Menikmati Stadion Benteng Tangerang yang Terlahir Kembali

Menikmati Stadion Benteng Tangerang yang Terlahir Kembali
info gambar utama

Masyarakat kota Tangerang boleh bersenang hati. Mereka dapat menggunakan Stadion Benteng untuk berbagai kegiatan dan aktivitas.

Stadion Benteng adalah salah satu stadion legendaris di Indonesia. Stadion tersebut adalah bagian dari sejarah dan lika-liku persepakbolaan Indonesia

Stadion yang terletak di kawasan Sukaasih itu dulunya dikenal sebagai markas dari dua klub sepak bola Tangerang yang namanya tersohor di seluruh Indonesia, Persita dan Persikota. Kedua klub menggunakan Stadion Benteng sebagai kandangnya setidaknya hingga sekitar tahun 2012.

Stadion Benteng sempat tak terawat saat tidak ditempati Persita dan pamor Persikota sedang meredup. Namun, tahun ini Stadion Benteng telah menunjukkan wajah barunya yang lebih segar dan kinclong.

Pemerintah melakukan renovasi yang cukup besar terhadap Stadion Benteng. Kini, masyarakat sudah bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan. Sebutan namanya pun sedikit berubah menjadi Stadion Benteng Reborn.

Seperti dulu, masyarakat Tangerang akan punya kesempatan untuk secara rutin menonton langsung klub sepak bola kesayangannya beraksi lagi. Apalagi, Persikota sudah bertanding di sana sejak kompetisi Liga 3 Nasional musim lalu kendati saat itu pertandingan masih digelar tertutup tanpa penonton.

Namun masyarakat juga tak perlu menunggu ada pertandingan sepak bola untuk bisa menikmati fasilitas Stadion Benteng. Pemkot Tangerang membuka stadion seluas-luasnya kepada masyarakat untuk digunakan.

"Bila dulu terkesan eksklusif karena masyarakat hanya bisa menikmati stadion saat ada pertandingan sepak bola saja. Sekarang, kapanpun masyarakat bisa menikmati dan memanfaatkan Stadion Benteng dengan berolahraga atau mengikuti event-event yang ada di stadion," kata Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah seperti dilansir Antara.

"Mohon dijaga dan dirawat stadionnya. Karena Stadion Benteng ini merupakan kebanggaan dan bagian sejarah dari Kota Tangerang," lanjutnya.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Renovasi besar

Adalah wajib bagi masyarakat Tangerang untuk selalu menjaga dan merawat Stadion Benteng. Sebab, biaya renovasi stadion diambil dari kas daerah yang nominalnya tentu tak sedikit.

Proyek renovasi Stadion Benteng menelan biaya Rp 31 miliar. Hal itu pernah disampaikan sendiri oleh Arief Wismansyah pada 4 Februari 2022 lalu saat acara peresmian stadion dilaksanakan.

"Tadi, Pak Tatang (Kepala Dinas Perumahan, Pertanahan, dan Permukiman Kota Tangerang) bilang (biaya renovasi) Rp 31 miliar," ujar Arief, sebagaimana diwartakan Kompas.com.

Dana tersebut digunakan untuk memoles sejumlah fasilitas stadion. Di antaranya yakni lapangan, trek atletik, dan ruang ganti pemain.

"Alhamdulillah sudah siap semua, dari lapangan rapi, fasilitas ruangan buat pemain, ruang ganti dan sebagainya," lanjut Arief dalam acara peresmian yang lalu.

Kisah Mesra Indonesia-Rusia: Berawal dari Ideologi hingga Bangun Stadion GBK

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini