5 Makanan Khas Jambi Bercita Rasa Manis

5 Makanan Khas Jambi Bercita Rasa Manis
info gambar utama

Jambi adalah salah satu diantara tiga provinsi di dengan nama provinsi dan ibukota yang sama selain Gorontalo dan Bengkulu. Sebagaimana provinsi lainnya di Indonesia, Jambi juga punya banyak tempat wisata menarik, serta kuliner khas yang layak dicoba.

Khusus kuliner, Jambi punya sejumlah kuliner khas dengan cita rasa manis. Kamu bisa mencobanya sebagai camilan atau hidangan cuci mulut saat di Jambi nanti. Dari sejumlah kuliner manis itu, 5 diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Kue Padamaran

Makanan ini adalah kue basah khas Jambi berbahan dasar tepung beras. Kue padamaran punya ciri khas berupa warnanya yang hijau, serta dikemas dalam bentuk persegi panjang. Bentuk tersebut tidak lepas dari pemakaian daun pisang yang lazim disebut takir.

Kue padamaran punya tekstur lembut, serta bercita rasa manis dan gurih. Cita rasa tersebut tidak lepas dari pemakaian gula merah dan santan pada kue ini. Selain disantap sebagai camilan sehari-hari, kue padamaran juga sering dijadikan menu takjil di bulan Ramadan.

2. Kue Putri Kandis

Selain kue padamaran, Jambi juga punya kue basah lainnya yang tidak kalah enak, yaitu kue putri kandis. Kue ini punya ciri khas berupa bentuknya yang persegi, serta tampilannya yang memiliki kombinasi warna hijau, coklat, dan kuning.

Berbeda dengan kue basah umumnya, kue putri kandis ini dibuat dengan telur dan gula yang banyak. Biasanya, kue ini disajikan pada acara adat antar belanjo. Bagi yang belum tahu, antar belanjo adalah acara adat warga Jambi yang dihelat sebelum akad nikah. Pada acara tersebut, calon pengantin pria akan membawa berbagai hantaran belanja pada pengantin wanita, dimana salah satunya adalah kue putri kandis.

3. Kue Muso

Dari tampilan luar, kue ini punya bentuk yang mirip dengan pie. Perbedaannya adalah bagian tengahnya yang berwarna hijau, serta pinggirnya yang cenderung kecoklatan. Seperti kue padamaran, kue ini juga sering dijadikan salah satu menu takjil Ramadan. Hal ini wajar mengingat cita rasanya yang begitu manis. Kue muso sendiri terbuat dari tepung terigu, tepung ketan, cokelat bubuk, minyak sayur, air pandang yang sudah dicampur suji, garam halus, santan, dan bahan-bahan lainnya.

4. Bolu Kojo atau Bolu Kemojo

Selain di Jambi, makanan manis ini juga biasa dijumpai di Riau, Palembang, dan Bengkulu. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang mirip dengan bunga kamboja. Bentuk itu tidak lepas dari loyang yang dipakai kue ini. Di beberapa tempat, bolu ini terkadang dibuat dengan bentuk yang serupa dengan kue bolu umumnya.

Masyarakat Jambi sering menyajikan makanan ini pada berbagai acara adat, serta dijadikan menu takjil. Kue ini sangat cocok disantap bersama teh manis hangat, serta cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Rambutan Goreng

Ini adalah kuliner manis khas Jambi yang paling unik. Makanan ini dibuat dari daging rambutan yang dibiarkan beberapa lama sampai kering. Daging rambutan itu lantas dilumuri bumbu berbahan tepung terigu, garam, dan vanili, serta digoreng hingga warnanya kecoklatan. Rambutan goreng punya cita rasa manis seperti kurma. Walaupun tidak memakai pengawet, makanan ini bisa tahan hingga 6 bulan.

Itulah kelima makanan khas Jambi dengan cita rasa manis. Semoga menjadi panduan untuk kawan-kawan yang ingin mencicipi kuliner manis di Jambi!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

Terima kasih telah membaca sampai di sini