Begini Cara Ampuh Hilangkan Bau Badan

Begini Cara Ampuh Hilangkan Bau Badan
info gambar utama

Belakangan ini ramai jadi perbincangan atas pernyataan yang dirilis oleh dosen dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Dari pernyataan tersebut disampaikan secara rinci mengenai keluhan terhadap mahasiswa akan bau badan.

Bau badan jadi permasalahan sebagian besar orang. Tak hanya dialami remaja, orang tua pun juga. Dalam istilah medis, bau badan disebut sebagai bromhidrosis, yakni munculnya aroma tak sedap dari tubuh yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri.

Bakteri ini akan mengolah keringat menjadi zat asam yang kemudian akan menghasilkan bau tak enak. Umumnya, bau badan dikeluarkan dari area ketiak maupun kulit kepala. Kerap ditemui orang-orang yang memiliki bau badan cenderung tak menyadarinya.

Melansir dari Hello Sehat, kondisi ini disebut sebagai olfactory fatigue, artinya seseorang yang tak menyadari dirinya bau badan ini sudah terbiasa mengenali dan mencium bau, bau yang ada ditubuhnya sendiri terutama.

Apa yang menjadi pernyataan dosen dari Banda Aceh tersebut menunjukkan kalau masih banyak ditemukan orang yang memiliki bau badan. Dengan begitu, sudah sebaiknya Kawan berani untuk memberitahukannya dengan baik melalui cara-cara ampuh untuk hilangkan bau badan seperti dibawah ini.

  1. Rutin Mandi

Mandi jadi salah satu cara ampuh, tetapi coba untuk mandi secara rutin dengan tiga kali sehari jika perlu. Ketika mandi, kuman, bakteri, dan debu akan hilang sehingga tubuh kembali menjadi lebih segar.

Umumnya, mandi dilakukan sehari dua kali, tetapi jika Kawan merasa mudah mengeluarkan keringat maupun sering merasa gerah, maka jangan ragu untuk kembali mandi. Terutama menggosok pada bagian-bagian penghasil keringat, misalnya ketiak, leher, selangkangan, dan bagian lipatan-lipatan tubuh.

  1. Pastikan Untuk Mengeringkan Tubuh

Poin kedua ini cukup sepele, tetapi memang berdampak nyata. Selepas mandi alangkah baiknya Kawan betul-betul mengeringkan tubuh secara keseluruhan. Jangan sampai ada area yang lembab karena tak terkena handuk. Jika tubuh sudah kering merata, maka bakteri penyebab bau badan tidak akan mudah berkembang biak.

  1. Pilih Pakaian yang Tepat

Kawan, memakai pakaian pun jangan sampai hanya asal memilih. Pakaian juga turut memengaruhi bagaimana keluarnya bau badan. Mengenakan pakaian tebal di musim panas tentu akan membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih cepat dan banyak. Akibatnya, pakaian tersebut tak bisa menyerap keringat.

Dengan begitu, pakaian berbahan katun akan cocok dikenakan karena dapat menyerap keringat dan ada baiknya menggunakan dalaman kaos berlengan pendek guna mencegah keringat dan bakteri menyebar.

  1. Hindari Makan Makanan Menyengat

Kalau Kawan pikir bau badan tak berkaitan dengan asupan makanan, tentu itu adalah hal yang salah. Makanan menyengat, seperti bawang-bawangan dan jengkol yang memiliki bau khas ini juga menjadi salah satu penyebab bau badan. Aroma yang menyengat akan diproses oleh tubuh dengan mengeluarkan aroma keringat yang bau pula. Maka dari itu, Kawan harus mengatur porsi makanan menyengat dengan pas.

  1. Sering Minum Air Putih

Poin terakhir ini juga sekilas terdengar sepele, tetapi khasiat air putih memang betul-betul terjadi. Meminum air putih akan berdampak pada keluarnya racun dalam tubuh dan bakteri-bakteri penyebab bau badan yang tak akan Kawan sadari. Selain itu, rutin minum air putih juga membuat tubuh dapat mencegah produksi keringat yang berlebihan.

Foto: Pexels
info gambar

Itu dia lima cara yang dapat Kawan lakukan guna terhindar dari bau badan. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan badan karena selain untuk kebutuhan diri sendiri, pandangan orang lain turut memengaruhi, bukan?

Referensi:Orami

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini