15 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Bogor

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Bogor
info gambar utama

Kota Bogor tak kalah dengan wisata daerahnya menarik banyak orang. Apalagi Sebagian besar Kota Hujan ini merupakan dataran tinggi atau perbukitan jadi sangat cocok untuk berwisata karena hawanya yang sejuk. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Bogor, bahkan belum afdol jika ke Kota Bogor tapi belum kesana.

15 Tempat Wisata Bogor untuk Jalan-Jalan Liburan

Dikenal dengan julukan kota Hujan, tak heran jika Kota Bogor memiliki tempat di hati banyak orang. Terletak di Provinsi Jawa Barat, Kota Bogor merupakan penyangga dari ibu kota dimana jarak antara Kota Bogor dan DKI Jakarta kurang lebih 60 km dan Kota Bogor dengan Kota Bandung memiliki jarak sekitar 120km.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Kota Bogor yang bisa dijadikan referensi.

1. Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor

Foto: Cep Budhi Darma/Wikimedia Commons

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kota Bogor. Merupakan botani yang memiliki puluhan ribu jenis koleksi tanaman atau pohon menciptakan suasana yang asri, dan sejuk. Kebun Raya Bogor memiliki wilayah yang sangat luas, banyak fasilitas yang disuguhkan untuk berkeliling dengan menyewa sepeda, scooter , golf cart, shuttle bus.

Biaya tiket masuk tidak sampai 30 ribu rupiah per orang sudah bisa menikmati banyak tempat atau spot menarik yang disuguhkan di Kebun Raya Bogor seperti taman Meksiko, Taman Akuatik, kolam Teratai, bahkan Rafflesia Arnoldii.

2.Taman Safari Bogor

Taman safari prigen bogor

Badak putih di Taman Safari Bogor Foto: Farrel Nandito/Wikimedia Commons

Taman Safari Bogor sangat cocok untuk keluarga terutama anak-anak yang ingin berwisata edukasi mengenal dan melihat lebih dekat satwa di alam bebas. Harga tiket masuk domestik yang harus dibayar saat weekday sebesar 230 ribu rupiah, weekend dan hari libur sebesar 250 ribu rupiah. Untuk berkeliling Taman Safari dapat menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan. Selain binatang, di Taman Safari juga menyuguhkan pertunjukan dan banyak wahana permainan baik yang gratis maupun berbayar.

3. Gunung Mas Puncak Cisarua

Gunung Mas PUncak cisarua

Foto: Jonathan/Wikimedia Commons

Gunung Mas Puncak Cisarua merupakan wisata pegunungan yang menyuguhkan alam dengan latar perkebunan. Sangat cocok bagi yang ingin melepas penat karena padatnya pekerjaan atau kegiatan sehari-hari dan membutuhkan refreshing. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Gunung Mas Puncak Cisarua seperti keliling kebun teh, berkuda, berenang, hunting foto dll.

4. The Jungle Waterpark

Hiburan cocok bagi anak-anak yang suka bermain wahana air. Banyak sekali wahana yang pasti membuat anak-anak betah bermain di air seperti kiddy pool, kolam ombak, kolam arus, seluncuran dll. Disediakan pula fasilitas tempat sewa ban dan loker penyimpanan. Untuk masuk tiket akan dikenai biaya 65ribu rupiah, dan untuk yang memiliki tinggi dibawah 80cm tidak dikenai biaya tiket masuk.

5. JungleLand Adventure Theme Park

Taman hiburan yang berada di Kawasan Sentul Nirwana menyuguhkan 12 wahana yang menyenangkan seperti bianglala, ship adventure, wave swinger, Texan Train dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya sendiri akan dikenai biaya 165 ribu rupiah. Akses menuju fasilitas umum seperti toilet, mushola juga dipermudah dengan banyaknya petunjuk jalan.

6.Curug Bidadari Sentul Paradise

curug bidadari sentul

Foto: Anjar Wisnubroto/Flickr

Bagi yang menyukai trekking, Curug Bidadari bisa jadi solusi meskipun butuh perjuangan namun medannya tidak terlalu susah. Ketika sampai di Curug, lelahpun pasti terbayar ketika melihat air terjun dan suasana yang sejuk. Biaya retribusi Curug Bidadari dikenai harga 25 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per orangnya.

7.Air Terjun Curug Nangka

curug nangka bogor

Foto: Wahyo Riyanto/Flickr

Air Terjun Curug Nangka merupakan objek wisata yang letaknya ada di kaki Gunung Salak. Biaya tiket masuk 35 ribu rupiah, Dijamin tidak akan menyesal menghabiskan waktu di Curug Nangka. Karena letaknya berada di hutan jadi tidak kaget jika pengunjung mudah berjumpa dengan monyet. Air curug juga fresh, bersih dan dingin, selain itu juga disediakan tempat camp bagi yang ingin camping.

8.Curug Cibaliung

curug cibaliung

Foto: Rofi Ramli/GoogleMaps

Lokasi yang cukup susah dijangkau dan trekking yang membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Namun Curug Cibaliung mampu membuat pengunjungnya terpesona karena pemandangan alamnya yang indah, asri dan hawa yang sejuk. Saat musim panas titik muara air akan berwarna kehijauan. Untuk menikmati keindahan Curug Cibaliung cukup merogoh kocek kurang lebih 20 ribu rupiah.

9. De Voyage

DE VOYAGE BOGOR

Foto: De Voyage

Tak perlu keliling dunia, cukup membayar tiket sebesar 30 ribu - 40 ribu rupiah ke Devoyage. Dalam satu tempat pengunjung dapat merasakan sensasi berwisata di luar negeri layaknya di Eropa. Banyak hal menarik yang bisa ditemui di De Voyage, lebih dari 150 spot foto yang instagramable bisa dijadikan background foto. Mulai dari Kincir Angin Belanda, Gondola Venesia, Menara Eiffel sampai Restoran ala Eropa juga ada.

10.Bogor Mini Zoo

bogor mini zoo

Foto: satunity.id/Wikimedia Commons

Destinasi wisata edukasi yang mengenal lebih dekat antara pengunjung dengan beberapa jenis satwa di kebun binatang mini. Cukup membayar tiket masuk 25 ribu rupiah per orang, Bogor mini zoo ini bisa jadi tempat wisata yang cocok untuk liburan Bersama anak-anak. Dikarenakan mengusung konsep mini zoo, koleksi binatang juga tidak banyak. Namun cukup untuk pengenalan dan interaksi anak-anak kepada satwa.

11.Bukit Gajah Camping Ground

Menyajikan pemandangan alam Bogor yang Indah, Bukit Gajah Camping bisa menjadi salah satu referensi bagi yang ingin berkemah. Area camp yang cukup luas dengan view Gunung Salak dan pemandangan kota dari atas. Untuk yang bingung penerangan bisa tarik listrik gratis, fasilitas seperti toilet dan mushola juga ada. Tak harus berkemah, untuk menikmati pemandangan alam di Gajah Camping. Bayarnya juga tidak mahal hanya 5 ribu rupiah saja. Jika ingin bermalam menggunakan tenda per malam dikenai 75 ribu rupiah.

12.Telaga Saat

Menjadi obyek wisata favorit di Kawasan Puncak , pesona Telaga Saat dikelilingi perbukitan asri dan perkebunan teh. Kesan awal saat sampai sudah disambut dengan hawa sejuk. Selain cocok untuk bersantai, banyak spot juga untuk berfoto seperti balon udara, jembatan Gadung. Tiket masuk pos Telaga per orang akan dikenai 10 ribu rupiah saja. Untuk yang ingin berkeliling di Telaga juga bisa menyewa perahu.

13.Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

museum nasional sejarah alam

Foto: Syaiful BS/Tripadvisor

Museum yang mengusung sejarah alam yang ada di Indonesia. Saat berkunjung di museum ini, pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai jenis-jenis ekosistem dan sumber daya hayati di Indonesia.

Baca juga: Belajar Alam Seru di Museum Sejarah Nasional Alam Bogor

Dengan membayar tiket sebesar 15 ribu per orang sangat worth it jika yang didapat juga sebuah pengetahuan. Di dalam Museum akan disuguhkan macam diorama, awetan, alat-alat yang digunakan oleh pribumi di beberapa wilayah Indonesia.

14.Taman Buah Mekar Sari

Taman buah mekarsari

Foto: Endang Mu'min/Flickr

Banyak orang pasti sudah tidak asing dengan tempat ini, karena stiker di mobil banyak orang. Piknik agrowisata dengan menikmati hasil kebun dari petik buah secara langsung. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti naik flying fox, sepeda air dll. Tempat ini cocok untuk rekreasi semua kalangan, apalagi untuk anak-anak yang merupakan sarana edukasi yang mendidik. Harga tiket masuk akan dikenai biaya sebesar 35 ribu - 70 ribu rupiah per orang.

15.Ranggon Hills

Berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Ranggon Hills menyuguhkan pemandangan indah dengan bermacam-macam wahana untuk foto seperti sarang burung. Pengunjung juga akan merasakan hawa udara yang sejuk karena keasrian hutan sekitar yang masih terjaga. Tiket masuknya juga tergolong murah, hanya 10 ribu rupiah saja belum termasuk tiap spot foto.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini