GNFI Kembali Ajak Kawan Berkisah Kabar Baik Tentang Indonesia

GNFI Kembali Ajak Kawan Berkisah Kabar Baik Tentang Indonesia
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Indonesia mulai memasuki masa pasca pandemi. Jika sebelumnya masyarakat penuh cemas akan ketidakpastian, kini sudah saatnya kembali bangkit untuk pulih bersama. Rindu akan semangat antusiasme tinggi dari Kawan, Good News From Indonesia (GNFI) sebagai media daring kembali membuka kesempatan bagi para anak bangsa untuk menyalurkan karya tulisan di situs goodnewsfromindonesia.id.

Menyemarakkan kabar bahagia tersebut, GNFI melalui Writing Challenge yang mengusung tema utama “Kabar Baik dari Daerahku” mengajak seluruh pembaca setianya untuk ikut dalam misi berkisah kabar baik tentang Indonesia yang penuh semangat optimisme. Ada sub-tema Local Heroes, Sosial Budaya, Kuliner, Wisata, atau Lingkungan, yang bisa Kawan pilih. Harapannya, program ini turut menggaungkan informasi positif dan menginspirasi sekitar.

Kapan Periode Kompetisinya?

Pendaftaran dan Pengumpulan Karya: 10 November - 12 Desember

Kurasi: 13 - 18 Desember

Penjurian: 19 - 21 Desember

Pengumuman Pemenang: 22 Desember

Apa Hadiahnya?

Juara 1 - Rp1.500.000 + Merchandise GNFI

Juara 2 - Rp1.000.000 + Merchandise GNFI

Juara 3 - Rp750.000 + Merchandise GNFI

Merchandise untuk 10 tulisan pilihan

Free akses GNFI Academy untuk 100 pengirim pertama

Program ini terbuka untuk warga negara Indonesia dengan semua usia. Kawan hanya perlu mengikuti (follow) akun Instagram @gnfi dan @goodsideid. Lalu, bergabung ke grup telegram Kawan GNFI (t.me/KawanGNFI). Kawan memiliki 3 kali kesempatan untuk mengirimkan karya tulisan dengan judul berbeda. Pastinya, semua gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

Kalau sudah memenuhi semua persyaratan, Kawan bisa segera membuat akun atau mengirimkan tulisan jika telah memiliki akun di situs GNFI (goodnewsfromindonesia.id/register). Masih bingung dengan pedomannya? Tenang, Kawan bisa membacanya terlebih dahulu di goodnewsfromindonesia.id/page/menulis-gnfi.

Setelah mengirimkan tulisan sesuai dengan tema, Kawan bisa segera mengisi pendaftaran melalui bit.ly/WCKawanGNFI-1. Pastikan Kawan mengunggah tangkapan layar tulisan (screenshot) yang sudah di-submit (judul harus jelas terbaca). Dengan mengirimkan karya tulisan, berarti sudah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.

Nah, ada beberapa ketentuan penulisan yang harus Kawan perhatikan agar tulisanmu bisa lolos. Apa saja, ya?

  1. Submit di situs GNFI dengan akunmu sendiri
  2. Tulisan minimal 500 kata, maksimal 1000 kata
  3. Artikel yang ditulis menggunakan kaidah bahasa yang berlaku, yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
  4. Tulisan tidak mengandung unsur komersial, SARA, kebohongan, pornografi, ujaran kebencian, dan hal negatif lainnya yang berpotensi pelanggaran hukum
  5. Pastikan aman dari Hak Cipta dan HAKI
  6. Karya belum pernah diterbitkan di media manapun dan bukan plagiarisme
  7. Foto HD atau original 1000pxl dicantumkan di headline dan minimal 1 foto di dalam isi tulisan, gunakan gambar dokumentasi pribadi atau mengambil dari sumber tanpa watermark. Disarankan menggunakan website penyedia gambar non berbayar
  8. Pemuatan gambar di badan artikel maupun gambar utama dari tautan pihak ketiga wajib mencantumkan kapsi dan sumber (seperti nama fotografer). Contoh: Wisata Bahari | Foto: IBe/sohib.indonesiabaik.id
  9. Cantumkan sumber tulisan yang valid dan terpercaya apabila merujuk pada referensi tertentu dengan menyisipkan backlink pada tulisan yang dikutip, contohnya:Menurut Alodokter, kesehatan mental penting untuk diperhatikan bersama
  10. Gunakan tagar #WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia pada awal tulisan sebelum paragraf pertama
  11. Peserta diberi kesempatan 3 kali submit tulisan dengan judul berbeda
  12. Tulisan yang lolos ke tahap berikutnya akan berstatus published. Jika tidak lolos, akan diberikan ulasan oleh Community Editor.

Seluruh pemenang kompetisi akan menerima e-sertifikat pemenang dan seluruh peserta kompetisi akan menerima e-sertifikat peserta yang akan dikirimkan melalui email. Pertanyaan dan kendala mengenai Writing Challenge Kawan GNFI, bisa menghubungi Whatsapp +62 812-8620-8589 (GoodMin).

Mari, kita tularkan semangat positif ke seluruh elemen bangsa. Kalau bukan Kawan yang mengabarkannya, siapa lagi? Kami tunggu tulisan terbaikmu, ya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini