7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba
info gambar utama

Makanan Khas Jakarta tidak akan jauh-jauh dari makanan khas Betawi. Suku Betawi sebagai suku asli yang menempati ibu kota Jakarta menyumbangkan banyak sekali budaya dan tradisi sebagai identitas bagi Jakarta, salah satunya adalah makanan.

Bagi orang yang berkunjung ke Jakarta, belum lengkap jika tidak mencoba berbagai macam jenis makanan khas Jakarta yang tersaji di sana. Artikel ini akan membahas tentang rekomendasi makanan khas Jakarta atau juga makanan khas Betawi yang lezat dan tidak boleh dilewatkan ketika ke Jakarta. Melansir dari laman IDN Times berikut ini adalah makanan khas Jakarta.

1. Gurame Pecak

Makanan khas Jakarta pertama yang wajib untuk dicoba adalah gurame pecak. Terdapat dua menu dari jenis makanan ini yaitu dengan atau tanpa sambal kacang. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Ikan yang disajikan dalam makanan ini adalah ikan gurame yang dipenyet atau pipih. Rasa pedas dan gurih dari bumbu pecak dipercaya akan mampu menggoyang lidah penikmatnya.

2. Kerak Telor

Semua orang pasti mengenal kerak telor. Makanan khas Betawi ini sangat populer dan mudah dijumpai di berbagai tempat di Jakarta. Kerak telor terbuat dari nasi yang dicampur dengan dengan telur dan ditambahkan dengan berbagai bumbu lainnya. Cara memasaknya adalah dengan memanggang di atas kuali. Ketika matang, makanan akan dibalik dengan nasi yang langsung menghadap ke bara api. Kerak telor paling nikmat disantap dengan taburan bumbu serundeng.

3. Soto Betawi

Selanjutnya adalah soto Betawi. Soto Betawi memang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan soto-soto lain dari berbagai daerah. Soto Betawi biasanya mempunyai isian yang beragam. Umumnya menggunakan aneka jeroan sapi, mata, torpedo, dan juga hati. Adapun kuah dari soto Betawi ini biasanya dicampur dengan susu yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu.

4. Asinan Betawi

Asinan Betawi merupakan makanan khas Jakarta yang cukup unik. Berbeda dengan jenis asinan yang dijual di tempat lain. Asinan Betawi menggunakan sayuran sebagai bahan-bahannya. Seperti kubis, sawi, tauge, dan lain-lain. cara membuatnya yaitu bahan-bahan diasinkan dengan garam dan diberi cuka. Makanan ini memiliki rasa yang menyegarkan.

5. Lontong Sayur

Lontong sayur juga merupakan makanan yang sangat populer. Makanan ini berisi lontong yang disiram dengan kuah santan kental. Santan yang dipakai biasanya terbuat dari rempah-rempah yang khas. Sedangkan isiannya adalah labu siam, tempe, irisan pepaya muda, bihun, telur rebus, daging ayam, dan lain sebagainya. Orang-orang biasanya menggunakan makanan ini sebagai menu sarapan.

6. Dodol Betawi

Selanjutnya, makanan khas Jakarta yang biasa dipakai untuk camilan adalah dodol Betawi. Dodol Betawi merupakan jenis makanan yang manis dan cocok disantap ketika usai makan berat. Berbeda dengan dodol dari daerah lain. Dodol Betawi cara pembuatannya ketika selesai tidak melalui proses pencelupan ke dalam gula. Hal inilah yang membedakan dengan dodol Garut, yang masih memerlukan pencelupan ke dalam cairan gula ketika sudah matang.

7. Soto Tangkar

Berbeda dengan soto Betawi, soto tangkar merupakan makanan khas Jakarta yang memiliki rempah lebih banyak ketimbang soto Betawi. Di dalam kuah soto sangkar biasanya ditambahkan rempah berupa jintan dan kapulaga. Sama halnya dengan soto Betawi, makanan berkuah ini juga banyak dijumpai dan menjadi favorit masyarakat Jakarta.

Demikian adalah 7 makanan khas Jakarta yang wajib untuk Anda coba. Masih banyak makanan khas Jakarta ketimbang yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa meluangkan waktu untuk mencicipi beberapa makanan tersebut, dan merasakan kenikmatan yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini