Menjelajah Tjong A Fie Mansion: Akulturasi Arsitektur Tiongkok-Indonesia

Menjelajah Tjong A Fie Mansion: Akulturasi Arsitektur Tiongkok-Indonesia
info gambar utama

Tjong A Fie Mansion merupakan salah satu rumah tua bersejarah yang berada di Medan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani no 105 di Kesawan, Medan, Sumatera Utara. Dahulunya, rumah ini ditempati oleh saudagar kenamaan Tjong A Fie (1860-1921) perantau dari Provinsi Guangdong yang membangun bisnisnya di Medan.

Di sinilah ia mengenal banyak orang-orang besar, mulai dari pemerintah kerajaan hingga pemerintah Kolonial Belanda. Nah, pada zaman inilah ia diangkat menjadi pemimpin etnis Tionghoa di Indonesia. Dan kini, Tjong A Fie Mansion menjadi salah satu objek wisata yang berada di Medan selain Istana Maimun yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Baca juga: Berkunjung ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Destinasi Wisata Unik di Medan

Kapan Tjong A Fie Mansion Dibangun?

Rumah bersejarah Tjong A Fie Mansion, dibangun di atas lahan yang berukuran 8000 meter persegi. Menurut situs resmi nya yaitu tjongafiemansion.org, bangunan ini sudah ada sejak tahun 1900 masehi yaitu pada tahun 1895 dan pemerintah Medan menetapkan rumah ini menjadi bangunan bersejarah dan cagar budaya pada tahun 2014.

Untuk menjelajah tempat ini, Anda akan dikenakan biaya Rp35.000 yang dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. Bangunan bersejarah yang dibangun dengan kombinasi arsitektur Cina, Eropa, dan Melayu ini memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri dari bangunan bersejarah lainnya.

Sisi Menarik Tjong A Fie Mansion

Lukisan dinding Tjong A Fie @ tjongafiemansion.org
info gambar

Tentu banyak alasan mengapa Tjong A Fie Mansion menjadi salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi jika Anda berkunjung ke Medan. Selain ingin tahu sejarah tentang bangunan ini, ada beberapa sisi menarik dari rumah bersejarah ini yang harus diketahui di antaranya:

1. Bangunan tua yang masih berdiri kokoh

Tjong A Fie Mansion termasuk bangunan rumah besar yang sangat megah dan mewah, berdiri kokoh yang terdiri dari dua lantai dan memiliki arsitek kuno yang sangat unik. Meski usia bangunan ini sudah lebih dari satu abad, banguna ini masih tetap terjaga dan berdiri kokoh sebagai rumah yang mewah hingga saat ini.

2. Dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2009

Bangunan bersejarah ini dibuka sebagai tempat wisata edukasi sejak tahun 2009, hingga pada tahun 2014 tempat ini diresmikan menjadi objek wisata oleh pemerintah Medan. Tjong A Fie Mansion ini akan memberikan Anda pengetahuan mengenai sejarah Tjong A Fie hidup yang merantau di Medan yang awalnya bekerja serabutan hingga menjadi saudagar kaya di Indonesia serta ia juga banyak dikenal oleh tokoh-tokoh penting.

3. Memiliki desain yang unik dan klasik

Mengambil unsur perpaduan antara nuansa Cina dan Melayu, arsitektur bangunan bersejarah ini terlihat unik dan menarik. Dalam websitenya tjongafiemansion.org menjelaskan bahwa, Tjong A Fie Mansion merupakan bangunan yang memiliki 35 kamar ini dibangun dengan prinsip feng shui. Hal ini terlihat dari penempatan kamar-kamar yang terletak di empat sisi bangunan dan mengelilingi halaman udara terbuka yang cukup besar yang berada tepat di tengahnya.

4. Memiliki interior yang Instagramable

Keaslian dari bangunan bersejarah Tjong A Fie Mansion ini masih terjaga dengan baik dan bersih, ini terlihat dari laintainya yang terbuat dari ubin Vanesia dan desain interior rumah yang sangat unik dengan koleksi-koleksi perabotan tradisional yang tertata cantik.

Anda tentu dapat mengabadikan foto-foto di rumah ini, selain itu banyak foto-foto yang terpampang rapi dari semua kegiatan yang dilakukan Tjong A Fie semasa hidupnya. Tak lupa pula, ada foto keluarga hingga upacara pernikahan anggota keluarga. Selain itu, ada juga ruangan khusus untuk menyimpan koleksi buku-bukunya

Jangan lupa baca: Rekomendasi 15 Tempat Wisata Medan Paling Hits di 2022

5. Menjadi ikon bersejarah Kota Medan

Sejak diresmikan menjadi cagar budaya Kota Medan, Tjong A Fie Mansion ini merupakan tujuan utama bagi Anda untuk berwisata jika berkunjung ke Kota Medan. Menurut situs resminya, bangunan ini ditangani oleh keturunan Tjong A Fie yaitu Bapak Fon Prawira dan merupakan contoh atas keberagaman budaya yang merangkai kota Medan.

Baca juga: The Le Hu Garden, Wisata Taman Kekinian untuk Melepas Lelah

Bagaimana? Ingin berkunjung untuk menikmati bangunan bersejarah Tjong A Fie Mansion? Jangan lupa ceritakan pengalaman Anda ya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini