Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru 2022

Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru 2022
info gambar utama

Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang diapit Gunung Sumbing dan Sindoro. Ada banyak destinasi wisata di Temanggung yang tidak boleh untuk dilewatkan bagi siapa saja yang berkunjung ke kota yang dijuluki Kota Tembakau ini.

Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya semuanya ada. Apa saja? Simak artikel berikut untuk tahu lebih lengkapnya;

1. Pengilon Edupark Temanggung

Pengilon Edupark, salah satu wisata alam di Temanggung @Instagram/pengilonedupark2

Pengilon Edupark berada di desa Sawah, Pengilon, Bulu, Temanggung. Tempat wisata ini mengusung konsep keluarga dengan pemandangan alam yang indah dan sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk bersantai, healing, atau menikmati bulan madu.

Banyak fasilitas yang disediakan, seperti resto & cafe, taman yang bersih, lahan parkir luas, kolam renang, mini zoo, ATV, glamping park, campervan, dan juga taman petik buah kelengkeng kristal. Udaranya sangat segar, sejuk, dan dingin karena berada di bawah kaki gunung Sumbing.

Taman edukatif yang kerap menjadi arena open space untuk bermain anak ini dibuka setiap hari dari pukul 10.00-19.30 WIB.

2. Embung Kledung

Embung Kledung, waduk dengan view Gunung Sumbing @Instagram/gunung.sumbing

Embung Kledung berada di Kledung, Temanggung. Embung Kledung adalah waduk buatan kecil yang dulunya digunakan untuk irigasi kini fungsinya bertambah menjadi tempat wisata.

Konsep waduk dengan latar belakang pemandangan gunung Sindoro Sumbing menjadi spot foto incaran wisatawan terlebih saat cuacanya cerah. Di kawasan ini juga terdapat area camping, tempat parkir yang luas, serta beberapa warung penjual makanan dan minuman. Anda pun bebas berkunjung kapan saja karena tempat ini dibuka setiap hari selama 24 Jam.

3. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto, monumen bersejarah di Kabupaten Temanggung. @Instagram/dinbudpar_temanggung

Monumen Meteorit Wonotirto berada di Desa Wonotirto, Bulu, Temanggung. Sejak dibangunnya monumen untuk mengenang peristiwa bersejarah jatuhnya meteor di tahun 2001 ini, monumen tersebut kini menjadi tempat wisata yang cukup populer di Temanggung.

Monumen meteorit menjadi tempat wisatanya edukasi bersejarah yang memiliki pemandangan alam sangat indah dan udaranya sejuk. Di sekitar monumen terdapat taman terbuka, lahan parkir, hingga kolam renang. Jalanan di sekitar monumen juga sangat nyaman dijelajahi menggunakan sepeda.

Jam operasional museum bagi pengunjung yakni mulai pukul 09.00-17.00 WIB setiap Senin-Minggu.

4. Taman Wisata Posong

Taman wisata posong, wisata alam Temanggung yang cocok untuk berkemah. @Instagram/bibin_wibisana

Taman wisata Posong adalah wisata Temanggung yang letaknya berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Taman yang juga berfungsi sebagai tempat perkemahan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan udaranya yang dingin dan segar. Areanya luas tertutup rumput hijau dengan latar beakang pegunungan yang memanjakan mata.

Banyak lokasi foto yang bisa dimanfaatkan turis selama berada di tempat ini. Misalnya terdapat gardu pandang dan sayap kupu-kupu sebagai area swafoto bagi kalangan anak muda. Di sini juga ada beberapa permainan outbound seperti Flying fox, trekking, hingga hiking.

Pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam saat senja. Bagi yang ingin berkunjung ke taman wisata Posong, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 04.00 hingga 16.30 WIB.

5. Taman Kartini Temanggung

Taman Kartini Temanggung, taman wisata keluarga yang populer di Temanggung. @Instagram/temanggung

Taman Kartini berada di Desa Kowangan, Kabupaten Temanggung. Daya tarik dari taman Kartini adalah adanya berbagai macam fasilitas yang disediakan, seperti kolam renang, lapangan, basket, area bermain anak, panggung kesenian, lapangan tenis, tempat olahraga dan aneka penjual makanan.

Taman ini menjadi tempat kumpul-kumpul karena aksesnya dibuka setiap hari selama 24 jam. Di sekitar kawasan ini juga disediakan toilet, mushola, tempat makan, tempat duduk, dan area parkir yang luas.

6. Tuk Budoyo

Tuk Budoyo, wisata alam sekaligus wisata budaya Temanggung. @Instagram/bibin_wibisana

Tuk Budoyo merupakan tempat wisata alam Temanggung yang terkenal dengan mata air yang mengalir dari lereng gunung Sumbin. Tuk Budoyo berlokasi di bawah kaki gunung Sumbing, yakni di Desa Losari, Tlogomulyo. Meski tempat ini dekat dengan pegunungan, akses menuju ke sana relatif bisa dijangkau para wisatawan karena jalan sudah dilapisi beton.

Daya tarik dari tempat ini adalah pemandangan alamnya yang indah, udaranya sejuk, lingkungan bersih, suasananya tenang, dan bisa melihat pemandangan kota Temanggung. Terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, lahan parkir, tempat duduk, penjual makanan dan minuman, serta gazebo.

7. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit, wisata Temanggung dengan corak Agama Hindu yang kental @Instagram/destinasipariwisatajateng

Jumprit adalah sebuah sumber mata air yang ada di Ngadirejo, Temanggung. Bagi masyarakat Hindu, mata air ini dianggap sebagai air suci pembersih jiwa, jadi tidak heran jika di sekitar kawasan ini sering digunakan sebagai tempat pertapaan.

Mata airnya sejuk dan ada kolam untuk berendam yang ada di depan makam, serta pemandangannya bagus. Tempat wisata ini biasa dikunjungi para wisatawan domestik mauppunn mancanegara pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari.

Pengunjung dihimbau untuk hati-hati dengan monyet terutama monyet ekor panjang. Hal ini karena kawasan obyek wisata ini termasuk bagian dari habitat hewan primata ini. Pengunjung juga bisa memberi makan kera-kera di lingkungan sekitar mata air ini.

8. Sigandul View

Sigandul View, wisata di Temanggung dengan panorama yang menakjubkan. @Instagram/dewiimbem18

Sigandul View terletak tak jauh dari jembatan Sigandul yang fenomenal di Temanggung. Sigandul View mengusung konsep wisata alam, penginapan, restoran dan kafe.

Wahana utama yang ditawarkan adalah jembatan kaca, spot foto dengan pemandangan alam, memberi makan kelinci dan ikan, menyantap makanan enak yang dijual di resto & kafe, atau menginap di villa. Lokasi ini terbuka bagi pengunjung dari jam 05.00-22.00 WIB setiap Senin-Minggu.

9. Curug Titang

Wisata air populer di Temanggung, Curug Titang. @allindonesiantourism.com

Curug Titang berada di Desa Ketitang, Nampirejo, Temanggung. Curug ini masih satu aliran dengan sungai Lungge, dan sering digunakan sebagai area rafting bagi kalangan pencinta alam.

Curug ini sering dimanfaatkan penduduk sekitar sebagai tempat ritual menyambut bulan suci Ramadhan yaitu padusan. Selain itu, setiap Minggu Pahing ada pasar pagi yang menjual berbagai macam jajanan dan makanan.

Aliran airnya tidak terlalu besar, jernih, dan segar. Pemandangannya bagus dengan banyaknya pohon besar yang mengelilingi kawasan ini. Air terjun Curug Titang buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Baca juga: Curug Titang, Wisata Alam nan Menyegarkan di Temanggung

10. Pasar Papringan Ngadiprono

Pasar Papringan Ngadiprono, tempat wisata dengan konsep pasar yang unik. @Instagram/jagonyadolan

Pasar Papringan Ngadiprono adalah wisata Temanggung merupakan objek wisata menarik dengan konsep pasar tradisional yang buka setiap hari Minggu Wage atau Pon. Lokasinya berada di hutan bambu, transaksi di pasar ini menggunakan alat pembayaran bernama "Pring" Pring berasal bahasa Jawa yang berarti bambu. Satu Pring bernilai Rp 2.000.

Obyek wisata budaya satu ini menjual berbagai jenis makanan dan souvenir untuk dibawa pulang. Ibu-ibu penjual sangat ramah, pasarnya teduh, adem, dan udaranya sangat segar dengan nuansa khas pedesaan. Sebagaimana layaknya pasar desa, pasar Papringan buka dari pagi pukul 06.00 hingga menjelang tengah hari setiap Minggu Wage atau Minggu Pon.

11. Pikatan Waterpark

Pikatan Waterpark, taman rekreasi air populer di Temanggung. @ ai_yea (tripadvisor)

Pikatan Waterpark merupakan taman rekreasi air yang cukup terkenal di Temanggung. Waterboom ini berlokasi di Jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung.

Ada beberapa kolam yang disediakan untuk pengunjung dengan air yang bersih dan jernih. Terdapat banyak wahana air dan juga perosotan dengan berbagai macam ukuran. Fasilitas penunjang yang disediakan di antaranya kamar bilas, area piknik, dan kafe. Jam Operasional Pikatan Waterpark mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga jam 16.00 WIB sore.

12.Alun-Alun Kota Temanggung

Alun-alun Temanggung, ikon sekaligus sarana berkumpul masyarakat di Temanggung. Instagram/dhian_hardjodisastro

Alun-alun Kota Temanggung berada di Jl. Brigjen Katamso, Suronatan. Alun-alun ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi saat malam atau hari libur. Hawanya sejuk, udaranya segar. Meskipun tidak terlalu luas, masih ada banyak pohon yang bisa jadi tempat berteduh.

Alun-alunnya tinggi, jadi perlu naik tangga untuk ke atas. Disediakan juga akses untuk penyandang disabilitas.

Dengan latar belakang gunung, alun-alun ini menjadi destinasi favorit warga Temanggung. Terdapat juga taman yang bersih terawat, area bermain anak, dan banyak penjual makanan di seberang jalan.

13. Wisata Alam Sigrowong

Sigrowong, wisata alam yang pas untuk camping dan healing. @Instagram/sigrowong

Sigrowong terkenal dengan hutan pinusnya yang asri. Tempatnya luas, cantik, bersih, dan udaranya yang sejuk membuat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pemandangan hutan pinus yang asri pastinya akan menyegarkan otak dan tubuh. Di sini pengunjung bisa pasang hammock serta berkemah beramai-ramai.

Di sisi lain dari tempat ini ada kebun kopi, dan banyak lokasi untuk berswafoto. Di sini juga terdapat mushola bagi Anda yang ingin beribadah dan tempat makan dengan pilihan kuliner yang lezat. Sayangnya tempat ini hanya buka saat pagi hingga sore. Menjelang maghrib, kawasan wisata akan ditutup bagi pengunjung.

14. Alam Sewu

Panorama senja di alam Sewu. Instagram/hani_fatus_sholihah

Wisata Temanggung terakhir dalam daftar kali ini adalah Alam Sewu yang berada di Ngadirejo, Temanggung. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, area camping, outbound, cafe, penginapan, dan spot foto keren. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan area parkir yang luas, mushola, dan juga kamar mandi.

Demikian rekomendasi 14 tempat wisata Temanggung yang bisa Anda jadikan referensi. Saat mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, jangan lupa memakai pakaian tebal atau mengenakan jaket, karena udaranya yang cukup dingin.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini