Mengenal Matoa, Tumbuhan Berbuah Manis Asal Papua

Mengenal Matoa, Tumbuhan Berbuah Manis Asal Papua
info gambar utama

Terletak di daerah tropis membuat Indonesia kaya akan floranya. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila keanekaragam hayati yang ada di negeri kita tidak dilestarikan dengan baik. Padahal dengan kekayaan flora yang melimpah dapat dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan sehari-hari, termasuk untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Dari sekian banyak jenis flora yang tersebar di Indonesia, apakah kamu mengenal Tumbuhan Matoa?

Matoa sendiri merupakan tumbuhan khas yang menjadi identitas di daerah Papua atau yang dikenal sebagai Bumi Cendrawasih. Sering disebut sebagai "Kelengkeng Papua", tumbuhan ini tumbuh secara liar dan sangat mudah dijumpai di hutan-hutan Papua.

Persebaran Tumbuhan Matoa tidak hanya di Papua saja melainkan juga tumbuh di Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Jawa. Tumbuhan ini memiliki nama latin Pometia pinnata yang berasal dari keluarga rambutan atau Sapindaceae.

Buah Matoa, tumbuhan berbuah bulat lonjong manis kemerahan asal Papua dengan batang pohonnya yang tinggi

Matoa dibedakan menjadi tiga jenis yang berbeda berdasarkan ciri warna kulit buahnya yaitu Matoa Kulit Merah (Emme Bhanggahe), Matoa Kulit Kuning (Emme Khabhelaw), dan Matoa Kulit Hijau (Emme Anokhong). Tekstur dari Buah Matoa juga terbagi menjadi dua jenis yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Terdapat perbedaan dari kedua jenis buah ini, yaitu buah Matoa Kelapa memiliki daging buah yang kenyal dan "ngelotok" seperti Rambutan, sedangkan Matoa Papeda memiliki daging buah yang sedikit lembek dan lengket.

Untuk lebih dekat lagi tentang tumbuhan ini, yuk mengenal lebih jauh mengenai morforlogi dari Pohon Matoa.

Morfologi Tumbuhan Matoa

Bunga Tumbuhan Matoa, tumbuhan berbuah bulat lonjong manis kemerahan asal Papua dengan batang pohonnya yang tinggi

- Akar dan Batang

Tumbuhan matoa berakar tunggang dengan warna coklat. Tumbuhan matoa dengan bentuk pohon dapat mencapai ketinggian hingga 50 m. Batangnya berbentuk silindris dengan diameter mencapai 1,8 m, tegak dan bercabang banyak hingga membentuk pohon yang rindang.

- Daun

Daun tumbuhan matoa berbentuk majemuk yang tersusun berseling 4-12 anak daun. Daunnya saat muda berwarna merah cerah, sedangkan ketika dewasa berubah menjadi hijau dengan helaian daun yang tebal, ujung runcing, tumpul di bagian pangkal, bagian tepi rat,a dan permukaan atas bawah halus serta melengkung di bagian pertulangan daun.

- Bunga

Tumbuhan ini berbunga majemuk dengan bentuk corong. Benang sarinya berwarna putih dan pendek, sedangkan putiknya memiliki mahkota yang terdiri dari 3-4 helai berbentuk pita warna kuning. Di bagian mahkota bunga terdapat bulu di bagian luar dengan tangkai bunganya yang pendek dan bulat berwarna hijau.

- Buah dan Biji

Buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini berbentuk bulat agak lonjong dengan panjang 5-6 cm. Warna kulitnya bergantung pada jenisnya yaitu ada yang berwarna hijau, merah dan kuning. Daging buah memiliki kulit ari yang berwarna putih transparan dan melekat pada biji. Bijinya sendiri berbentuk bulat dan berwarna coklat muda hingga kehitaman.

Setelah mengenal sedikit lebih jauh mengenai buah ini, siapa sangka ternyata buah matoa memiliki keunikan tersendiri. Berikut 5 fakta unik buah matoa.

Baca juga: Mengenal Lobi-Lobi, Si Kecil Masam Berbuah Merah Terang

1. Digolongkan dalam Keluarga Rambutan

Pohon Matoa, tumbuhan berbuah bulat lonjong manis kemerahan asal Papua dengan batang pohonnya yang tinggi

Siapa yang menyangka buah yang tidak memiliki rambut ini ternyata masuk kedalam keluarga Rambutan (Sapindaceae). Daun yang dimiliki tumbuhan ini pun mirip dengan daun rambutan. Bentuk ujungnya yang meruncing, tumpul di bagian pangkal dan bagian tepi yang rata serta melengkung di pertulangan daun. Secara fisik tumbuhan matoa memiliki tinggi rata-rata 16 m dengan diameter 90 cm.

2. Tahan dari Hama Serangga

Buah Matoa, berkulit tebal dan tahan hama serangga

Hama adalah musuh bagi manusia karena merugikan buah yang akan dikonsumsi manusia. Namun hal itu tidak berlaku untuk Buah Matoa yang memiliki keunikannya sendiri. Buah ini memiliki ketahanan dari gangguan serangga. Hal itu karena didukung oleh tekstur kulit buahnya yang kuat dan keras. Sehingga, serangan serangga tidak membuat buahnya mudah rusak.

3. Gabungan dari 3 Rasa Buah

Tumbuhan Matoa, memiliki banyak kemiripan dengan buah kelengkeng, rambutan, dan durian

Buah Matoa memiliki rasa yang manis. Bentuk buahnya mirip seperti Kelengkeng dan Rambutan. Ternyata Buah Matoa juga memiliki aroma yang sangat unik, serta selain bentuk daging buahnya yang mirip dengan kelengkeng dan rambutan, buah matoa ini juga beraroma campuran antara buah kelengkeng, rambutan, dan juga durian. Mencicipi Buah Matoa kamu akan dibuat bingung sedang merasakan buah apa.

4. Hanya Berbuah Setahun Sekali

Tumbuhan Matoa, hanya berbuah setahun sekali

Tumbuhan Matoa akan mulai berbunga sekitar pada bulan Juli-Oktober. Hingga akhirnya Matoa akan berbuah pada sekitar September-November. Ternyata buah ini hanya berbuah setahun sekali pada akhir tahun.

5. Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Matoa bagi kesehatan

Buah Matoa banyak digemari karena rasanya yang lezat. Selain itu mengkonsumsi buah ini ternyata baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dan E didalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan lainnya antara lain menurunkan tekanan darah tinggi, menangkal penyakit, menjaga kesehatan kulit, hingga meningkatkan kesuburan wanita.

Resep Kreasi Olahan Squash Buah Matoa

Resep dan cara pembuatan olahan Buah Matoa yang mudah dan enak

Bagaimana, penasaran ingin mencicipi buah ini? Buah Matoa selain dikonsumsi langsung,juga bisa dikreasikan menjadi sajian yang menarik, seperti Es Buah Matoa hingga Manisan ataupun Asinan Matoa. Berikut ini resep sajian Squash Buah Matoa yang bisa dicoba di rumah dengan bahan yang sangat sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 5 buah matoa
  • ½ Sdt selasih yang telah diseduh air hangat
  • 3 Sdm sirup rasa sesuai selera
  • 150 Ml air soda
  • Es batu secukupnya

Langkah-langkah pembuatan

  1. Kupas buah matoa, kemudian buang bijinya.
  2. Tuangkan sirup dan es batu dalam gelas.
  3. Tambahkan buah matoa dan selasih.
  4. Tuang air soda ke dalam gelas.
  5. Squash buah matoa siap disajikan.

Minuman ini cocokan sekali diminum saat cuaca sedang gerah kemudian menjadi segar kembali. Selamat mencoba!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini