dan dinobatkan sebagai perancang busana mode berbakat oleh Amica Choice Indonesia.

Pria kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1984 ini dikenal dengan konsep busana yang dramatis. Busana yang ia rancang sarat akan detail rumit yang dirancang dengan tingkat keahlian tinggi. Tidak pelak, sederet tokoh dunia tertarik mengenakan hasil karya Tex untuk acara penting internasional.

Sebut saja Zozibini Tunzi—Miss Universe 2019, Lady Gaga, dan Kim Kardashian. Karya Tex juga sempat menghiasi layar Hollywood lewat wedding dress-nya yang dikenakan Jennifer Lawrence di film The Hunger Games: Catching Fire. Tidak hanya itu, Tex merupakan perancang busana pertama asal Indonesia yang tampil di Paris Fashion Week 2014.

Baca Juga: Farwiza Farhan, Aktivis Lingkungan Asal Aceh Masuk Majalah TIME

Anne Avantie

Anne Avantie | Foto: Ozip Magazine
info gambar

Perempuan asal Semarang, Jawa Tengah dan bernama asli Sianne Avantie ini merupakan perancang busana Indonesia yang terkenal dengan koleksi busananya. Perjalanan Anne dalam dunia mode sudah dimulai sejak sekolah dasar. Benih-benih kreativitas dan kemampuannya membuat karya mode sudah ada dalam diri Anne kecil.

Anne mulai serius menekuni kariernya sebagai perancang busana dengan modal dua mesin jahit pada tahun 1989. Melalui karya-karyanya, Anne kukuh mempertahankan kecantikan budaya tanah air. Tidak hanya kebaya, Anne juga memperkenalkan kain Indonesia yang dipadu-padankan dalam setiap rancangannya.

Kini, nama Anne sudah besar dan bahkan memiliki beberapa butik di bilangan Kota Jakarta. Selain itu, kebaya rancangan Anne pernah dikenakan selebriti Indonesia di kancah dunia, seperti Agnez Mo dalam video klip internasionalnya berjudul Long as I Get Paid. Kebaya Anne bahkan juga menjadi kewajiban untuk dikenakan oleh sederet Miss Universe yang hadir di malam final Pemilihan Puteri Indonesia.

Rinaldy A. Yunardi

Potret Rinaldy A. Yunardi dengan tiara rancangannya | Foto: beritagar.id
info gambar

Berbeda dengan Tex dan Anne yang dikenal dunia lewat karya busana, Rinaldi A. Yunardi menembus ketatnya persaingan fesyen internasional lewat karya aksesorinya. Eksistensi Rinaldy sebagai desainer aksesori bahkan tanpa dibekali pendidikan formal di bidang desain. Ia dikenal dunia berkat karyanya yang detail dan idenya yang di luar batas.

Di setiap karyanya, Rinaldy memasukkan unsur teatrikal dan penuh intrik. Hal itu membuat buah karya Rinaldy dengan mudah menghipnotis mata yang melihatnya. Tidak heran, Rinaldy menggambarkan karya-karyanya melalui tiga kata, yaitu art, beauty, dan sophisticated.

Ia memulai kariernya pada tahun 1996 sebagai perancang tiara pernikahan. Kini, karya-karya Rinaldy sudah meluas ke berbagai aksesori lain. Tiara, sepatu, anting, aksesori kepala, dan earcuffs karya Rinaldy bahkan pernah dikenakan sederet selebriti dunia, seperti Katy Perry, Nicki Minaj, Mariah Carey, dan Taylor Swift. 

Baca Juga: Diana Putri, Desainer Indonesia di Balik Comeback Terbaru BLACKPINK

Tex, Anne, dan Rinaldy merupakan tiga dari banyaknya desainer asal Indonesia yang sudah melanglang buana di kancah internasional. Jejak langkah keberhasilan mereka bisa menjadi inspirasi bahwa bangsa Indonesia bisa berprestasi dan dikenal dunia di berbagai bidang.

Referensi: jakartafashionweek.co.id [1], [2], [3]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini