8 Rekomendasi Makanan dan Oleh-Oleh Khas Lampung

8 Rekomendasi Makanan dan Oleh-Oleh Khas Lampung
info gambar utama

Lampung menyimpan banyak makanan khas yang layak untuk dicoba. Kamu bisa menemukan makanan-makanan tersebut di tempat makan yang ada di Lampung. Tak sampai disitu, Lampung juga memiliki berbagai oleh-oleh makanan yang cocok dibawa pulang.

Pada artikel ini, GNFI akan rekomendasikan beberapa makanan dan oleh-oleh khas Lampung yang bisa kamu simak sebagai berikut!

Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba

Kita mulai dari makanan khas Lampung terlebih dulu. Di Lampung, sebagian besar makanan khas di sana berbahan dasar ikan dan sayur dan punya cita rasa yang kaya. Beberapa makanan diantaranya adalah:

1. Seruit

Ini adalah olahan ikan khas Lampung yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar, lalu dicampur sambal terasi, sambal mangga, atau tempoyak. Ikan yang digunakan umumnya adalah baung, balide, atau layis.

Nama seruit pada makanan ini diambil kata “nyeruit” yang berarti “bersama-sama”. Pemakaian nama ini sesuai dengan kebiasaan masyarakat Lampung yang suka menyantap seruit rama-ramai bersama keluarga atau sahabat. Makanan ini biasanya disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan.

Baca juga: 17 Makanan Khas Bangka Belitung yang Memanjakan Pecinta Seafood

2. Pisro

Selain seruit, pisro adalah makanan khas Lampung lainnya yang berbahan dasar ikan. Pisro dibuat dari beberapa jenis ikan bakar seperti ikan betok atau tembakang. Ikan tersebut lalu dibakar dan disajikan dengan bumbu rempah menggugah selera. Seperti seruit, makanan ini juga cocok dimakan bersama lalapan dan nasi hangat.

3. Gulai Taboh

Masih ada satu olahan ikan khas Lampung lainnya yang harus dicoba, yaitu gulai taboh. Pada makanan ini, ikan dimasak bersama bumbu berbahan dasar santan, serta dengan bahan-bahan lain seperti kol, rebung, kacang panjang, dan kacang merah.

Baca juga: 5 Makanan Khas Maluku yang Berbahan Dasar Ikan

Ada dua jenis gulai taboh yang bisa dikonsumsi, yaitu gulai taboh berbahan ikan sungai dan gulai taboh berbahan ikan laut. Gulai taboh yang memakai ikan sungai umumnya diolah bersama kluwek atau tuba. Sedangkan gulai taboh dengan ikan laut akan sajikan bersama kacang panjang, tangkil, dan rebung.

4. Tempoyak

Boleh dibilang kalau ini adalah makanan khas Lampung paling populer. Makanan ini dibuat dari daging durian yang dicampur dengan garam dan cabe rawit, lalu difermentasi selama beberapa waktu.

Tempoyak biasanya diolah lagi menjadi sambal atau dicampur dengan masakan khas Lampung lainnya. Selain di Lampung, makanan ini juga bisa ditemukan di Jambi, Sumatra selatan, Bengkulu, dan Kalimantan.

Baca juga: 10 Makanan Khas NTT yang Unik dan Lezat

Oleh-Oleh Khas Lampung yang Wajib Dibawa Pulang

Jangan sampai kamu pulang dari Lampung tapi lupa membeli oleh-oleh. Kebetulan, Lampung punya banyak buah tangan yang menarik dan wajib dibawa pulang. Siapa pun yang menerima oleh-oleh tersebut dijamin tidak akan kecewa.

Dari sekian banyak oleh-oleh khas Lampung, beberapa diantaranya yang direkomendasikan adalah:

1. Sambal Lampung

Oleh-oleh ini cocok diberikan kepada teman, keluarga, atau kerabat yang suka sambal. Ada berbagai pilihan sambal Lampung yang bisa dibeli, yaitu sambal cuka, sambal goreng udang, sambal bawang Lampung, sambal ijo, dan sambal tempoyak. Khusus untuk sambal tempoyak, pastikan sambal tersebut langsung disantap setelah dibeli karena daya tahannya yang tidak terlalu lama.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minangkabau: Favoritnya Penyuka Pedas

2. Lempok Durian

Selain tempoyak, Lampung juga punya lempok durian yang juga sama-sama terbuat dari durian. Tampilan makanan ini seperti dodol, namun punya aroma dan cita rasa durian yang kuat. Di Lampung, Lempok bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan harga Rp 35 ribu - Rp 40 ribu per 200 gram.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jambi yang Bercita Rasa Manis

3. Pie Pisang

Kalau Bali punya pie susu, maka Lampung punya pie pisang. Oleh-oleh ini punya cita rasa yang beragam, mulai dari cokelat sampai keju dan Oreo. Harganya pun terjangkau, yaitu Rp 5 ribu untuk pie pisang berukuran kecil, serta Rp 8.500 untuk ukuran besar. Jika disimpan dalam suhu ruangan normal, oleh-oleh ini bisa tahan selama 3-5 hari.

4. Bakso Sony

Bakso Sony adalah produk bakso hasil Lampung yang terkenal. Selain bisa dikonsumsi langsung, bakso ini juga bisa dijadikan buah tangan. Bakso ini dibuat dari daging dan urat sapi berkualitas. Satu kilo Bakso Sony bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp 85 ribu.

Baca juga: 5 Makanan Khas Gorontalo Asli, Wajib Dicoba dan Lezat untuk Semua Lidah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini