Yuk, Belajar Dedikasi dari Sang Master Sushi

Yuk, Belajar Dedikasi dari Sang Master Sushi
info gambar utama

Dedikasi tentu bukan hal yang baru bagi kita. Dalam setiap pekerjaan yang kita jalani saat ini, dedikasi menjadi salah satu hal yang dituntut untuk kita lakukan. Sikap dedikasi menjadi salah satu modal menuju keberhasilan. Dedikasi ini akan membuat kita tidak setengah hati dalam melakukan pekerjaan apapun dalam berbagai bidang yang ingin kita tekuni. Namun, dedikasi bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Perlu pengorbanan pikiran, tenaga dan waktu untuk mengerjakannya.

Siapa yang menyangka kita bisa belajar ilmu dedikasi dari sebuah hidangan khas Jepang, yaitu Sushi. Sushi tentunya sudah tak asing bagi kita. Salah satu restaurant sushi yang terkenal di Jepang bahkan dunia yaitu Sukiyabashi Jiro. Restaurant ini terletak di Ghinza, Tokyo. Bahkan Barack Obama, mantan presiden AS ke-44 itu sudah pernah menikmati sushi di restaurant tersebut. Dan sangking melegenda nya restaurant itu, Sukiyabashi Jiro ini juga dikenang dalam lagu BTS berjudul “Go Go” yaitu pada bait kedua yang berbunyi “ saya tidak memiliki uang tapi saya ingin makan di Jiro Ono. Bagi sobat Ublik yang menjadi Army, tentu lagu ini sudah tak asing lagi.

Obama di Restaurant Sukiyabashi Jiro
info gambar

Restaurant Sushi Yang Melegenda Milik Sang Master Sushi

Restaurant Sukiyabashi Jiro milik Jiro Ono ini bukanlah sebuah restaurant mewah seperti restaurant bintang lima lainnya. Sukiyabashi Jiro hanya menyediakan 10 kursi untuk para tamu. Akan tetapi, berkat cita rasa yang luar biasa lezat dan unik, untuk mengunjungi restaurant ini harus dilakukan reservasi 2-3 bulan sebelumnya. Dan tentunya dengan harga yang cukup fantantis yaitu mulai dari 30.000 Yen atau sekitar 2,6-3,7 juta rupiah. Sukiyabashi Jiro ini juga memiliki satu cabang restaurant yang dikelola oleh putra Jiro Ono. Restaurant cabang ini terletak di Roponggi Hills, Minator, Tokyo.

Hampir semua bahan yang digunakan untuk membuat sushi dibuat sendiri oleh restaurant ini. Kisah ini tertuang dalam film dokumenter “Jiro Dreams of Sushi” karya sutradara David Gleb yang berkisah tentang kehidupan Jiro ono. Dalam film tersebut diceritakan bahwa Jiro melakukan pemijatan Octopus sampai 40-50 menit. Hal itu dilakukan untuk membuat cita rasa sushi tetap terjaga. Sungguh berdedikasi, bukan?

Sukiyabashi Jiro
info gambar

CHEF SUSHI TERBAIK DI DUNIA YANG SANGAT BERDEDIKASI

Sukiyabashi Jiro dikelola oleh Jiro Ono bersama dengan anaknya Takashi dan Yoshikazu. Mereka berdua juga meneruskan jejak sang ayah untuk menjadi chef sushi. Saat ini Jiro Ono menjadi chef dengan umur 95 tahun. Beliau memustukan untuk mendedikasikan hidupnya untuk sushi. Dia terus meningkatkan skill nya setiap hari.

Menurut Jiro kunci sukses dalam bekerja yaitu: “Ketika kamu sudah memilih perkerjaan mu, maka kamu harus membenamkan diri dalam pekerjaan itu. Kamu harus jatuh cinta dengan pekerjaan itu. Kamu harus mendedikasikan hidupmu untuk menjadi master dalam pekerjaan itu.”

Salah satu fakta unik dari Jiro yaitu dia membenci liburan. Baginya bekerja itu sangat menyenangkan. Sampai-sampai, dikarenakan kegilaannya pada pekerjaan, anak nya pernah berkata “ada orang asing yang tidur dirumah kita”, ujar anaknya ketika Jiro pulang kerumah pada waktu liburan.

Jiro and tim-nya
info gambar

Shokunin Spirit Yang Dianut Jiro Menjadi Kunci Terwujudnya Dedikasi Tinggi

Shokunin adalah istilah dalam bahasa Jepang, yang berarti sebagai kemampuan dan sikap seorang seniman dalam bidang apapun yang menunjukkan keahlian terbaik pada pekerjaan mereka. Semangat shokunin ini menjadi salah satu kunci kesuksesan yang dianut oleh Jiro. Jiro melakukan hal yang sama berulang-ulang, tapi terus belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuannya.

Dari wawancara di film “Jiro Dreams of Sushi” dengan Yamamoto; seorang food writer, Jiro memiliki beberapa sikap untuk menumbuhkan rasa dedikasi terhadap pekerjaanya, yaitu:

  • Dia membuat standar disiplin untuk diri sendiri
  • Dia selalu mempersiapkan masa depan
  • Dia tidak pernah merasa puas terhadap pekerjaannya
  • Dia selalu mencari berbagai cara untuk membuat sushi lebih baik.

Jika sobat Millenials sedang merasa lelah dengan pekerjaannya, film dokumenter tentang Jiro Ono ini bisa jadi pilihan untuk meningkatkan rasa dedikasi terhadap pekerjaan yang kita tekuni saat ini. Tentu bukan hal mudah untuk kita bisa berprinsip seperti Jiro Ono. Akan tetapi, hal ini bisa jadi inspirasi untuk kita. Semoga bermanfaat ya..

Referensi: Jiro Dreams of Sushi (Documentary movie from netflix)

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

W
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini