Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN

Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN
info gambar utama

Perempuan Indonesia melakukan estafet kepemimpinan di Federasi Sepak Bola ASEAN atau AFF. Seperti sebelumya, perempuan Indonesia memegang posisi Wakil Presiden AFF.

Kini, perempuan Indonesia yang menjadi Wakil Presiden AFF adalah Maaike Ira Puspita. Ia diresmikan untuk memegang jabatan tersebut melalui Kongres AFF yang diselenggarakan du Siem Reap, Kamboja, pada Senin (14/11).

“Insya Allah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Dan, semoga dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia,” ujar Maaike Ira seperti dilansir laman resmi PSSI.

Maaike bukan orang baru di dunia sepak bola. Perempuan yang juga merupakan adik ipar dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan itu sebelumnya telah menjabat Wakil Sekretaris Jenderal PSSI sejak Januari 2020.

Untuk diketahui, struktur kepengurusan AFF memiliki empat wakil presiden yang menjadi bawahan langsung presiden yang berjumlah satu orang. Selain itu, ada pula lima orang untuk anggota dewan, satu anggota dewan eksekutif sekaligus wakil AFF di AFC serta lima orang dewan perempuan AFF.

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule turut mengucapkan selamat atas jabatan baru Maaike. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun menyampaikan harapannya agar Maaike bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut baik dilantiknya Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita menjadi Wakil Presiden AFF.

"Semoga dengan terpilihnya Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita bisa menjadi amanah dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik," kata Iwan Bule.

Kini, Maaike sudah dinanti tugas besar bersama AFF. Terdekat, AFF harus menghelat turnamen Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Penerus Estafet

Maaike adalah penerus estafet kepemimpinan perempuan Indonesia di kepengurusan AFF. Sebelum Maaike, satu jabatan Wakil Presiden AFF memang juga dipegang oleh perempuan Indonesia.

Perempuan itu adalah Ratu Tisha Destria. Ia menjabat Wakil Presiden AFF sejak tahun 2019.

Naiknya Ratu Tisha ke kursi Wakil Presiden adalah pencapaian besar, tidak hanya bagi sepak bola Indonesia namun juga ASEAN. Sebab, ia adalah perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut.

Seperti Maaike, Ratu Tisha juga terlebih dahulu mengurus PSSI sebelum menjadi petinggi di AFF. Ia adalah Sekretaris Jenderal PSSI yang menjabat sejak 2017 sebelum akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2020.

Setelah Cesc Fabregas, Klub Liga Italia Milik Pengusaha Indonesia Gaet Thierry Henry

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini