7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba, Ada Soto Betawi Juga!

7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba, Ada Soto Betawi Juga!
info gambar utama

Makanan Khas Jakarta tidak akan jauh-jauh dari sentuhan budaya Betawi. Suku Betawi sebagai suku asli yang menempati ibu kota Jakarta menyumbangkan banyak sekali budaya dan tradisi sebagai identitas bagi Jakarta, salah satunya adalah makanan.

Bagi orang yang berkunjung ke Jakarta, belum lengkap jika tidak mencoba berbagai macam jenis makanan khas Jakarta yang tersaji di sana. Artikel ini akan membahas tentang rekomendasi makanan khas Jakarta atau juga makanan khas Betawi yang lezat dan tidak boleh dilewatkan ketika ke Jakarta. Apa saja?

1. Gurame Pecak

makanan jakarta
info gambar

Makanan khas Jakarta pertama yang wajib untuk dicoba adalah gurame pecak. Terdapat dua menu dari jenis makanan ini yaitu dengan atau tanpa sambal kacang. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Ikan yang disajikan dalam makanan ini adalah ikan gurame yang dipenyet atau pipih. Rasa pedas dan gurih dari bumbu pecak dipercaya akan mampu menggoyang lidah penikmatnya.

2. Kerak Telor

makanan khas jakarta
info gambar

Semua orang pasti mengenal kerak telor. Makanan khas Betawi ini sangat populer dan mudah dijumpai di berbagai tempat di Jakarta. Kerak telor terbuat dari nasi yang dicampur dengan dengan telur dan ditambahkan dengan berbagai bumbu lainnya. Cara memasaknya adalah dengan memanggang di atas kuali. Ketika matang, makanan akan dibalik dengan nasi yang langsung menghadap ke bara api. Kerak telor paling nikmat disantap dengan taburan bumbu serundeng.

3. Soto Betawi

makanan khas betawi
info gambar

Selanjutnya adalah soto Betawi. Soto Betawi memang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan soto-soto lain dari berbagai daerah. Soto Betawi biasanya mempunyai isian yang beragam. Umumnya menggunakan aneka jeroan sapi, mata, torpedo, dan juga hati. Adapun kuah dari soto Betawi ini biasanya dicampur dengan susu yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu.

Baca juga: Makanan Tradisional Sunda yang Khas dan Wajib Dicoba

4. Asinan Betawi

makanan khas betawi
info gambar

Asinan Betawi merupakan makanan khas Jakarta yang cukup unik. Berbeda dengan jenis asinan yang dijual di tempat lain, asinan ini menggunakan sayuran sebagai bahan-bahannya. Seperti kubis, sawi, mentimun, tahu kunin, lokio, tauge, dan kerupuk kuning. Cara membuatnya yaitu bahan-bahan diasinkan dengan garam dan diberi cuka aren. Makanan ini memiliki rasa yang menyegarkan.

5. Lontong Sayur

makanan khas jakarta betawi
info gambar

Lontong sayur juga merupakan makanan yang sangat populer. Makanan ini berisi lontong yang disiram dengan kuah santan kental. Santan yang dipakai biasanya terbuat dari rempah-rempah yang khas. Sedangkan isiannya adalah labu siam, tempe, irisan pepaya muda, bihun, telur rebus, dan suwiran daging ayam. Orang-orang biasanya menggunakan makanan ini sebagai menu sarapan.

Baca juga: Makanan Tradisional Khas Indonesia, dari Sabang sampai Merauke

6. Dodol Betawi

makanan khas jakarta
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Jakarta yang biasa dipakai untuk camilan adalah dodol Betawi. Dodol Betawi merupakan jenis makanan yang manis dan cocok disantap ketika usai makan berat. Berbeda dengan dodol dari daerah lain. Dodol Betawi cara pembuatannya ketika selesai tidak melalui proses pencelupan ke dalam gula. Hal inilah yang membedakan dengan dodol Garut, yang masih memerlukan pencelupan ke dalam cairan gula ketika sudah matang.

7. Soto Tangkar

makanan khas jakarta
info gambar

Berbeda dengan soto Betawi, soto tangkar merupakan makanan khas Jakarta yang memiliki rempah lebih banyak ketimbang soto Betawi. Di dalam kuah soto sangkar biasanya ditambahkan rempah berupa jintan dan kapulaga. Sama halnya dengan soto Betawi, makanan berkuah ini juga banyak dijumpai dan menjadi favorit masyarakat Jakarta.

Demikian adalah 7 makanan khas Jakarta yang wajib untuk Anda coba. Masih banyak makanan khas Jakarta ketimbang yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa meluangkan waktu untuk mencicipi beberapa makanan tersebut, dan merasakan kenikmatan yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Barat dari Singkawang hingga Pontianak

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini