Amplang Ikan Tenggiri - Camilan Khas Kalimantan Timur yang Sangat Bergizi

Amplang Ikan Tenggiri - Camilan Khas Kalimantan Timur yang Sangat Bergizi
info gambar utama

Amplang adalah camilan khas dari daerah Kalimantan Timur yang terbuat dari olahan ikan Tenggiri ataupun ikan Belida (ikan Pipih) yang mendiami sungai Mahakam hingga sungai Karang Mumus.

Saat kalian berkunjung ke Samarinda atau Balikpapan, tidaklah sulit untuk menjumpai kerupuk yang gurih dan kaya akan kandungan gizi ini. Camilan ini telah menjadi buah tangan wajib bagi sesiapa saja yang hendak beranjak dari kota ini.

Untuk menambah keyakinan kalian akan manfaat dan juga proses pembuatannya, silahkan simak ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Amplang Ikan Tenggiri

Mari senejak menengok ke tahun 70-an dimana saat itu Amplang telah menjadi usaha industri rumahan yang sudah berkembang. Usaha produksi amplang ini kemudian diwarisi secara turun-temurun hingga hari ini.

Jika kalian berkeliling di Kota Samarinda, mudah mendapati penjual Amplang yang sudah menjamur dalam satu dekade terkahir, dan tentu saja setiap toko memiliki kekhasannya masing-masing.

Pengusaha Amplang di Kalimantan Timur tidak hanya memproduksi Amplang rasa ikan, tetapi juga rasa khas rumput laut untuk memberi rasa yang berbeda.

Meskipun demikian, Amplang Kuku Macan tetap menjadi pilihan favorit dan paling banyak dicari oleh pemudik maupun wisatawan untuk sanak famili di rumah.

Kandungan Gizi pada Kerupuk Amplang

Melansir laman klikdokter.com bahwa Ikan Tenggiri menyimpan beragam kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, Omega 3 dan 6, Kalsium, dan juga Protein yang lebih dari kandungan susu.

Jika diringkas, mengkonsumsi olahan Ikan ini secara proposional dapat memberi manfaat berupa;

  1. Mencegah Anemia.
  2. Mengatasi Gangguan Mood.
  3. Baik bagi Kesehatan Kardiovaskular.
  4. Mencegah Kanker.
  5. Menjaga Kesehatan Mata.
  6. Memperbaiki fungsi kognitif

Menyadur dari laman Indonesiakaya.com bahwa selain ikan Tenggiri, ikan lain yang biasa digunakan dalam pembuatan Amplang adalah gabus (haruan), dan belida (ikan pipih), dan setiap jenis ikan tersebut memiliki cita rasa tersendiri.

Namun ternyata jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan Belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen.

Berikut langkah-langkahnya ;

  • Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri, digiling hingga halus. Daging yang telah halus tersebut diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata.
  • Berikutnya, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.
  • Tahap selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 1 centimeter.
  • Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan.
  • Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.

Setiap produsen Amplang memiliki cara tersendiri dalam berinovasi dengan produk amplang buatannya.

Di antaranya ada yang mengemas amplang dalam plastik aluminium foil yang membuatnya terlihat lebih elegan. Ada pula yang menambahkan penyedap rasa lain seperti BBQ, ayam bawang, lada hitam, serta rasa-rasa lainnya.

Apapun inovasinya, kerupuk ini memang layak menjadi suguhan favorit bagi rekan dan kerabat di kampung halaman. Apakah kalian sudah pernah mencicipinya ?

Referensi: klikdokter.com | kaltimprov.go.id | camilannusantara.co.id

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini