Mengenal Ikan Jambal Roti, Olahan Ikan Asin yang Mahal

Mengenal Ikan Jambal Roti, Olahan Ikan Asin yang Mahal
info gambar utama

Kawan GNFI pernahkah kamu mencicipi Ikan Jambal Roti?

Salah satu primadona produk ikan asin yang bernilai ekonomis tinggi dan laris di pasaran menjadi buah tangan yang wajib jika berkunjung ke daerah Pangandaran, Pekalongan, Cilacap, dan Cirebon. Ikan asin ini bukan sembarang ikan asin, karena ternyata Ikan Jambal Roti ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan Jambal Roti, Ikan asin lezat khas Cirebon

Indonesia memang terkenal kaya akan potensi perikanannya. Potensi inilah yang membuat masyarakat memanfaatkan hasil laut untuk diolah menjadi suatu produk yang bernilai tinggi. Salah satu produk olahan hasil tangkapan laut ini adalah ikan asin.

Ikan asin merupakan makanan yang dibuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan garam dalam jumlah banyak sampai menutupi seluruh tubuh ikan. Proses ini akan berlangsung hingga tercapai keseimbangan konsentrasi garam diluar dan dalam daging. Salah satu produk fermentasi ini berupa Ikan Jambal Roti.

Apakah kamu tahu bahwa Ikan Jambal Roti ini terbuat dari bahan dasar ikan manyung? Sebelum itu kita kenalan dulu yuk sama ikan yang disebut Jambal Roti ini.

Ikan Jambal Roti merupakan salah satu olahan produk hasil fermentasi garam yang dibuat dari bahan dasar ikan manyung. Ikan manyung adalah ikan laut dari famili ariidae. Dikenal dengan nama Jambal Roti diambil dari kata “Jambal” yang merupakan sebutan masyarakat itu sendiri yang berarti ikan asin dan “Roti” karena dagingnya yang lembut dan mudah hancur pada gigitan pertama akibat perubahan tekstur setelah digoreng seperti roti.

Baca Juga: Ternyata Ikan Asin Tertulis di Prasasti Jaman Mataram Kuno

Pembuatan Ikan Jambal Roti ini melalui proses penggaraman selama beberapa hari, sehingga menghasilkan rasa asin yang maksimal dan kemudian dijemur sampai benar-benar kering. Tekstur khas seperti pasir serta aroma yang harum dan khas membuat produk olahan ini digemari masyarakat.

Ikan Jambal Roti, Olahan ikan asin fermentasi lezat khas Cirebon

Fakta menarik mengenai Ikan Jambal Roti, walaupun merupakan ikan asin, produk olahan ini memiliki harga yang lebih mahal dari daging sapi.

Walaupun harganya terbilang cukup mahal ikan ini tetap menjadi buruan wisatawan yang mencarinya. Dibalik tampilannya yang sederhana dan sering dipandang sebelah mata, namun ikan asin ini menawarkan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut fakta menarik Ikan Jambal Roti dibalik harganya yang mahal.

1. Kaya Akan Kalsium

Ikan asin memiliki segudang kandungan kalsium yang tinggi, tak terkecuali Ikan Jambal Roti ini. Manfaat dari mengonsumsi makanan kaya akan kalsium ternyata dapat meringankan penderita sakit sendi dan memperbaiki tulang rawan.

2. Tinggi Protein

Protein sangatlah berperan dalam membantu pertumbuhan tubuh. Ikan Jambal Roti ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi tentunya akan sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh terutamanya untuk anak-anak yang sangat butuh mendapatkan asupan yang mengandung protein.

3. Mengandung Lemak Tak Jenuh

Dipercaya bahwa Ikan Jambal Roti ini dapat mengobati penyakit stroke, jantung dan kolesterol karena selain kandungan proteinnya yang lumayan tinggi, ikan ini tidak menimbulkan kelebihan kolesterol jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Diketahui bahwa ikan ini mengandung lemak tak jenuh yang lebih tinggi ketimbang lemak jenuhnya, sehingga aman untuk penderita kolesterol.

4. Mengandung Fosfor

Ikan Jambal Roti ternyata memiliki kandungan fosfor. Makro mineral satu ini memiliki peranan yang cukup banyak bagi tubuh.

Kandungan fosfor yang cukup tinggi pada produk olahan ini sangat membantu dalam memperkuat otot, memperkuat gigi dan membantu dalam menggerakan fungsi saraf dengan baik.

5. Kaya Vitamin D

Ikan Jambal Roti memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Diketahui ikan ini juga mengandung vitamin D didalamnya. Kandungan vitamin D ini berperan untuk memenuhi kesehatan tulang.

Kebutuhan kalsium dalam tubuh bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi Ikan Jambal Roti yang kaya akan vitamin D ini ya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini