Simak Penyesuaian Operasional Bandara Ngurah Rai Selama KTT G20

Simak Penyesuaian Operasional Bandara Ngurah Rai Selama KTT G20
info gambar utama

Demi kelancaran perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) di Bali, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bakal menerapkan sejumlah penyesuaian operasional dan penutupan akses lalu lintas di beberapa titik pada 12-18 November 2022. Berbagai skema telah disiapkan oleh PT Angkasa Pura (AP I) selaku pengelola untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan para delegasi.

Mengutip situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, bentuk penyesuaian operasional yang akan diberlakukan antara lain:

  1. Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi selama 24 Jam
  2. Pembatasan operasional penerbangan (limited operation) reguler pada 14 November pukul 00.00 s.d. 02.00 WITA, dan 13.00 s.d. 21.00 WITA
  3. Pembatasan operasional penerbangan reguler pada 17 November pukul 12.00 s.d. 19.00 WITA

Ngarai Beji Guwang, Wisata Adventure Tersembunyi Di Bali

Kemudian, selama masa limited operation, pelayanan akan diproritaskan untuk menerima penerbangan:

  1. VVIP G20 (pesawat utama dan pesawat pendukung)
  2. Pesawat kemiliteran pendukung G20
  3. Charter delegasi G20
  4. Bukan niaga (charter flight) delegasi G20
  5. Penerbangan reguler dalam dan luar negeri dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas

Penyesuaian ini didukung oleh Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara Nomor 11 tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sementara itu, Direktur Utama AP I Faik Rahmi menerangkan bahwa layanan penerbangan komersial berjadwal akan tetap dibuka. Namun, Faik mengimbau calon pelaku perjalanan komersial dari dan ke Bandara Ngurah Rai pada periode limited operation, untuk menyesuaikan jadwal penerbangannya dan berkoordinasi dengan pihak maskapai karena akan ada kemungkinan perubahan jadwal komersial menyesuaikan penerbangan delegasi KTT G20.

Menikmati Kesunyian Dan Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali

Penyesuaian Akses Lalu Lintas

Berkolaborasi dengan Kepolisian Daerah Provinsi Bali, akses lalu lintas di sekitar wilayah Bandara I Gusti Ngurah Rai juga akan disesuaikan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akomodasi kedatangan delegasi dan akses transportasi mereka dari bandara ke lokasi KTT G20.

Rencananya dua jalur jalan raya bandara yang berlokasi di depan Gedung Administrasi AP I sampai ke Taman Bundaran I Gusti Ngurah Rai akan ditutup sementara waktu. Hal yang sama juga berlaku di Jalan Raya Tuban.

Penutupan akses lalu lintas ini akan diterapkan pada 14 dan 17 November 2022. Untuk itu, masyarakat diminta memaklumi dan mematuhi kebijakan ini agar KTT G20 dapat berjalan lancar.

Wisata Danau Batur Bali, Keindahan di Kaki Gunung Batur

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini