7 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Recommended dan Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Recommended dan Wajib Dicoba
info gambar utama

Makanan khas Sulawesi Utara adalah kuliner khas Nusantara yang ikut serta mewarnai kekayaan cita rasa Indonesia. Jika berkunjung ke sebuah daerah, hal wajib yang perlu dicoba adalah kulinernya. Sulawesi Utara sebagai daerah yang mempunyai kuliner khas juga tidak boleh absen dalam kunjungan wisata kuliner Anda.

Sulawesi Utara sebagai sebuah daerah yang juga banyak mendatangkan wisatawan, memiliki segudang destinasi wisata dan kuliner yang sangat patut untuk dicoba. Artikel ini akan membahas tentang 7 makanan khas Sulawesi Utara yang sangat recommended dan wajib untuk dicoba, dilansir dari laman Indonesia Travel.

1. Bubur Tinutuan

Makanan khas Sulawesi Utara pertama yang wajib Anda coba adalah bubur tinutuan. Bubur ini juga dikenal sebagai sebagai bubur Manado, akan tetapi juga banyak tersebar di Sulawesi Utara yaitu Likupang. Dalam bubur ini, berisi banyak isian seperti kangkung, bayam, kemangi, jagung, ubi, dan lain sebagainya. Rasanya yang gurih manis dan varian isian yang beragam membuat bubur ini sangat recommended untuk disantap ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

2. Lalampa

Lalampa adalah makanan khas Sulawesi Utara yang menggunakan ikan cakalang sebagai bahan dasarnya. Lalampa memang jarang sekali terdengar, namun cita rasanya sangat khas dan lezat untuk dinikmati. Lalampa mirip dengan lemper, namun isinya berbeda. Selain itu, lalampa juga dimasak dengan cara dibakar dan diolesi oleh minyak sayur sehingga aromanya sangat kuat.

3. Panada

Makanan khas Sulawesi Utara selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah panada. Makanan ini merupakan makanan sejenis roti goreng yang mirip dengan pastel. Roti goreng mirip pastel ini memiliki isian yang berbeda dengan pastel pada umumnya. Panada mempunyai isian ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir kecil dan dikasih bumbu merah yang terdiri dari cabai, kemangi, daun bawang, dan daun jeruk.

4. Pisang Goroho dan Sambal Roa

Makanan ini biasanya disantap ketika sarapan. Makanan khas Sulawesi Utara ini tergolong sebagai makanan ringan yang terdiri dari sambal dan pisang. Letak keunikan makanan ini selain penggunaan sambal sebagai bahan cocolan, pisang yang dipakai juga pisang khas Sulawesi Utara. Pisang Goroho tidak bisa ditemukan di tempat lain selain Sulawesi Utara. Pisang Goroho diiris tipis-tipis dan kemudian digoreng.

5. Binte Biluhuta

Selanjutnya, makanan khas Sulawesi Utara yang juga patut untuk dicoba adalah binte biluhuta. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari jagung yang disiram. Makanan ini terbuat dari jagung, cabai, tomat, udang kering, parutan kelapa, dan air perasan jeruk. Rasanya makanan ini cukup kaya karena bercampur dengan segala macam rasa dari bahan yang dipakai.

6. Cakalang Fufu

Sebagaimana namanya, makanan ini tentu menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Cara membuat cakalang fufu adalah adalah dengan membelah ikan cakalang menjadi dua, kemudian dimasak dengan cara diasapkan. Ikan cakalang yang sudah matang kemudian diasapi selama kurang lebih 4 jam.

7. Nasi Kuning

Sekilas, nama makanan ini sangat familiar dan tidak asing lagi bagi Anda. Namun, nasi kuning khas Sulawesi Utara ini tentu berbeda. Perbedaannya terletak pada pelengkap nasi yaitu sambal dan ikan cakalang. Sambal nasi ini dibuat dengan dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai dan gula merah.

Demikian adalah artikel tentang 7 makanan khas Sulawesi Utara yang wajib untuk Anda coba. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Utara, pastikan Anda mencoba salah satu dari ketujuh makanan di atas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini