4 Lokasi Wisata yang Digunakan untuk Gelaran KTT G20

4 Lokasi Wisata yang Digunakan untuk Gelaran KTT G20
info gambar utama

Setelah selama satu tahun terakhir terlaksana berbagai gelaran side event, kurang dari dua minggu lalu Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan sampai di acara puncaknya, yakni main event G20’s Leaders Summit.

Jika tidak ada kendala, puncak acara KTT G20 akan terselenggara selama dua hari, tepatnya pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, Bali ditetapkan menjadi lokasi utama diselenggerakannya ajang bergengsi tersebut. Sekitar 20 pimpinan negara anggota G20 akun berkumpul bersama membahas diskusi, kesepakatan, dan realisasi kerja sama multilateral antar negara anggota.

Membahas mengenai kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah, berbagai hal sejatinya sudah dipersiapkan untuk menggelar salah satu konferesni bergengsi di dunia ini sejak tahun 2021 lalu, saat Presidensi diserahkan dari tuan rumah Roma, Italia ke Indonesia.

Mulai dari revitalisasi kawasan yang akan menjadi lokasi pengenalan budaya Indonesia ke mata dunia, hingga lokasi yang menjadi inti acara dari KTT G20, berikut lima lokasi yang akan didatangi oleh para 20 pemimpin negara dari berbagai belahan dunia pada pertengahan November mendatang.

Nikmatnya Kopi Indonesia Hadir di KTT G20 dengan Sebuah Misi di Baliknya

1. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah | Jaifmanda Kaelsyada Kaban/Shutterstock
info gambar

Memang, seluruh rangkaian acara puncak akan digelar di Bali. Namun terlalu sayang rasanya jika Indonesia melewarkan kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke mata dunia di kala tokoh penting dan pemimpin negara dari sejumlah negara maju menginjakkan kaki di tanah air.

Karena itu, akan ada agenda pengenalan budaya Indonesia ke delegasi negara anggota G20 yang hadir di Indonesia. Lokasi dari agenda pengenalan budaya ini sendiri akan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang telah menjalani revitalisasi sejak awal tahun 2022 ini.

Tak main-main, untuk memamerkan TMII sebagai ‘etalase’ budaya Indonesia dengan wajah baru, pemerintah sampai menggelontorkan dana sebesar Rp1,13 triliun guna kebutuhan revitalisasi.

Beberapa titik spesifik dan wajah baru TMII yang nantinya siap dipamerkan akan terdiri dari joglo Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Theater Garuda, Museum Telkom, Keong Mas, lanskap kepulauan Indonesia di Danau Archipelago, dan masih banyak lagi.

Jelang KTT G20, Taman Mini Indonesi Indah Tengah Direnovasi

2. Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali

Dikenal dengan sebutan Tahura, lokasi ini merupakan Satu-satunya taman hutan raya yang ada di Provinsi Bali adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai yang merupakan suatu kawasan bertipe hutan payau yang selalu tergenang air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut.

Dilihat dari letak kawasannya, Tahura Ngurah Rai berada di lokasi strategis tepatnya di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata Bali, yakni berada di tengah 3 kawasan wisata utama Nusa Dua, Sanur, dan Kuta.

Wilayah Taman Hutan Raya Ngurah Rai Secara administrasi pemerintahan, terletak di Teluk/Tanjung Benoa dan sekitarnya pada wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan Kabupaten Badung seluas 627 Ha, dan Pulau Serangan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar seluas 746,50 Ha.

Selama ini Tahura Ngurah Rai dikenal sebagai kawasan yang memiliki fungsi dalam mencegah abrasi yang mengancam Bali.

Nantinya, Presiden Jokowi disebutkan berencana mengundang para pemimpin negara anggota KTT G20 untuk datang ke tempat ini. Bukan tanpa alasan, hal tersebut bertujuan untuk memperlihatkan kepada dunia akan kepedulian Indonesia terhadap pelestarian lingkungan.

Indonesia Akan Operasikan Robot Pengaman Senilai Rp170 Miliar di KTT G20 Bali

3. GWK Cultural Park, Bali

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park saat ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Pulau Dewata, dengan landmark berupa patung Garuda Wisnu Kencana itu sendiri.

Untuk diketahui, patung GWK merupakan salah satu dari 10 patung tertinggi di dunia, tepatnya berada di peringkat ke-7 dengan ketinggian mencapai 121 meter. Bukan hanya itu, di kawasan sekitar patung GWK juga terdapat taman budaya seluas 60 hektare.

Patung Garuda Wisnu Kencana sendiri memiliki wujud penggambaran Dewa Wisnu mengendarai Garuda. Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dipandang sebagai pelindung alam semesta, sedangkan pendamping tepercayanya, Garuda yang seperti rajawali melambangkan kesetiaan dan pengabdian tanpa pamrih.

Mengenai lokasi ini, nantinya GWK akan menjadi lokasi jamuan utama makan malam Preisden Jokowi bersama dengan para kepala negara anggota G20.

4. The Apurva Kempinski, Bali

Di tempat inilah lokasi dari puncak Konverensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung. Nantinya pada kepala negara bersama para wakil dan delegasi akan berdiskusi, bertukar pendapat, dan menyepakati keputusan dalam KTT di Grand Ballroom hotel tersebut.

Grand Ballrom The Apurva Kempinski sendiri memiliki luas mencapai 1.076 meter persegi dengan pemandangan berupa hamparan laut.

Kecanggihan Wuling Air ev, Mobil Listrik Termurah yang Jadi Kendaraan KTT G20

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini