Transformasi Milenia Indonesia Sukses Adakan Event Kompetisi Karya Tingkat ASEAN

Transformasi Milenia Indonesia Sukses Adakan Event Kompetisi Karya Tingkat ASEAN
info gambar utama

Transformasi Milenia Indonesia (TMI) salah satu bagian dari TLCNESIA yang bergerak di bidang literasi dan social impact untuk mendorong setiap individu mengasah soft skill di bidang literasi untuk berkarya dan berprestasi melalui writing mentoring, research and development.

Kiat mendorong literasi dan research pemuda, Transformasi Milenia Indonesia (TMI) bersama dengan TLCNESIA membuat gebrakan pada dunia Pendidikan Indonesia, dengan menyelenggarakan kompetisi kepenulisan ilmiah dan non-ilmiah tingkat ASEAN Bernama Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) 2022 yang telah diikuti oleh lebih dari 500 peserta tingkat SMP dan SMA sederajat.

Dokumentasi Pribadi Transformasi Milenia Indonesia
info gambar

Kompetisi ini berlangsung sejak tanggal 5 September 2022 hingga 30 Oktober yang terdiri dari 200 pemilihan abstrak terbaik, hingga 30 full papper terbaik untuk melangkah menjadi finalis dan merebutkan juara pada babak grand final yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 23 Oktober yang lalu.

Event ini dijuri oleh Professor, Dosen, dan praktisi baik Indonesia maupun negara ASEAN lain yaitu Malaysia. Tak hanya itu, TMI juga mengajak kolaborator karya bukan hanya dari pemuda Indonesia, namun juga pemuda dari Malaysia, Thailand, dan Kamboja yang ikut turut berpartisipasi bahkan mengudukung kegiatan Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) 2022.

Walaupun kegiatan dilaksanakan full daring, event AYRIS ini dikemas secara ciamik sehingga semua peserta terfasilitasi dengan maksimal tanpa mengurangi marwah dari kompetisi AYRIS ini. Pada tanggal 22 dan 23 Oktober kemarin 30 finalist telah bertanding mempresentasikan karya terbaiknya menggunakan bahasa inggris untuk menunjukkan potensinya dan telah dipilih juara 3 terbaik dari yang terbaik dan 2 juara favorit dari masing-masing jenjang (SMP dan SMA) berdasarkan hasil vote yang telah diumumkan pada puncak acara yaitu tanggal 30 Oktober 2022.

Adapun rincian yang menjadi JAWARA pada kompetisi AYRIS 2022 adalah sebagai berikut: (1) Rizky Raditya Pribadi (Juara 1 kategori karya non-ilmiah) dari SMPN 1 Bogor, (2) Rosa Maylani Baskara (Juara 2 kategori non-ilmiah) dari SMPIT Al-Fawwaz, (3) Nacha Arnanda Mahatika (Juara 3 kategori non-ilmiah) dari SMA 1 Madiun, dan Dimas Muhammad Ngubaidulah (Juara Favorite kategori non-ilmiah) dari SMKN 3 Salatiga. Sedangkan pada kategori Ilmiah jenjang SMP ada Muhammad Gilfran Gading (Juara 1 kategori ilmiah) dari MTsN 32, (2) Illine Arum Putri Bintoro (Juara 2 kategori Ilmiah) dari MTsN 3 Malang, (3) Annisa Alifia Zahra (Juara 3 Ilmiah) dari SMPN 9 Semarang. Sedangkan pada kategori SMA ada Nathania (Juara 1 Ilmiah kategori ilmiah) dari SMAN 5 Surabaya, (2) Eukharista Yenadiputri (Juara 2 kategori ilmiah) dari SMAN 3 Sidoarjo, (3) Muhammad Tsaqif Taqiyuddin (Juara 3 kategori ilmiah) dari SMA Muhammadiyyah Gombong, dan Nathania (Juara Favorite kategori Ilmiah) dari SMAN 5 Surabaya yang menyabet 2 juara sekaligus (Juara 1 Ilmiah jenjang SMA dan juara favorit kategori ilmiah).

Harapannya melalui event AYRIS ini, mampu menggugah semangat berkarya dan berliterasi anak muda ASEAN khususnya Indonesia dan terus konsisten untuk berkarya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini