Inilah 7 Wisata Pantai Kepulauan Selayar yang Eksotis. Mantap Buat Diving dan Healing!

Inilah 7 Wisata Pantai Kepulauan Selayar yang Eksotis. Mantap Buat Diving dan Healing!
info gambar utama

Tatkala menyebut nama Kepulaun Selayar, maka yang segera terlintas di benak kita adalah gugusan terumbu karang terbesar di Taman Nasional Taka Bonerate.

Kepulauan Selayar telah lama dikenal dengan destinasi wisata baharinya. Ini tidak berlebihan sebab Selayar dengan julukan Bumi Tanadoang ini, memiliki panjang garis pantai hingga 600 km.

Dengan garis bibir pantai sepanjang itu, maka tentu saja Selayar memiliki spot-spot menarik untuk travelling, snorkling, diving hingga tempat healing.

Penasaran seperti apa wujud lokasinya ? Mari cek satu per satu rekomendasi dari kawan GNFI berikut ini.

1. Pantai Pinang

Lokasi

Pantai Pinang terletak di pesisir timur Pulau Selayar, yakni di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu. Pantai ini dikelolah oleh ekspaktriat asal Prancis dengan beberapa fasilitas penginapan dan dive centre.

GambaranPantai

Berpasir putih dengan air laut yang jernih serta pemandangan alam bawah laut yang menawan. Sangat cocok untuk kalian yang inign diving dan snorkeling.

Menurut sang penjaga pantai, pada kaki bukit di Pantai Pinang, masih bisa kita temukan keluarga tarsius ( monyet terkecil di dunia ), kupu-kupu, dan beberapa fauna lain.

Akses

Dari Kota Benteng, Ibu Kota Kepulauan Selayar, pantai ini dapat ditempuh via darat ke Pelabuhan Pattumbukang selama 45 menit. Dilanjutkan dengan angkutan kapal jenis jolloro yang muat hingga 15 orang, selama kurang lebih 30 menit.

Jadwal kunjungan terbaik di bulan November – April (Musim Barat)

2. Pantai Bahuluang

Lokasi

Pantai ini berada di Pulau Bahuluang yang terletak di ujung selatan Pulau Selayar, tepatnya di Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu. Pulau ini dihuni oleh penduduk lokal.

Gambaran Pantai

Pantai Bahuluang menawarkan pesona pantai yang alami dan asri. Hal ini dikarenakan belum adanya tangan-tangan profesional yang berinvestasi di panta ini.

Pada salah satu spot, terdapat sebuah pulau karang yang menyeruak dikelilingi biru dan jernihnya air laut. Melakukan aktivitas snorkeling dan sunbathing, menjadi pilihan utama bagi wisatawan.

Akses

Dari Kota Benteng, pengunjung melakukan perjalanan darat ke Kampung Appatanah lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan angkutan perahu jenis jolloro berkapasitas 15 orang.

Lalu dari Kampung Appatanah menuju ke Pulau Bahuluang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam.

Waktu kunjungan terbaik April – Oktober

3. Pantai Punagaan

Lokasi

Pantai Punagaan terletak di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, sekitar 15 km dari Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar.

Gambaran Pantai

Pantai Punagaan merupakan spot wisata berbentuk teluk, dimana sebagian pantainya merupakan areal dengan pasir berwarna kelabu, dan bagian lainnya adalah tebing dengan air yang jernih.

Beberapa fasilitas telah tersedia di lokasi ini seperti gazebo, toilet, air bersih dan gedung yang memiliki ruang untuk kegiatan rapat dan pertemuan. Dan aktivitas terbaik lokasi ini tentu saja adalah snorkeling.

Akses

Dari Kota Benteng, pengunjung dapat melakukan perjalanan via darat. Akses dari dan ke Pantai Punagaan, beberapa diantaranya adalah pendakian dengan beberapa kelokan. Waktu tempuh dari Kota Benteng sekitar 20 sampai 30 menit.

Waktu Kunjungan Terbaik November – April (Musim Barat)

4. Pantai Batang dan Pantai Hara

Lokasi

Pantai Batang dan Pantai Hara adalah dua destinasi yang berada dalam satu garis bibir pantai. Kedua spot wisata ini berada di bagian timur dari Pulau Selayar.

Gambaran Pantai

Pantai Hara terkenal dengan warna pasir yang agak kelabu. Disalah satu titik di perairan dangkal, terdapat sebuah mata air tawar yang menyembul dan kerap dipakai oleh para nelayan untuk membilas badan sehabis melaut.

Sementara itu Pantai Batang memiliki karakter pasir putih yang halus. Bentangan pasir putih di Pantai Batang berkisar 200 meter.

Di lokasi itu juga terdapat spot diving dengan biota laut berupa ikan karang dan penyu yang bahkan kerap berenang ke perairan dangkal di sore hari.

Akses

Akses ke Pantai Hara dan Pantai Batang relatif merupakan pendakian. Dari jalan raya, pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter untuk sampai di kedua pantai ini.

Jaraknya sekitar 21 km dari kota Benteng dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Pantai Hara dan Pantai Batang.

5. Pantai Batulohe

Lokasi

Pantai Batulohe yang terletak di bagian timur dari Pulau Selayar, tepatnya berada di Desa Balang Butung, Kecamatan Buki.

Gambaran Pantai

Pantai ini menawarkan suasana khas tebing karang yang bercorak seperti relief. Bahkan sebagian orang meyakini, batu setinggi sekitar empat meter itu sengaja dipahat menyerupai tulisan dalam bahasa China.

Akses

Pantai Batulohe bisa diakses dengan perjalanan kapal Jolloro’ sekitar 40 menit dari kota Benteng.

Namun di pantai ini belum ada fasilitas kafe atau rumah makan, termasuk sarana untuk bersitirahat. Maka mempersiapkan kelengkapan dan logistik adalah pilihan bijak sebelum kalian bertandang ke sini.

6. Pantai Baloiya

Lokasi

Pantai Baloiya ini terletak Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Lokasi objek wisata ini berjarak ±10 km dari Kota Benteng.

Gambaran Pantai

Di kawasan Pantai Baloiya sendiri terdiri dari beberapa spot wisata yang bisa anda datangi. Selayar Island Resort adalah salah satu diantaranya. Selayar Island Resort dikelola oleh pihak asing dan tersedia fasilitas restoran serta bungalow.

Ada pula beberapa titik yang masih merupakan wilayah yang bebas bagi pengunjung, salah satunya spot uang menyerupai Pantai di Tana Lot, Bali, dimana terdapat barisan batu karang yang menyembul di perairan dangkal. Lokasi ini sangat ideal untuk menikmati panorama sunset.

Akses

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Benteng, menjadikan Pantai Baloiyya sebagai destinasi ideal ketika anda berkunjung ke Selayar. Jaraknya hanya sekitar 10 km arah utara kota Benteng.

Karena jaraknya yang lumayan dekat, kalian tetap bisa menginap di kota Benteng dan berkunjung ke pantai Baloiya kapan saja.

Namun waktu paling ideal adalah saat sore sampai menjelang sunset. Jarak tempuhnya hanya sekitar 20 sampai 30 menit.

7. Pantai Batu Karapu

Lokasi

Pantai Batu Karapu terletak 40 km sebelah selatan Kota Benteng, tepatnya di Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar.

Gambaran Pantai

Batu Karapu menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih bertekstur halus, air laut yang jernih kebiru – biruan dan panorama sunset yang menawan tatkala matahari tenggelam di ufuk barat.

Pantai ini memeliki keunikan tersendiri berupa batu berlubang yang menjorok kelaut, menyerupai pantai Durdle Door yang berada di Inggris.

Garis pantainya yang berkelok – kelok ini tatkala disaksikan dari udara, akan terlihat pantai ini menyerupai bentuk penyu.

Akses

Dari kota Benteng ke pantai ini memakan waktu sekitar satu jam melalui jalur darat. Namun belum tersedia fasilitas penginapan dan rumah makan di tempat ini.

Selain itu, saran warga di sini sebaiknya kalian berkunjung di luar musim barat yang berlangusung dari Oktober sampai April. Sebab di waktu tersebut, di pesisir barat Selayar, angin bertiup kencang dengan ketinggian ombak mencapai 3 meter.

Nah sebelum kalian menyebrang ke Pulau Selayar, alangkah baiknya kalian juga singgah di salah satu pantai pasir putih yang di di Bulukumba. Dijamin tidak sia-sia perjanalan panjang kalian!

Referensi:

https://pariwisata.kepulauanselayarkab.go.id/category/destinasi/

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini