Berkunjung ke Menara Pandang Teratai Purwokerto, Ikon Baru Kota Satria yang Lagi Hits

Berkunjung ke Menara Pandang Teratai Purwokerto, Ikon Baru Kota Satria yang Lagi Hits
info gambar utama

Menara Pandang Teratai Purwokerto merupakan sebuah menara yang memiliki ketinggian 117 meter. Menara yang dibangun pada tahun 2021 ini, kini menjadi salah satu destinasi wisata di Purwokerto sekaligus ikon baru dari Kota Satria.

Apa yang menarik di Menara Pandang Teratai? Mari kita ungkap bersama dalam ulasan kali ini!

Sejarah Menara Pandang Teratai Purwokerto

Kemegahan ikon baru Purwokerto, Menara Pandang Teratai. @Instagram/instapurwokerto

Pembangunan Menara Pandang Teratai merupakan hasil inisiatif pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menciptakan ikon baru Purwokerto. Oleh karenanya, menara ini dibangun oleh pembiayaan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Desain menara Pandang Teratai sempat beberapa kali mengalami perubahan, awalnya desain akhir bangunan dikehendaki berbentuk kubah yang dinamakan sebagai Menara Gada Rujakpolo.

Pada proses menuju tahap penyelesaian, desain menara berubah menjadi bunga teratai. Puncak menara yang berbentuk bunga teratai ini mengandung filosofi dari Dwipa Semarang, dengan pembagian menara menjadi 3 tingkatan yaitu tingkat bawah, tengah dan atas.

Tingkat bawah yakni lantai dasar yang menyimbolkan hubungan antar manusia, tingkat tengah berada di lantai 1 dan 2 yang menyimbolkan hubungan dengan alam, dan tingkat atas berada di lantai 3 dan 4 menyimbolkan hubungan dengan Tuhan.

Daya Tarik Menara Pandang Teratai Purwokerto

Uji nyali dengan berjalan melewati jembatan tembus pandang dari kaca. @IIm Rohimah/GoogleMaps

Menara ini buka mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam setiap hari. Umumnya wisatawan datang ke tempat ini karena terpesona dengan daya tarik sekaligus keunikan bentuk puncak menaranya yang menyerupai bunga teratai. Para pengunjung bisa melihat keindahan seluruh kota dari atas.

Tak hanya itu,di lantai 3 terdapat jembatan berlantai kaca tembus pandang sejauh 3 meter yang bisa dilalui pengunjung. Jembatan lantai kaca ini kokoh. Akan tetapi permukaannya yang transparan menimbulkan efek mendebarkan.

Para wisatawan yang tertantang bisa melalui lantai kaca ini seakan berjalan tanpa pijakan di ketinggian 110 meter dari permukaan tanah. Sensasi menegangkan ini ternyata mengundang rasa penasaran mereka. Bisa ditebak, tidak semua orang berani melewatinya.

Hal menarik lainnya dari menara ini adalah bangunannya yang dilengkapi dengan pencahayaan teknologi LED warna-warni dari bawah hingga ke puncak. Lampu ini akan menyala saat malam hari dan terlihat sangat cantik di tengah gelapnya malam.

Keindahan Menara Pandang Teratai di malam hari. Instagram/banyumaslandscaper

Secara keseluruhan, menara ini memiliki total 5 lantai dengan fungsi yang berbeda:

  1. Lantai 1 merupakan Coffee Shop dengan konsep seperti pameran, ada klip komik, lukisan batik dan lain sebagainya
  2. Lantai 2 merupakan Office Room atau ruang pertemuan. Namun tidak dibuka untuk umum.
  3. Lantai 3 merupakan jembatan kaca yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan Purwokerto, batas waktu berada di lantai ini maksimal 15 menit.
  4. Lantai 4 merupakan ruangan outdoor.
  5. Lantai 5 merupakan puncak yang berada di bawah bunga teratai langsung, setiap kunjungan dibatasi hanya 10 menit, lansia dan anak-anak dibatasi masuk ke lantai ini.

Terdapat Lift untuk Bisa Menikmati Pemandangan Kota dari Atas

Menara Pandang Teratai, ikon baru Purwokerto yang sedang hits. @Instagram/53pri

Menara Pandang yang terdiri dari 5 lantai ini dilengkapi dengan lift, jadi pengunjung tidak akan merasa lelah karena harus menaiki tangga hingga ke puncak. Akses menuju dek observasi dan puncak Menara Teratai bisa menggunakan lift berkapasitas maksimal 20 orang dan ada juga tangga darurat.

Jembatan kaca tembus pandang pada lantai 3 berada di ketinggian sekitar 70-80 meter. Dari jembatan kaca ini, pengunjung bisa melihat keindahan Purwokerto sejauh mata memandang, tapi bagi yang memiliki fobia ketinggian tidak disarankan untuk naik ke lantai 3 ini, ya.

Fasilitas

Meskipun tergolong baru, Menara Pandang Teratai Purwokerto memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti:

  • Ruangan ber AC di lantai 1-3
  • Loket
  • Resto
  • Perpustakaan mini
  • Coffee Shop
  • Jembatan kaca
  • Toilet
  • Lift
  • Tangga darurat
  • Area parkir luas
  • Tempat penyewaan otopet untuk berkeliling di sekitar menara.

Rute Menuju Lokasi Menara Pandang Teratai

Menara pandang teratai berada di Jl Bung Karno, Kalibener, Kedungwuluh, Purwokerto Timur, Banyumas. Jarak antara menara ini dengan alun-alun Purwokerto hanya sekitar 1,8 km atau sekitar 5 menit saja.

Rute yang bisa diambil dari alun-alun adalah:

Ambil arah timur menuju Jl. Pengadilan, kemudian belok kiri ke arah Jl. Raga Semangsang, belok kanan ke Jl. Kranji, belok kanan lagi ke Jl. Kolonel Sugiri, lanjut belok kanan lagi ke Jl. Jenderal Sudirman, terakhir belok kiri ke Jl. Soekarno Hatta. Menara Pandang Teratai berada di sebelah kiri jalan.

Demikian ulasan mengenai salah satu destinasi wisata baru di Purwokerto yang sedang hits: Menara Pandang Teratai Purwokerto. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah referensi tempat liburan kawan GNFI.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini