7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung

7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung
info gambar utama

Makanan khas Sulawesi Tengah merupakan makanan yang lezat dan penuh dengan variasi. Makanan khas Sulawesi Tengah cukup beragam, mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat. Maka dari itu, berbagai kuliner Nusantara Indonesia yang sangat lezat itu perlu untuk dicoba ketika datang ke Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah adalah salah satu daerah yang berhasil mendatangkan wisatawan untuk berkunjung. Selain karena destinasi wisatanya, Sulawesi Tengah juga juga mempunyai variasi makanan yang lezat. Artikel ini akan membahas tentang makanan khas Sulawesi Tengah yang wajib dicoba dilansir dari laman Gema Sulawesi.

1. Milu Siram

Milu siram merupakan makanan Khas Sulawesi Tengah yang masih asing di telinga banyak orang. Milu siram adalah makanan yang terbuat dari bahan jagung yang sangat populer di berbagai daerah di Sulawesi Tengah. Makanan yang bisa juga disebut sebagai sup jagung ini biasanya disajikan dengan bahan tambahan lain seperti udang atau ikan yang menambah cita rasa milu siram.

2. Uta Kelo

Makanan khas Sulawesi Tengah kedua yang wajib untuk Anda coba adalah uta kelo. Makanan ini merupakan kuliner yang terbuat dari daun kelor yang kemudian dimasak dengan santan. Sajian ini juga pantas disebut sebagai sup. Uta kelo memiliki rasa yang gurih dari santan dan juga pedas dari cabai rawit. Uta keli juga dikatakan mirip dengan gulai singkong namun keduanya mempunyai rasa yang berbeda.

3. Kapurung

Kapurung adalah makanan khas Sulawesi Tengah yang juga wajib untuk dicoba. Kuliner ini terbuat dari sayuran rebus yang kemudian dicampur dengan tepung sagu. Sayuran yang dipakai di dalam kapurung adalah kacang panjang, jantung pisang, pakis, dan juga bayam. Jika Anda menyantap makanan ini, akan dihadapkan pada beberapa pilihan yaitu varian ayam, ikan, atau udang. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

4. Sambal Ikan Roa

Selanjutnya, makanan khas Sulawesi Tengah yang wajib untuk Anda coba adalah sambal ikan roa. Sambal ini merupakan sambal yang sudah sering ditemui di berbagai tempat, namun soal rasa, tentu di Sulawesi Tengah lebih otentik. Sambal dari ikan roa ini dibuat dengan cabai, bawang merah, serta beberapa bumbu lain yang khas. Sambal ini biasanya dipakai untuk menjadi pelengkap makanan pisang goroho, masi kucing, dan bubur tinutuan.

5. Onyop

Makanan ini mungkin terdengar asing dan namanya juga tidak pernah didengar, akan tetapi onyop adalah makanan khas Sulawesi Tengah yang lezat. Makanan ini terbuat dari bubur sagu dan ditambahkan dengan ikan serta kuah asam. Selain itu, untuk menambah kenikmatan, ditambahkan juga jeruk lemon dan belimbing.

6. Kacang Goyang

Selanjutnya, makanan khas Sulawesi Tengah yang patut untuk Anda coba adalah kacang goyang. Namanya menarik, namun, rasanya sangat khas. Disebut kacang goyang karena cara memasaknya dengan cara digoyang di atas api. Kacang goyang mempunyai rasa yang manis karena memiliki lapisan gula pada bagian luar kacang.

7. Kue Buroncong

Kue buroncong adalah makanan ringan yang sangat lezat. Kue ini terbuat dari gula, santan, telur, dan kelapa muda. Kue ini juga bisa disebut sebagai kue garoncong atau juga kue ganco. Cara membuat kue ini adalah dengan cara dibakar dengan menggunakan cetakan khusus di atas tungku. Cita rasanya manis dan teksturnya juga renyah.

Demikian adalah 7 makanan khas Sulawesi Tengah yang perlu Anda coba. Masih banyak kuliner khas Sulawesi Tengah yang lezat dan tidak boleh dilewatkan.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini