Setelah Palembang dan Jabodebek, Bali Akan Menyusul Punya LRT

Setelah Palembang dan Jabodebek, Bali Akan Menyusul Punya LRT
info gambar utama

Indonesia terus mengembangkan transportasi massal light rail transit atau LRT. Setelah Palembang serta Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek), kini pemerintah berencana membangun LRT di Bali.

LRT Bali yang direncanakan itu nantinya akan memiliki rute Bandara Ngurah Rai-Central Kuta hingga Seminyak. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah pun sudah bertemu untuk membahas rencana tersebut.

Dalam pertemuan, hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Ada pula Kadishub Bali I Wayan Samsi, Wakil Ketua Tim Percepatan Kereta Api Bali Michael F. Umbas, Direktur Utama BUMN Nindya Karya Haedar Karim, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Moeharmein Zein Chaniago, plus perwakilan dari Korea National Railway , Korea Eximbank Indonesia Kim Jae Cheol, dan KIND Rep Office Indonesia.

Dari pertemuan yang digelar, sudah ada kesepahaman mengenai beberapa aspek teknis dari LRT yang akan dibangun.

"Kita sepakat dengan model LRT ini dengan jalur bawah tanah atau tunnel untuk rute yang memang tidak ada pilihan lagi seperti BRT maupun trem. Hanya untuk kajian biaya dan model apakah KPBU atau mix dengan loan harus dibahas detail," kata Suharso seperti dilansir Antara.

Sementara itu I Wayan Koster mengapresiasi respons positif dari pemerintah pusat atas rencana ini. Ia berharap bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat demi mewujudkan transportasi massal yang berkualitas di Bali.

"Kami membutuhkan dukungan penuh pemerintah pusat agar wajah transportasi Bali bisa lebih baik dan nyaman. Salah satunya kami mendorong kereta api jenis LRT. Kami berterima kasih sambutan positif dari Menteri Bapenas Pak Suharso," ujar I Wayan Koster.

Baca juga: Perbedaan 3 LRT yang Ada di Indonesia

Menyusul Palembang dan Jabodebek

Jika nantinya rencana ini terwujud, maka Bali akan menyusul Palembang dan Jabodebek sebagai derah yang memiliki LRT.

Seperti diketahui, Palembang dan Jakarta telah meluncurkan layanan LRT sejak 2018 lalu jelang perhelatan Asian Games 2018. Kemudian LRT yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor, Depok, dan Bekasi juga tengah dibangun.

Nantinya, perencanaan pembangunan LRT Bali harus terlebih dahulu melalui tahap feasibility study. Adapun pelaksana feasibility study tersebut adalah Korea National Railway bersama Pemerintah Provinsi Bali.

"Kami sangat serius untuk membangun sistem transportasi LRT di Bali. Kami berharap segera diberi kesempatan untuk memulai feasibility study," kata Perwakilan Korea National Railway Sunghee Choo.

Arvilla Delitriana, Insinyur di balik Jembatan Lengkung LRT Jabodetabek



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini