10 Makanan Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Unik dan Lezat

10 Makanan Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Unik dan Lezat
info gambar utama

Rekomendasi Makanan Khas Nusa Tenggara Timur (NTT) - Nusa Tenggara Timur atau NTT menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan baik domestik ataupun mancanegara.

Namun, siapa sangka, NTT bukan hanya terkenal dengan wisata Labuan Bajo atau Pulau Komodo saja. Terdapat ragam pilihan makanan khas Nusa Tenggara Timur yang sangat lezat dan digemari oleh wisatawan di seluruh dunia. Penasaran apa saja makanan khas NTT yang unik dan lezat? Mari simak ulasannya berikut ini!

Rekomendasi Makanan Khas Nusa Tenggara Timur (NTT)

Berikut rekomendasi makanan khas Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke NTT. Siapkan perutmu agar tidak mendadak lapar dan ini dia daftar selengkapnya:

1. Kolo (Nasi Bambu)

makanan khas nusa tenggara timur

Kolo merupakan makanan khas NTT yang terbuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan batang bambu. Hidangan ini juga kerap disebut dengan nasi bakar khas NTT.

Disebut demikian karena dalam proses memasaknya dengan cara dibakar. Biasanya nasi bambu ini dihidangkan saat syukuran menyambut musim panen.

Baca: 7 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

2. Karmanaci

makanan khas nusa tenggara timur
info gambar

Karmanaci merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Timur yang tergolong favorit dan populer. Karmanaci sendiri terdiri dari daging sapi cincang yang di tumis dengan bumbu dan rempah-rempah khas NTT.

Namun sebelum ditumis, daging sapi ini direbus dulu dengan rempah, gram, gula dan bumbu lain. Makanan ini memiliki cita rasa asam dan manis yang bisa menggugah selera makan kamu.

3. Daging Belacang

makanan khas nusa tenggara timur
info gambar

Daging belacang adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur yang hampir sama seperti rendang daging khas Padang. Namun keduanya memiliki resep dan cara pengolahan yang sangat berbeda. Daging belacang terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbu lokal, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan istimewa.

4. Lawar Ikan

makanan khas nusa tenggara timur
info gambar

Lawar ikan adalah salah satu hidangan khas NTT yang berbahan dasar ikan teri mentah. Namun sebelum diolah, ikan teri akan dibersihkan terlebih dahulu lalu direndam dalam campuran cuka dan juga jeruk nipis. Jika warna ikan sudah berubah menjadi putih susu, maka ikan sudah bisa dikonsumsi.

5. Ikan Kuah Belimbing

makanan khas nusa tenggara timur
info gambar

Makanan khas Nusa Tenggara Timur yang satu ini dibuat dari ikan tongkol yang diolah menggunakan kuah belimbing yang segar dan nikmat. Cita rasa yang menyegarkan dari makanan ini dapat membuat nafsu makan menjadi berkali-kali lipat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Tak Boleh Dilewatkan untuk Dicoba

6. Pelepah Manuk

makanan khas nusa tenggara timur
info gambar

Pelepah manuk merupakan makanan khas NTT yang menggunakan bahan utama daging burung (Manuk). Namun saat ini pelepah manuk sudah bergeser menggunakan daging ayam kampung, meskipun masih menggunakan bumbu yang sama. Kamu bisa menikmati pelepah manuk dengan nasi hangat dan juga sambal lu’at khas NTT.

7. Rumpu Rampe

rumpu rampe
info gambar

Rumpu rampe merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur yang menggunakan banyak bahan sehingga terlihat ramai. Adapun bahan yang digunakan terdiri dari berbagai jenis sayuran, seperti daun pepaya, bunga pepaya, jantung pisang, dan tomat.

8. Tumis Bunga Pepaya

makanan khas ntt
info gambar

Tumis bunga pepaya termasuk makanan unik dari Nusa Tenggara Timur yang sedikit mirip dengan rumpu rampe. Bahan utamanya sendiri terdiri dari bunga pepaya dan daun singkong. Namun di hidangan ini ada tambahan ikan teri sebagai pelengkapnya.

Tumis bunga pepaya biasa dihidangkan sebagai pendamping sei sapi atau daging asap khas NTT dan ditambah dengan sambal lu’at sehingga akan bertambah sedap.

9. Catemak Jagung

makanan khas ntt
info gambar

Catemak Jagung merupakan makanan khas NTT yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar jagung. Selain itu makanan ini juga dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah dan juga labu. Catemak jagung sendiri memiliki cita rasa campuran dari gurih dan asin. Biasanya makanan yang satu ini dijadikan hidangan penutup setelah selesai sarapan atau makan siang.

10. Manggulu

Manggulu merupakan kue tradisional khas Sumba, NTT yang memiliki cita rasa asam dan manis. Manggulu sendiri terbuat dari pisang kering, gula merah, dan kacang tanah. Kamu bisa menjadikan manggulu sebagai oleh-oleh khas Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Daftar Lengkap Makanan Tradisional Khas Papua dan Jajanan Oleh-Oleh

Demikian 10 makanan khas Nusa Tenggara Timur (NTT) paling unik dan lezat yang bisa kamu coba saat liburan ke NTT. Selamat liburan dan jangan lupa cicipi 10 makanan di atas ya, Kawan GNFI!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini