7 Motif Batik Jawa Barat yang Sarat Makna Simbolis

7 Motif Batik Jawa Barat yang Sarat Makna Simbolis
info gambar utama

Jawa Barat memiliki warisan budaya yaitu batik yang sangat memukau dan memesona. Motif batik Jawa Barat memiliki karakter dan ciri khas tersendiri yaitu didominasi oleh motif flora dan fauna dengan warna yang lebih cerah dan beragam.

Bagi Anda yang belum mengetahui motif batik khas Jawa Barat, simak ulasan berikut hingga selesai dan siap-siap dibuat kagum oleh pesonanya!

7 Motif Batik Jawa Barat dan Filosofinya

Motif batik Jawa Barat sangat dipengaruhi oleh budaya dan keadaan alam dari daerah batik tersebut berasal. Motif batik Jawa Barat juga memiliki makna atau filosofi yang mendalam. Untuk itu, berikut kami persembahkan 7 motif batik Jawa Barat dan filosofi yang terkandung di dalamnya.

1. Motif Mega Mendung (Cirebon)

Membahas motif batik Jawa Barat tanpa memasukkan Mega Mendung ke dalam list, rasanya seperti ada yang kurang. Motif Mega Mendung memang cocok untuk berada di urutan pertama pada list motif batik Jawa Barat karena sangat populer di kalangan masyarakat.

Motif batik asal kota udang Cirebon ini memang sangat khas dan mudah dikenali dengan awannya yang berderet dan warna birunya yang begitu elegan.

Motif batik jawa barat cirebon dan maknanya

Motif Mega Mendung memiliki makna mendalam yaitu bahwa selayaknya manusia mampu menahan amarah dalam keadaan apa pun serta harus bersikap bijak seperti awan mendung yang bisa menyejukkan suasana.

2. Motif Singa Barong (Cirebon)

Masih dari Kota Cirebon, selain Mega Mendung, terdapat juga motif lainnya yang tak kalah populer yaitu Singa Barong.

Singa barong merupakan hewan mitologi yang dipercaya oleh masyarakat Jawa dan Bali. Singa barong sendiri merupakan perwujudan dari 4 hewan yaitu macan, naga, garuda, dan gajah.

Perwujudan 4 hewan dalam motif singa barong melambangkan ketangguhan dan keperkasaan sehingga diharapkan akan memberikan kekuatan secara fisik dan jiwa bagi mereka yang mengenakan batik ini.

3. Motif Merak Ngibing (Garut dan Tasikmalaya)

Motif batik Jawa Barat lainnya yang cukup terkenal adalah motif Merak Ngibing yang populer Garut dan Tasikmalaya. Motif ini memiliki ciri khas coraknya yang indah berupa burung merak yang disusun dalam pola geometri.

Motif Merak Ngibing atau yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “merak yang menari” ini melambangkan keanggunan dan keindahan dari burung merak yang diharapkan hadir dalam diri pengguna batik ini.

4. Motif Galuh Pakuan (Ciamis)

Motif batik Jawa Barat yang populer dan sangat khas selanjutnya datang dari Ciamis. Motif yang disebut Galuh Pakuan ini terinspirasi dari Kerajaan Galuh atau yang lebih dikenal sebagai Kerajaan Pajajaran.

Batik Galuh Pakuan sangat memiliki corak berupa gagang keris yang merupakan senjata yang sering digunakan oleh Raja Galuh pada zaman dahulu.

Batik Galuh Pakuan memiliki ciri khas warna yang kental dengan corak minimalis yang menggambarkan kesederhanaan masyarakat Pajajaran.

5. Motif Beasan (Cianjur)

motif batik jawa barat dan arti maknanya

Motif Beasan dari Cianjur yang terinspirasi dari tanaman padi. Foto: Rumahukm.com

Cianjur dikenal sebagai penghasil beras yang unggul dan berkualitas di Indonesia. Dengan kondisi alamnya yang didominasi dengan lahan pertanian, hal ini pun berpengaruh pada motif batik Cianjur.

Salah satu motif batik Cianjur yang paling terkenal adalah motif Beasan yang terinspirasi dari tanaman padi sebagai salah satu komoditas tanaman terbesar di Cianjur.

6. Motif Ganasan (Subang)

Bila Cianjur terkenal dengan berasnya, maka Subang unggul dengan buah nanasnya yang disebut nanas Si Madu. Buah yang menjadi ikon dari Kota Subang ini juga menjadi inspirasi dari batik yang disebut dengan motif Ganasan.Motif Ganasan memiliki corak buah nanas yang mana mengambil inspirasi dari buah nanas yang menjadi buah tunggal pada pohon dengan banyak cabang yang memiliki makna walaupun terdapat perbedaan agama, bahasa, dan budaya di Kabupaten Subang namun tetap rukun dalam kesatuan dengan tujuan yang sama.

7. Motif Kujang Kijang (Bogor)

batik jawa barat dan artinya_motif kujang bogor

Batik kujang kijang Bogor Foto: Bogor Istimewa/Flickr

Motif batik Jawa Barat yang terakhir dalam daftar ini adalah motif Kujang Kijang yang berasal dari Kota Bogor. Motif Kujang Kijang terinspirasi dari kujang yang merupakan senjata khas Suku Sunda dan kijang yang merupakan hewan kesayangan masyarakat Bogor.

Motif Kujang Kijang juga memiliki makna filosofis tersendiri yaitu bagian ujung kujang yang lancip dan tanduk kijang yang menghadap ke luar menggambarkan keamanan dan memberikan perlindungan dari segala penjuru.

Baca juga: 5 Motif Batik Jawa Timur beserta Filosofinya

Bagaimana? Bisa dilihat bahwa Motif batik Jawa Barat sangat beragam dan menonjolkan keunggulan dan ciri khas dari masing-masing wilayah. Demikian informasi mengenai motif batik Jawa Barat beserta filosofi yang terkandung di dalamnya. Semoga menambah khazanah Anda akan ragam batik di Indonesia dan sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini