Berakhir Pekan? Ke Taman Andhang Pangrenan Purwokerto Saja!

Berakhir Pekan? Ke Taman Andhang Pangrenan Purwokerto Saja!
info gambar utama

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang bisa menjadi tempat wisata terbaik untuk menghabiskan akhir pekan. Di tempat wisata ini Anda akan menemukan berbagai suguhan yang menarik. Tak heran jika tempat ini selalu padat dikunjungi oleh wisatawan maupun penduduk sekitar.

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto, bekas terminal yang kini jadi taman cantik. Instagram/purwokertokeren

Wisata taman yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan sarana yang memadai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Tak hanya itu saja ada banyak wahana yang menarik dan bisa Anda coba. Ingin tahu, ulasan lengkap dari wisata ini? Mari simak secara mendalam di sini!

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Purwokerto yang Paling Recommended untuk Dikunjungi

Sejarah Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto, tempat yang pas untuk healing. Instagram/asadfaiqfauzan

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto adalah sebuah tempat wisata yang bisa menjadi alternatif selain alun-alun kota Purwokerto. Awalnya taman ini adalah terminal bus. Namun karena ada perubahan pemerintahan lalu kemudian terminal dipindah ke Teluk.

Baca juga: The Village Purwokerto, Menikmati Nuansa ala Eropa

Selanjutnya bekas terminal ini dibuat menjadi taman yang sekarang dikenal sebagai Taman Andhang Pangrenan. Wisata ini diresmikan oleh bupati Banyumas yaitu Drs.Mardjoko pada tanggal 13 april tahun 2011 lalu. Namanya sendiri diambil dari kata Andhang yang berarti tempat dan Pangrenan yang berarti hati yang riang atau senang. Jadi Taman Andhang Pangrenan bisa diartikan sebagai tempat untuk bersenang-senang.

Daya Tarik Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan, tempat wisata yang luas dan instagramable. @Instagram/fadilfauzi

Tak hanya sekedar taman biasa dengan berbagai tanaman saja, tetapi Taman Andhang Pangrenan ini juga sederet daya tarik. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki taman ini:

1. Spot Foto Cantik untuk Swafoto

Pada taman ini Anda akan menemukan banyak sekali sudut yang dilengkapi dengan spot menarik dan kekinian untuk berswafoto. Semua spot tersebut didesain dengan semenarik mungkin dan terbukti mampu menjadi daya tarik tersendiri. Desain yang serba warna-warni dan kelap kelip pun tak ayal membuat nuansa makin ceria.

Adapun pada malam hari Anda bisa menikmati keindahan aneka lampu lampion bermotif hewan. Selain itu Anda juga bisa menemukan lorong taman yang dipenuhi dengan lampu lampion yang menakjubkan. Tak hanya itu saja masih ada banyak sekali spot cantik yang bisa Anda temukan saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

2. Aneka Wahana Permainan yang Menarik

Di Taman Andhang Pangrenan Purwokerto Anda juga akan melihat berbagai wahana atau media rekreasi seperti kereta api, taman bermain anak, kereta mini, ATV, sepeda, odong-odong dan masih banyak lagi.

Baca juga: Berkunjung ke Menara Pandang Teratai, Ikon Baru Kota Satria yang lagi Hits

3. Pemandangan yang Asri

Taman kota yang satu ini dikenal sangat asri karena ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Oleh karena itu Anda bisa menikmati pemandangan yang hijau dan asri saat berkunjung ke taman ini. Tak hanya itu saja Anda juga bisa bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati angin yang segar dan udara yang bersih.

Fasilitas yang ada di Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Demi menunjang kegiatan dan kenyamanan para pengunjungnya, Taman Andhang Pangrenan Purwokerto dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap di antaranya:

  • Tempat parkir kendaraan yang luas dan nyaman
  • Kamar mandi yang bersih
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata atau tempat makan
  • Bangku atau tempat duduk
  • Dekat dengan masjid

Jam Operasional Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Untuk berkunjung ke taman ini tentu harus dilakukan saat jam operasional. Taman Andhang Pangrenan Purwokerto ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-hingga pukul 22.00. Pagi, sore dan malam hari merupakan waktu yang cukup digemari sehingga pada waktu tersebut taman ini akan cukup ramai pengunjung.

Lokasi Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Pepohonan di Andhang Pangrenan, peneduh di siang hari yang terik. Instagram/andhangpangrenanpwt

Lokasi Taman Andhang Pangrenan ada di sisi selatan kota Purwokerto sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Untuk alamatnya sendiri ada di Jl. Gerilya Purwokerto Selatan, Kecamatan Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Dari alun-alun kota hanya sekitar 3 kilometer saja dengan lama perjalanan 8 menit.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini