Kereta Api di Sulawesi Selatan Akhirnya Dijalankan, Simak Syaratnya untuk Mencoba Naik

Kereta Api di Sulawesi Selatan Akhirnya Dijalankan, Simak Syaratnya untuk Mencoba Naik
info gambar utama

Indonesia menorehkan sejarah gemilang di dunia transportasi. Impian untuk memiliki kereta api di Sulawesi kini akhirnya benar-benar terwujud.

Kereta api di Sulawesi sudah dijalankan meski masih dalam rangka uji coba. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai Sabtu (29/10) lalu melakukan uji coba pengoperasian terbatas jalur kereta api di Sulawesi Selatan.

Seperti diketahui, selama beberapa tahun ini pemerintah menggarap transportasi kereta api di Sulawesi Selatan. Adapun jalur yang dikerjakan dalam proyek ini menghubungkan Makassar dengan Parepare.

Masyarakat Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini sudah dapat mencoba kereta api pertama di Sulawesi secara gratis selama masa uji coba pengoperasian terbatas," ujar Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi seperti diwartakan Antara.

Selama uji coba kali ini, kereta api dijalankan di lintas Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu dengan jarak 66 km. Rangkaian kereta yang digunakan bernama KA Andalan Celebes. Sementara itu, lintas sebaliknya dilayani oleh KA Lontara.

Masyarakat diperbolehkan berpartisipasi dalam uji coba ini dengan naik dan merasakan langsung perjalanan dengan kereta api. Warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep bisa memanfaatkannya untuk mencoba nuansa perjalanan baru di daerah mereka.

Masyarakat tidak perlu membayar untuk mencoba kereta api ini. Selama masa uji coba, masyarakat bisa naik kereta api secara gratis.

Kereta Cepat dan Harta Karun Indonesia

Mau Ikut Mencoba? Perhatikan Syaratnya!

Bagi Kawan GNFI dan masyarakat yang berminat mencoba kereta api Sulawesi Selatan, dipersilakan naik dari tujuh stasiun yang digunakan sebagai pemberhentian, yakni Di tahap awal uji coba pengoperasian terbatas, sepanjang 66 km jalur KA akan dilalui oleh kereta yang dapat diakses masyarakat melalui 7 stasiun. Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Mangilu.

Masyarakat juga perlu memperhatikan jam operasional kereta. Sebab, uji coba operasi KA Andalan Celebes dan KA Lontara hanya dilakukan masing-masing satu kali setiap harinya.

KA Andalan Celebes dijadwalkan berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong, sementara KA Lontara berangkat pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu. Jangan sampai salah jadwal atau terlambat datang agar tidak ketinggalan.

Masyarakat juga perlu melaporkan data diri kepada petugas. Data tersebut berisi berupa nama, alamat, nomor telepon, dan kesan serta pesan selama mengikuti uji coba operasi kereta api.

Teknologi Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini