7 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal dan Lezat untuk Dinikmati

7 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal dan Lezat untuk Dinikmati
info gambar utama

Makanan khas Sulawesi Selatan sejauh ini sangat populer dan banyak dicari oleh banyak orang. Sulawesi sebagai wilayah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan juga menawarkan pengalaman menarik selain hanya destinasi wisatanya. Ada banyak jenis makanan khas Sulawesi Selatan yang bisa Anda coba ketika berkunjung.

Sebagai salah variasi ragam kuliner khas Nusantara, makanan khas Sulawesi Selatan yang otentik memang ada beberapa yang sudah tersebar di berbagai daerah. Namun, keotentikan rasanya, tentu lebih lezat ketika disantap di daerah aslinya. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal dan Lezat untuk Dinikmati.

1. Pisang Epe

makanan khas sulawesi selatan bugis sulsel makasar
info gambar

Makanan khas Sulawesi Selatan pertama yang wajib Anda coba adalah pisang epe. Pisan epe adalah makanan yang lebih sering dijumpai di Sulawesi Selatan. Anda akan dengan mudah menjumpainya di sepanjang pantai Losari. Pisang epe disajikan dengan cara dibakar menggunakan alat pres atau penjepit. Pisang epe biasa dinikmati dengan menggunakan gula merah cair atau juga topping lainnya.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Barat yangTak Boleh Dilewatkan untuk Dicoba

2. Barongko

makanan khas sulawesi selatan
info gambar

Kedua, makanan khas Sulawesi Selatan yang sangat lezat dan wajib dicoba adalah barongko. Makanan ini termasuk dalam kudapan yang khas dan dibungkus dengan daun pisang. Barongko juga biasa dinikmati oleh warga setempat ketika ada acara-acara istimewa. Barongko dibuat dengan menggunakan bahan pisang, gula pasir, telur, santan, garam, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Makanan Khas Aceh Bercita Rasa India, Arab, dan Tiongkok

3. Coto Makassar

Makanan khas sulawesi selatan coto makassar
info gambar

Siapa yang tidak kenal coto Makassar, makanan ini sudah sangat populer dan menjadi favorit banyak orang. Makanan khas Sulawesi Selatan ini merupakan makanan berkuah dengan kombinasi rempah yang otentik. Coto biasanya ditambahkan dengan dengan campuran daging sapi, dan daun bawang. Anda bisa menikmati coto Makassar ini juga dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

4. Sop Konro

makanan khas sulsel
info gambar

Sop konro adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang tidak kalah lezat dibanding yang lainnya. makanan ini merupakan kuliner dengan bahan dasar daging sapi sebagaimana coto. Sop konro mempunyai ciri khas warnanya yaitu coklat kehitaman. Ciri khas dari sup konro adalah dibuat dengan bahan rempah-rempah terutama kluwek, ketumbar, pala, kunyit, kencur, dan kayu manis.

5. Kapurung

makanan khas sulsel makasar bugis
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Sulawesi Selatan yang lezat dan patut untuk dicoba adalah kapurung. Kapurung merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar sagu yang kemudian dibentuk seperti pentol. Isiannya adalah berbagai jenis sayuran seperti jagung, bayam, jantung pisang, hingga kacang tanah. Selain itu, kapurung juga memiliki aroma asam jawa yang khas dan menambah kenikmatannya.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung

6. Nasu Palekko

makanan khas sulawesi selatan
info gambar

Nasu palekko adalah makanan khas yang menggunakan olahan bebek cincang. Nama palekko berasal dari bahasa Bugis yang memiliki arti wajan atau kuali yang berasal dari tanah. Rasanya sangat pedas membuat para pecinta makanan pedas semakin menyukainya. Selain pedas, nasu palekko juga mempunyai rasa rempah seperti jahe, kunyit, sereh, dan lengkuas. Berbagai rempah tersebut cukup membantu menambah cita rasa lezat dari nasu palekko.

7. Nasu Likku

makanan khas sulawesi selatan
info gambar

Selanjutnya adalah nasu likku. Makanan khas Sulawesi Selatan ini merupakan sajian yang mirip seperti rendang ayam yang mempunyai tekstur lebih kering. Nasu likku dibuat dengan ayam yang dilumuri dengan kepala yang sudah dicampur dengan lengkuas. Teksturnya gurih dan empuk. Selain itu, rempah yang ada di nasu likku juga menambah kenikmatan yang bisa Anda rasakan.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Otentik dan Wajib Dicoba

Demikian adalah 7 makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal dan lezat untuk dinikmati. Masih banyak makanan khas Sulawesi Selatan lain yang bisa Anda santap. Maka dari itu jika berkunjung ke Sulawesi Selatan, pastikan Anda mencobanya satu persatu.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini