Serumpun Melayu Ke-5 Kembali Digelar, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Serumpun Melayu Ke-5 Kembali Digelar, Jadi Daya Tarik Wisatawan
info gambar utama

Serumpun Melayu yang Ke-5 Kembali Digelar Jadi Daya Tarik Wisatawan

Ahoi! Halo masyarakat Medan. Kali ini salah satu acara tahunan Medan kembali digelar yaitu Gelar Melayu Serumpun (GEMES). Acara ini rutin digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2016. Tahun ini kembali digelarnya acara GEMES yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober-3 November di Istana Maimun. Acara ini telah resmi ditetapkan oleh Kementerian dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sebagai Kharisma Event Nusantara 2022.

Gelar Melayu Merumpun (GEMES) merupakan ajang publikasi untuk memperkenalkan warisan budaya sebagai atraksi dan daya tarik wisata. Mengingat kebudayaan melayu sebagai etnis asli Kota Medan yang memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak hanya itu kegiatan ini mempertemukan seni budaya untuk meningkatkan kunjungan wisata lokal maupun mancanegara sekaligus edukasi dan eksplorasi bagi para generasi muda untuk mengetahui lebih jauh keberagaman seni budaya melayu sebagai kearifan lokal dan destinasi budaya.

GEMES 2022 | Foto: Medan Tourism Pemko Medan
info gambar

Pagelaran seni budaya melayu nasional dan internasional ini diikuti oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Thailand. Tidak ketinggalan 10 provinsi di Indonesia juga turut memeriahkan yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali. Sungguh pertunjukan seni budaya yang spektakuler. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan band ternama Indonesia yaitu D’MASIV.

Gelar Melayu Serumpun (GEMES) sukses dilaksanakan selama 4 hari 3 malam dengan pertunjukan seni budaya yang berbeda-beda setiap hari nya. Mulai dari tari kolosal dengan 100 penari melayu, kemudian pagelaran kesenian manca negara, pagelaran kesenian provinsi nusantara, dan pagelaran tim kesenian kabupaten atau kota Sumatera Utara. Tak hanya itu di pelataran Istana Maimun juga terdapat bazar kuliner dan bazar produk UKM. Nah masyarakat atau pun turis yang berkunjung bisa nih untuk membeli makanan khas Medan dan juga produk-produk khas Medan.

Walaupun diiringi hujan setiap malamnya, namun tak menyurutkan antusias masyarakat Medan untuk memeriahkan acara ini. Para penari pun profesional melenggokkan tubuhnya senada dengan irama melayu. Acara ini sukses menarik perhatian Masyarakat Kota Medan mulai dari pembukaan acara yang dihadiri oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Tak hanya itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,Sandiaga Salahuddin Uno juga turut hadir dalam memeriahkan acara pembukaan gelar melayu serumpun ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyampaikan apresiasinya yang terdapat pada salah satu unggahan video di akun @pariwisatakotamedan, “Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kota Medan atas terselenggaranya Gelar Melayu Serumpun Ke-5, saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta memeriahkan event tahunan ini dalam rangka memajukan dan melestarikan kearifan lokal dan seni budaya melayu di Kota Medan. Dengan keikutsertaan provinsi lain di Indonesia serta negara serumpun di Asia Tenggara. Semoga event ini kembali membangkitkan potensi dan mempromosikan seni budaya. Serta terus menjaga semangat sinergi kolaborasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan”, Ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

Tak disangka acara ini pun mengundang komika terkenal Babe Cabita dan Wanda Wandow yang sangat menghibur serta mencuri perhatian masyarakat Medan yang berkunjung di malam terakhir acara ini terselenggrakan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini