5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal
info gambar utama

Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang punya banyak varian kuliner. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat bisa kamu temukan di daerah beribukota Semarang ini. Secara umum, makanan khas Jawa Tengah mempunyai ciri khas berupa cita rasa yang manis, serta penggunaan santan dan bawang putih yang cukup dominan.

Dari sekian banyak makanan khas Jawa Tengah, 5 diantaranya yang terkenal adalah:

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang © detikFood

Jika sedang berada di Semarang, makanan khas ini jangan sampai kamu lewatkan. Makanan dengan cita rasa gurih ini dibuat dari kulit lumpia berbahan tepung terigu. Kulit tersebut lalu diberi berbagai macam isian, baik itu sayuran, udang, daging ayam, maupun sosis. Supaya cita rasanya makin mantap, kamu bisa menyantap makanan ini dengan selagi panas bersama cabai rawit pedas.

Ada dua jenis lumpia Semarang yang bisa kamu konsumsi di Jawa Tengah, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. Keduanya bisa kamu temukan di berbagai sudut kota Semarang.

Baca juga: Makanan Khas Gorontalo Asli, Wajib Dicoba dan Cocok untuk Semua Lidah

2. Telur Asin Brebes

Telur Asin Brebes © Suara.com

Makanan satu ini bisa kamu temukan di daerah Brebes. Berbeda dengan telur asin umumnya, telur asin Brebes punya kuning telur berwarna pekat bahkan cenderung berwarna jingga, serta putih telur bertekstur lembut dan tidak telalu asin.

Daya tahannya pun kuat, dimana telur asin Brebes bisa bertahan sampai seminggu. Varian rasanya pun kini beragam. Mulai dari rasa original sampai telur asin stroberi. Tidak hanya dikonsumsi langsung, kamu pun juga bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 10 Makanan Khas Jogja yang Istimewa Selain Gudeg

3. Soto Kudus

Soto Kudus © Kompas

Selain penghasil kretek, Kudus juga merupakan penghasil salah satu soto terenak di Jawa Tengah, soto Kudus. Berbeda dengan soto gading yang merupakan makanan khas Solo, soto Kudus ini punya ciri khas berupa penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil, serta isiannya yang berupa daging kerbau. Di beberapa tempat, ada yang menyajikan soto ini dengan menggunakan daging sapi atau daging ayam.

Kuah soto Kudus umumnya berwarna bening, dimana bahan-bahan kuahnya adalah bawah putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri, merica, garam, ketumbar, dan sedikit gula. Salah satu tempat legendaris yang menyajikan soto Kudus adalah Soto Kudus Bu Jatmi. Di sana, soto Kudus disajikan dengan daging kerbau dan memiliki kuah cenderung kekuningan. Rasa sotonya begitu lezat apalagi saat diberi taburan bawang goreng. Seporsi soto Kudus di sana bisa kamu nikmati bersama nasi putih, perkedel, dan sate.

4. Garang Asem

Garang Asem © Doyan Resep

Jika kamu sedang main ke daerah pesisir utara Jawa Tengah, kamu bisa coba makanan khas satu ini. Tidak seperti kebanyakan makanan khas Jawa Tengah, garam asem punya cita rasa yang cenderung pedas dan asam.

Garang asem sendiri dibuat dari ayam dan dicampur oleh berbagai macam bahan dan bumbu, salah satunya belimbing wuluh yang membuat masakan ini punya cita rasa asam. Ayam beserta bahan dan bumbu itu lalu dimasak dengan menggunakan daun pisang. Tidak hanya di pesisir utara Jawa Tengah, kamu juga bisa menemukan makanan ini di Semarang atau daerah perkotaan lainnya. Khusus di Semarang, kamu bisa menyantap makanan ini di Garang Asem Sari Rasa.

Baca juga: 7 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba

5. Getuk Goreng

Getuk goreng © Kompas

Seperti daerah lainnya, Jawa Tengah juga memiliki camilan khas bercita rasa manis, salah satunya getuk goreng. Sesuai namanya, makanan ini adalah getuk yang digoreng dengan minyak panas. Getuk goreng sendiri ditemukan secara tidak sengaja oleh bapak Sanpirngad pada 1918. Saat itu, getuk yang ia jual tidak kunjung laku, sehingga ia mencari cara supaya getuk tersebut bisa dikonsumsi dan dijual kembali. Ia pun kemudian mencoba menggoreng semua getuknya itu dan dijual kembali. Tidak disangka, banyak yang menyukainya dan membuat getuk goreng eksis sampai sekarang.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Makanan satu ini bisa kamu temukan di daerah Sokaraja, Banyumas yang notabene salah satu penghasil getuk terkenal di Jawa Tengah. Di sana, kamu bisa menemukan getuk goreng dalam berbagai varian rasa, mulai dari original sampai durian dan nanas.

Referensi:
https://salsawisata.com/makanan-khas-jawa-tengah/?show_all_content=1
https://jateng.liputan6.com/read/5018412/beda-karakteristik-makanan-khas-jawa-barat-jawa-tengah-dan-jawa-timur-beserta-contohnya
https://dpad.jogjaprov.go.id/coe/article/gurih-dan-nikmatnya-telur-asin-khas-brebes-486#:~:text=Selain%20melewati%20sejarah%20panjang%20dari,asinnya%20pun%20tak%20begitu%20menyengat.
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4573407/5-soto-kudus-legendaris-yang-juara-lezatnya
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto_Kudus
https://id.wikipedia.org/wiki/Garang_asem
https://id.wikipedia.org/wiki/Getuk_goreng

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini