Gunung Batur, Gunung Berapi di Bali dengan Panoramanya yang Indah

Gunung Batur, Gunung Berapi di Bali dengan Panoramanya yang Indah
info gambar utama

Pulau Dewata terkenal akan destinasi paling populer yang menjadi tujuan saat liburan telah tiba. Berpetualang menjelajah ke tiap sudut Bali rasanya tak akan cukup, karena keindahan yang ditawarkan tak akan pernah ada habisnya. Bukan hanya pantai saja yang bisa dinikmati di Pulau ini, tetapi juga gunungnya.

Gunung Batur, Gunung Aktif nan Indah di Bali

Siapa sih yang tak kenal dengan Gunung Batur? Sebuah gunung yang terkenal akan pesonanya yang menawan menjadi daya tarik utamanya. Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif dan memiliki kaldera di Bali.

Salah satu objek wisata gunung berapi terpopuler ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Gunung Batur memiliki keistimewaan bagi masyarakat Bali, karena dianggap sebagai lingga buana yang memiliki arti penting dalam kehidupan religi masyarakat Bali. Selain itu gunung Batur dianggap sebagai perwujudan Pradhana (perempuan), dimana perwujudan Pradhana tidak bisa dipisah oleh Purusha (laki-laki) pada Gunung Agung. Keduanya bersinergi untuk melahirkan kesuburan dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Gunung Batur Bali, Daya tarik gunung berapi purba indah dengan danau kawah kalderanya yang menawan

Gunung Batur termasuk gunung purba dengan kalderanya yang sangat luas serta pemandangan danaunya yang menawan. Titik tertinggi kaldera gunung ini sekitar 2.152 mdpl dengan kalderanya yang begitu luas dengan panjang 13.8 km dan lebar 10 km.

Di salah satu kaldera terdapat kawasan yang terkenal akan destinasi wisatanya yaitu dikenal dengan nama Kintamani Bangli. Disini merupakan spot wisata menarik, karena dapat menikmati panorama dua gunung di Bali sekaligus yaitu Gunung Agung dan Gunung Batur ini.

Spot Wisata Menarik di Gunung Batur

Panoramanya yang menawan menjadikan gunung ini menjadi salah satu lokasi pendakian. Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan disana, didukung dengan spot-spot yang menjadi daya tariknya, seperti Danau Batur, kawasan geopark, hiking hingga kulineran.

1. Danau Batur

Gunung Batur Bali, Daya tarik gunung berapi purba indah dan Danau Batur yang menawan

Danau Batur merupakan danau yang sangat terkenal di Bali. Terbentuk secara alami akibat efek dari letusan maha dahsyat dari gunung ini. Bentuknya yang menyerupai bulan sabit membuat danau ini semakin unik.

Kawasan wisata danau ini sungguh memberikan pemandangan yang sangat eksotis. Para wisatawan akan dibuat takjub dengan airnya yang dapat berubah warna menyesuaikan kadar belerang di dasar danau dan mampu memantulkan pemandangan gunung yang ada disekitarnya.

Baca juga tentang Danau Batur disini: Wisata Danau Batur Bali, Keindahan di Kaki Gunung Batur

2. Kawasan Geopark

Gunung Batur Bali, Daya tarik gunung berapi purba indah dan Museum Geopark

Apabila kamu tertarik dengan sejarah mengenai kegunungapian, kamu dapat mengunjungi kawasan wisata geopark yang ada di gunung ini. Bekat keunikan sejarah seperti nilai budaya dan ekologinya, gunung ini terdaftar sebagai kawasan geopark pertama di Indonesia pada tahun 2012 lalu.

3. Hiking

Gunung Batur Bali, Daya tarik gunung berapi purba indah dengan danau kawah kalderanya yang menawan yang bisa dinikmati dengan hikking dan trekking

Sebuah kegiatan asyik yang wajib dilakukan bagi pecinta alam apalagi kalau bukan hiking. Gunung yang terkenal sebagai salah satu lokasi pendakian ini memiliki daya tarik akan keindahan pemandangan matahari terbit di puncaknya.

Pemandangan layaknya lukisan alam yang menghadap ke kaldera yang super megah ditambah matahari terbit akan membuat takjub bagi siapa yang menikmatinya. Jangan lupa abadikan moment ini di kameramu.

Fasilitas dan Rute Lokasi Gunung Batur

Fasilitas dan Rute Lokasi Gunung Batur Bali, Gunung berapi purba indah dengan kawah kalderanya yang menawan

Tempat wisata yang menjadi tempat pendakian favorit ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang membuat pengunjung nyaman seperti area parkirnya yang cukup luas, tempat peristirahatan atau penginapan hingga warung makan.

Rata-rata tempat makan disini menjual view gunung dan juga danau Batur sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Batur dari dataran tinggi sambil menikmati sarapan ataupun santapan makan siang.

Rute yang dilewati untuk tiba di lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Salah satu rute dari arah Kota Denpasar, dimulai menuju ke Ubud hingga ke Jalan Raya Pangan kemudian dilanjutkan ke kawasan KIntamani menuju Desa Batur Selatan dan juga wisata gunung ini beroperasi setiap hari 24 jam.

Baca Juga: Menikmati Kesunyian Dan Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali

Harga Tiket Masuk ke Gunung Batur

Harga tiket masuk dan jam operasional Gunung Batur Bali, Gunung berapi purba indah dengan kawah kalderanya yang menawan

Mengunjungi Gunung Batur tak perlu merogoh kocek tinggi. Hanya dengan Rp 15.000 saja untuk tiket masuk wisatawan domestik sedangkan wisatawan asing harus merogoh kocek sebesar Rp 30.000, sehingga sangat cukup terjangkau bagi kamu yang ingin berkunjung kesini.

Namun apabila ingin lanjut menjelajah ke tempat lainnya yang masih kawasan dengan gunung ini, maka harus menyiapkan tambahan biaya untuk perjalanan terusan ini. Apabila ingin melakukan pendakian maka tarif yang dikenakan sebesar Rp 75.000. Disarankan untuk datang saat weekdays karena tiket akan mengalami kenaikan disaat weekend atau libur sekolah.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Gunung Batur ini? Dan jangan lupa tetap jaga kebersihan lingkungannya ya kawan!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini