6 Tanaman Pangan yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

6 Tanaman Pangan yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah
info gambar utama

Tanaman pangan yaitu jenis tanaman yang dapat menghasilkan banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh seperti protein dan juga karbohidrat kompleks. Di Indonesia, tumbuhan pangan kerap diidentifikasikan sebagai beras. Ini yang membuat beras menjadi makanan pokok yang utama.

Selain beras, terdapat beberapa contoh tanaman lain yang termasuk sumber karbohidrat dan protein misalnya serealia yang meliputi padi, jagung dan gandum, umbi dan kacang-kacangan. Tanaman jenis ini cukup mudah ditemukan di Indonesia karena banyak petani yang menanamnya di lahan mereka.

Apalagi beberapa jenis dari tanaman pangan mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang rumit seperti labu kuning, ubi jalar serta singkong. Tetapi ada beberapa tanaman pangan yang membutuhkan perawatan yang cukup intensif seperti jagung, kentang, dan padi.

Contoh Tanaman Pangan yang Cocok untuk Ditanam di Rumah

Ada banyak sekali jenis tanaman yang masuk ke dalam kelompok tanaman pangan. Berikut beberapa contoh tanaman pangan yang cocok untuk ditanam di rumah.

1. Kentang

tanaman pangan yang cocok ditanam di rumah
info gambar

Kentang merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya menjadi sumber karbohidrat, kentang juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk menanamnya pun sangat mudah. Anda cukup menggali tanah di pekarangan Anda sedalam 10 cm dan tanamlah bibit kentang di sana. Selebihny Anda cukup memberikan pupuk dan menyiramnya dengan teratur agar tanaman kentang dapat tumbuh dengan baik.

2. Ubi Jalar

tanaman pangan yang cocok ditanam di rumah
info gambar

Selain kentang, ubi jalar juga merupakan tanaman pangan yang sangat mudah untuk ditanam dan dibudidayakan di rumah. Sama seperti kentang, tanaman pangan yang kaya akan serat, karbohidrat kompleks, protein dan ragam nutrisi lainnya ini bisa ditanam di pekarangan rumah atau pun kebun belakang Anda.

Cara menanamnya pun sama seperti kentang yaitu dengan menanam bibit ubi jalar di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 10 cm. Selanjutnya Anda dapat melakukan pemberian pupuk dan penyiraman secara teratur dan jika Anda merawatnya dengan baik, ubi jalar dapat dipanen dalam jangka waktu 90 hari.

3. Labu Kuning atau Waluh

labu kuning waluh tanaman pangan yang bisa ditanam di pekarangan rumah
info gambar

Labu kuning bisa ditanam di sisi pagar atau sekeliling rumah. Tanaman labu kuning atau waluh juga relatif mudah ditanam di tempat yang banyak terpapar sinar matahari langsung. Labu pun cukup disiram dengan air hingga basah. Namun jangan sampai berlebihan agar daun-daunnya tidak terpapar jamur atau hama. Hindari menanam tanaman ini di lokasi yang tertutup bayangan genting, pohon, atau atap rumah agar buah tumbuh besar.

4. Kacang Tanah

tanaman pangan kacang tanah
info gambar

Kacang tanah bisa ditanam di lahan yang kering dan basah. Jika ingin memperbanyak kacang tanah bisa dilakukan dengan biji. Tanaman ini memiliki batang hingga 69 cm. tanaman ini tumbuh memanjang. Kacang tanah mempunyai polong yang berasal dari gonofor dalam tanah

5. Kacang Hijau

tanaman pangan kacanghijau
info gambar

Kacang hijau adalah tanaman selanjutnya yang dapat ditanam di rumah. Tanaman ini memiliki umur panen hingga 65 hari setelah masa tanam. Biasanya tinggi tanaman kacang hijau antara 53 sampai 80 cm.

6. Singkong

tanaman pangan singkong
info gambar

Singkong atau dikenal dengan nama ubi kayu adalah tanaman yang dipanen umbinya. Daun yang ada di tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran.

Cara menanam singkong di rumah pun relatif mudah. Kamu hanya perlu meruncingkan bagian bawah batang singkong dan menanamnya pada kedalaman 5-10 cm.

Baca juga: 7 Makanan Khas dari Singkong, Tradisional hingga Kekinian

Selain contoh di atas masih ada tanaman pangan yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah. Misalnya: sukun, talas, gembili, mbothe, lobak, terung, bentoel, dan lainnya.

Fungsi Tanaman Pangan

tanaman pangan untuk ketahanan pangan nasional
info gambar

Jika dilihat dari namanya, tentu tanaman ini kaya akan kandungan karbohidrat sehingga menjadi sumber energi. Tanaman ini bisa diolah menjadi makanan yang terdapat kandungan karbohidrat di dalamnya. karbohidrat sangat baik untuk tubuh karena bisa menjadi sumber energi.

Baca juga: Tanaman Porang, Manfaat, Budidaya dan Potensi Ekspor bagi Petani Lokal

Tidak hanya itu saja, sumber energi yang didapatkan dari tumbuhan pangan dapat bermanfaat untuk regenerasi sel dan juga meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin di dalamnya serta mineral yang ada di dalam bahan pangan dapat menciptakan sel-sel baru.

Demikian informasi mengenai beberapa tanaman pangan yang bernutrisi dan mudah untuk ditanam di rumah. Semoga dapat menginspirasi Anda dan selamar mencoba!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini