7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Otentik dan Patut untuk Dicoba

7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Otentik dan Patut untuk Dicoba
info gambar utama

7 Makanan khas Sulawesi Tenggara - Tahukah Anda jika Sulawesi Tenggara selain menyimpan keindahan alam yang menarik perhatian wisatawan, juga mempunyai sajian kuliner khas yang lezat. Itulah mengapa jika Anda berkunjung ke Sulawesi, tak ada salahnya untuk menyantap makanan khas Sulawesi Tenggara.

Melansir dari berbagai sumber, artikel ini akan membahas 7 makanan khas Sulawesi Tenggara yang patut untuk dicoba saat berkunjung ke Bumi Anoa ini.

1. Lapa-lapa

makanan khas sulawesi tenggara
info gambar

Makanan khas Sulawesi Tenggara pertama yang perlu Anda coba adalah lapa-lapa. Makanan ini merupakan makanan khas Kendari yang sudah menyebar di berbagai daerah di sekitarnya. Lapa-lapa terbuat dari beras dan dimasak bersama dengan santan kelapa. Cara penyajiannya biasanya dibungkus dengan daun kelapa muda atau janur. Lapa-lapa bisa disantap dengan ikan asin.

Baca juga: Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak

2. Kasuami

makanan khas sulteng kasuomi
info gambar

Kasuami adalah makanan olahan dari singkong khas Sulawesi Tenggara. Makanan ini cukup terkenal di Sulawesi Tenggara karena bentuknya yang unik dan menyerupai tumpeng. Terbuat dari singkong diparut, dikeringkan, kemudian disaring, dan dikukus. Makanan ini biasa disantap seperti makanan pokok pada umumnya yaitu dengan lauk dan sayuran. Meskipun begitu, kasuami juga bisa disantap langsung.

3. Sinonggi

makanan khas sulteng kasuomi
info gambar

Sinonggi, nama makanan ini begitu unik dan mengundang rasa penasaran orang-orang untuk mencobanya. Sinonggi adalah makanan khas Suku Tolaki yang mirip dengan papeda (makanan khas Papua). Sinonggi merupakanan makanan pokok yang biasa dimakan dengan kuah ikan asam dan aneka sayuran. Bahkan, bagi suku Tolaki, ada tradisi khusus yang dibuat untuk makan sinonggi.

4. Sate Gogos

makanan khas sulteng sate gogos

Makanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung adalah sate gogos. Sate ini merupakan makanan khas dari Kendari dan menggunakan kerang sebagai pengganti dagingnya. Kerang yang dimasak sate tersebut sebelumnya diberikan juga bumbu yang khas. Bumbu tersebut memiliki cita rasa yang pedas dan manis. Siapa pun yang mencoba makanan ini pasti menyukainya karena rasanya yang khas.

5. Bagea Sagu

Selanjutnya, bagea sagu adalah makanan yang juga lezat untuk disantap. Ini adalah makanan jenis kue yang memiliki tekstur keras dan rasa yang manis. Meski begitu, ketika sudah masuk ke mulut, makanan ini akan lembut dengan sendirinya. Ada berbagai varian dari makanan ini, yaitu kacang tanah dan biji kenari. Makanan ini sangat khas karena Anda juga bisa menyantapnya dengan menambahkan rempah seperti kayu manis.

6. Karasi

makanan khas sulteng
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Sulawesi Tenggara yang nikmat dan wajib untuk dicoba adalah karasi. Karasi terbuat dari jagung dan gula merah. Ini merupakan kue yang biasa dipakai untuk camilan. Makanan ini sekarang sudah mudah didapatkan di berbagai wilayah di Sulawesi Tenggara.

7. Luluta

Luluta adalah makanan khas Sulawesi Tenggara, khususnya dari daerah Wakatobi. Makanan ini terbuat dari beras dan sekilas mirip seperti lontong. Bedanya, luluta dimasak dengan cara dibakar. Beras dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bilah bambu dan dibakar sampai matang.

Demikian adalah 7 makanan khas Sulawesi Tenggara yang otentik dan wajib untuk dicoba. Masih banyak makanan khas Sulawesi Tenggara yang tidak kalah lezat dari makanan yang lain. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara, pastikan mencoba makanan tersebut satu-persatu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini