Para Pahlawan Muda Yogyakarta

Para Pahlawan Muda Yogyakarta
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI

#CeritadariKawan

#NegeriKolaborasi

#MakinTahuIndonesia

Berbicara tentang pahlawan, barangkali salah satu hal yang terlintas begitu saja di benak orang-orang ialah bahwa pahlawan merupakan seorang tokoh terkenal yang telah melakukan suatu hal besar sehingga menciptakan perubahan yang besar pula, seperti pahlawan kemerdekaan Indonesia. Tentu semua orang sudah tau bahwa tanggal 10 November merupakan hari yang ditetapkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan. Hari yang diputuskan sebagai Hari Pahlawan oleh Presiden Soekarno sendiri satu tahun setelah kemerdekaan tersebut, bertujuan untuk mengingatkan para generasi penerus Indonesia agar selalu menghargai jasa para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan bagi penduduk Indonesia serta mencontoh teladan-teladan dari mereka supaya kemerdekaan akan terus ada bagi generasi penerus bangsa.

Namun di jaman yang semakin modern dengan segala teknologinya, apakah perjuangan para pahlawan bagi Indonesia masih terus dilanjutkan? Ada banyak ancaman yang mengintai jiwa patriotisme yang diturunkan para pahlawan kepada penduduk Indonesia. Beberapa budaya barat pun semakin marak terlihat masuk ke dalam daerah-daerah di Indonesia dan membuat keteladanan pahlawan-pahlawan semakin memudar. Meski begitu, masih cukup banyak pula warga negara Indonesia yang senantiasa meneruskan misi para pahlawan yaitu memajukan bangsa Indonesia, melalui aksi-aksi sosial sederhana mereka yang memiliki dampak besar bagi kemajuan negara; salah satunya ialah organisasi Pengabdian Masyarakat di salah satu universitas di Yogyakarta.

Siapa Sih Organisasi Pengabdian Masyarakat itu?

Organisasi Pengabdian Masyarakat ini adalah sebuah organisasi yang resmi dibentuk pada tahun 1990 setelah melalui beberapa proses pengembangan. Organisasi ini sendiri, seperti namanya, mengajak para mahasiswa dan mahasiswi yang berjiwa sosial tinggi untuk bersama-sama mengelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu dari beberapa misinya. Lantas seiring bertambahnya pengabdi-pengabdi muda yang bergabung, organisasi Pengabdian Masyarakat ini akhirnya diintegrasikan dengan tim pengelola kegiatan penelitian setelah mempertimbangkan bahwa aksi pengabdian kepada masyarakat secara sinergis berhubungan dengan penelitian.

Kunjungan ke Salah Satu Panti Asuhan di Yogyakarta | Foto: Pengabdian Masyarakat/usd.ac.id
info gambar

Terus, Apa yang Sudah Mereka Lakukan untuk Masyarakat Indonesia?

Mengambil teladan dari para pahlawan yang berjuang sekuat tenaga untuk memerdekakan bangsa Indonesia sehingga warga negara Indonesia dapat hidup dengan tenteram, organisasi ini pun mengabdikan diri mereka untuk membantu menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat supaya tercipta kesejahteraan yang berkesinambungan. Beberapa aksi yang telah berhasil dilaksanakan oleh para mahasiswa dan mahasiswi itu ialah pengadaan lomba-lomba sederhana bagi anak-anak di daerah yang hampir digusur dan membutuhkan perhatian lebih dalam rangka peringatan ulang tahun organisasi, penyerahan bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti panti asuhan dan balai rehabilitasi, serta pemberian edukasi bagi anak-anak yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengecap bangku sekolah di beberapa daerah di Yogyakarta. Meskipun agenda pengabdian sempat terhambat karena adanya virus Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam rumah, organisasi ini pun tidak kehilangan akal; mereka tetap bertekad untuk memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi modern dan mengalihkan aksi pengajaran dari offline menjadi online menggunakan salah satu platform meeting online yang memudahkan mereka untuk melanjutkan aksi pengabdian kepada masyarakat.

Pengadaan Lomba di Salah Satu Kampung di Yogyakarta | Foto: Pengabdian Masyarakat/instagram.com
info gambar

Pengadaan Lomba di Salah Satu Kampung di Yogyakarta | Foto: Pengabdian Masyarakat/instagram.com
info gambar

Lalu Apa Hubungan Antara Pahlawan dengan Organisasi Tersebut?

Para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa mereka demi bangsa Indonesia bercita-cita untuk membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat. Perjuangan yang dilakukan para pahlawan Indonesia memberikan teladan yang sudah sepatutnya dicontoh oleh warga Indonesia. Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu bentuk pengabdian para pahlawan kepada masyarakat Indonesia dan jika masyarakat tidak melanjutkan perjuangan mereka, maka cita-cita serta harapan para pahlawan tidak akan terwujud. Dengan adanya organisasi seperti komunitas pengabdian masyarakat, perjuangan besar para pahlawan telah diteruskan. Meskipun tampak sederhana, namun aksi-aksi mahasiswa serta mahasiswi yang mengabdikan diri mereka bagi masyakat telah mengambil bagian dalam menorehkan perubahan kearah yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Acara Tutup Tahun di salah satu Sekolah Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19| Foto: Pengabdian Masyarakat/instagram.com
info gambar

Mengamati dan mencermati kembali pengenalan, sederet aksi, serta hubungan organisasi pengabdian masyarakat diatas dengan perjuangan para pahlawan, dapat disimpulkan secara nyata bahwa tanpa adanya penerus perjuangan para pahlawan, maka pengorbanan mereka akan menjadi sia-sia. Sebagai masyarakat Indonesia sejati, jiwa patriotisme sudah seharusnya ditumbuhkan dalam diri kita semua. Dengan begitu, teladan para pahlawan akan diteruskan, kemudian dicontoh oleh generasi-generasi berikutnya. Tentu masih terdapat banyak pihak yang menyambung perjuangan para pahlawan selain organisasi yang telah disebutkan. Segalanya berawal dari diri sendiri; sebab jika bukan dimulai dari kita, lalu siapa lagi?

Referensi:

DPM-MTK. (2022, Oktober 05). BAKTI SOSIAL UKM PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM RANGKA DIES NATALIS UNIVERSITAS SANATA DHARMA KE-67. Retrieved from LPPM: https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/deskripsi.php?id=berita&noid=336

Hardiantoro, A. (2022, November 09). Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, Logo, dan Sejarahnya... Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/09/125000265/peringatan-hari-pahlawan-10-november-2022-logo-dan-sejarahnya?page=all

Hermawan, N. (2016, November 10). Visi Dan Misi Para Pahlawan Adalah Bhinneka Tunggal Ika. Retrieved from TNI Angkatan Darat: https://tniad.mil.id/visi-dan-misi-para-pahlawan-adalah-bhinneka-tunggal-ika/

Rachman, F. (2022, November 10). Ini Alasan Setiap 10 November Diperingati sebagai Hari Pahlawan. Retrieved from Tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/1655294/ini-alasan-setiap-10-november-diperingati-sebagai-hari-pahlawan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini