Jalan-jalan Di Pendakian Gunung Ungaran Semarang

Jalan-jalan Di Pendakian Gunung Ungaran Semarang
info gambar utama

Bagi kalian para pendaki pemula, Semarang menawarkan keindahan pemandangan pegunungan yang cocok untuk para kalian yang baru belajar mendaki. Gunung Ungaran yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini bisa menjadi pilihan pendakian yang aman untuk pemula.

Gunung yang merupakan jenis gunung stratovolcano atau gunung api tipe C ini dikelilingi oleh banyaknya sumber mata air panas di kawasan kaki gunungnya. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Semarang jangan lupa masukkan Gunung Ungaran ke dalam bucket list kalian.

Daya Tarik Gunung Ungaran

Walaupun merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia, Gunung Ungaran merupakan tempat wisata yang cukup populer dengan beragam daya tarik yang luar biasa indahnya.

1. Trek Pendakian yang Ramah bagi Pemula

Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Gunung Ungaran memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut. Pada lereng gunung, dihiasi dengan kawasan kebun teh dan bumi perkemahan yang sejuk. Temperatur udara di kawasan Gunung Ungaran berkisar 22 - 27 ० C, terhitung sangat sejuk jika dibandingkan dengan kawasan Kota Semarang yang dekat dengan laut.

Jalur pendakian Gunung ungaran terkenal terjal dan cocok pagi para pendaki yang sudah berpengalaman. Namun, kondisi gunung yang tenang terbilang aman untuk pendakian ataupun wisata.

2. Titik Start Pendakian yang Beragam

Jalur Pendakian Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Mulai dari jalur pendakian Gedong Songo yang dimulai dari taman wisata Candi Gedong Songo sampai ke Jalur Promasan yang menawarkan keindahan kebun teh dan Jalur Mawar yang menyediakan campground untuk beristirahat ketika lelah mendaki.

Jika kalian memulai pendakian di jalur Gedong Songo, kalian akan melewati hutan yang dipenuhi semak belukar, maka dari itu untuk kalian pendaki pemula harus ditemani oleh pendaki profesional untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Jalur ini tepat berdampingan dengan jurang dan banyak ilalang yang cukup tinggi yang menghalangi pandangan. Kemiringan jalur ini bisa mencapai lebih dari 60 derajat.

Untuk kalian yang memulai pendakian dari start Promasan, kalian akan disuguhkan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan luas. Pemandangannya yang eksotis membuat banyak wisatawan yang mengambil foto di daerah ini. Apalagi jika kalian datang disaat matahari terbit (sunrise) atau matahari terbenam (sunset) dijamin hasil foto kalian sangat estetik. Jalur pendakian Promasan akan membawa kalian ke Jalur Mawar yang berupa lahan datar untuk berkemah. Jalur Mawar biasanya jalur yang banyak digunakan oleh pendaki Gunung Ungaran karena medannya yang santai sehingga tidak terlalu berat untuk melanjutkan perjalanan.

3. Memilki Tiga Puncak yang Cantik

Puncak Botak Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Puncak Gendol, Puncak Botak, dan Pucak Ungaran. Dari ketiganya, puncak ungaran merupakan yang tertinggi dengan ketinggian 2.050 mdpl.

Dari puncak ini kalian akan disuguhkan pemandangan dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kalian juga dapat melihat pemandangan Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Jika kalian bergeser sedikit ke arah barat terdapat Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau Dieng.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gems Di Kota Semarang

Fasilitas Gunung Ungaran

Fasilitas di Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Tempat ini menawarkan pos-pos pendakian diantaranya yaitu Basecamp Mawar, Basecamp Gedong Songo, dan Basecamp Promasan. Kalian tidak perlu khawatir karena di masing-masing basecamp telah dilengkapi toilet dan warung serta terdapat area parkir.

Di sekitar kawasan Gunung Ungaran kalian juga dapat mengunjungi Candi Gedong Songo dan kawasan Umbul Sidomukti. Kalian juga bisa berendam air panas di kawasan lereng Gunung Ungaran sembari menikmati sejuknya pemandangan pegunungan ungaran.

Baca Juga: Desa Lerep dan Destinasi Wisata Alam Pilihan di Ungaran Semarang

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Ungaran

Rute ke Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Cara mudah untuk kalian yang ingin berkunjung ke Gunung Ungaran yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah bisa melalui pos mawar, pos gedong songo dan pos promasan.

Jika kalian berada di posisi yang lebih dekat dengan komplek Candi Gedong Songo, kalian bisa menempuh waktu sekitar 1 jam dari Kota Ungaran. Sedangkan, jika kalian berada di sekitar kawasan umbul sidomukti kalian bisa melewati Pasar Jimbaran terlebih dahulu. Kalian juga bisa berjalan kaki dari kawasan kebun teh medini atau menggunakan ojek selama kurang lebih 1 jam jika kalian ingin mengakhiri di pos promasan.

Harga Tiket dan Jam Operasional Gunung Ungaran

Harga tiket masuk dan lokasi Gunung Ungaran, gunung di Kota Semarang yang ramah untuk didaki

Untuk kalian yang ingin mendaki Gunung Ungaran perlu membayar biaya registrasi camp sebesar Rp 15.000, biaya registrasi tektok Rp 10.000 dan untuk kalian yang membawa kendaraan perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Gunung Ungaran dapat diakses setiap hari selama 24 jam namun untuk registrasi pendakian hanya dibuka mulai dari pukul 13.00 - 19.00 WIB

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Gunung Ungaran. Apakah kalian tertarik mengunjungi sejuknya kawasan Gunung Ungaran?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini