Bos Rumah Makan Buka Rahasia, Kunci Kelezatan Nasi Padang Terungkap

Bos Rumah Makan Buka Rahasia, Kunci Kelezatan Nasi Padang Terungkap
info gambar utama

Nasi Padang memang lezat. Apakah Anda tahu apa kunci kelezatan nasi Padang tersebut?

Nasi Padang adalah kuliner khas Minangkabau yang boleh dibilang ada di berbagai penjuru Indonesia. Penggemarnya pun banyak. Itulah mengapa penjual dan penikmat nasi Padang sama-sama eksis di negeri yang kaya akan budaya kulinernya ini.

Nasi Padang bahkan juga ada di luar negeri. GNFI pernah membahas ini dalam artikel Nasi Padang ke Eropa, Siap Manjakan Lidah Orang Norwegia yang Penasaran Gara-gara Lagu Ini.

Setiap menyantap nasi Padang, yang begitu lezat, Kawan GNFI mungkin penasaran tentang dari mana sebenarnya rasa sedap itu berasal.

Kenapa Nasi Padang Kalau Dibungkus Porsinya Lebih Banyak?

Kunci Kelezatan Nasi Padang Terungkap

Seorang pemilik rumah makan Padang membuka rahasianya. Ternyata, hal pertama yang menjadi kunci kelezatan nasi Padang adalah kelapa. Maklum saja, banyak menu terutama lauk dalam sajian nasi Padang yang menggunakan santan kelapa sebagai bahan bakunya.

Untuk menghasilkan nasi Padang dengan kelezatan maksimal, pemilihan kelapa pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hanya kelapa dengan kriteria khusus yang bisa digunakan.

Setidaknya itulah yang diterapkan oleh rumah makan Padang Mak Ciak. Menurut Afrizal selaku pemilik rumah makan, pihaknya selalu menggunakan kelapa yang berasal dari daerah tertentu.

"Kami upayakan pakai kelapa Pariaman atau setidaknya kelapa Pangkal Pinang, intinya kelapa yang berasal dari pinggir pantai itu lebih lezat untuk masakan," ujar Afrizal seperti dilansir Antara.

Bukan cuma memperhatikan asal daerah, rumah makan padang Mak Ciak juga punya kriteria pohon kelapa yang buahnya akan mereka petik.

"Sebaiknya pilih pohon yang biasa diambil untuk kelapa tua untuk mendapatkan santan yang lezat," lanjut Afrizal.

Tidak perlu heran apabila Rumah makan Padang Mak Ciak dan masyarakat pada umumnya bisa begitu selektif terhadap kelapa. Pada kenyataannya, kelapa adalah hasil bumi yang begitu melimpah di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak kelapa yang bisa dipilih. Berdasarkan data World Atlas, Indonesia bahkan adalah negara produsen kelapa nomor satu dunia dengan angka produksi mencapai 17,13 juta ton.

Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa kelapa bukan satu-satunya penentu kelezatan nasi Padang. Afrizal mengingatkan bahwa ada hal lain yang tak kalah penting, yakni teknik dan feeling memasak.

"Sebetulnya soal bahan dan bumbu itu sama saja. Hasilnya akan sama. Yang membedakan mungkin teknik dan feel , kapan harus memasukkan bumbu, kapan harus memasukkan daging dan lain-lain. Ketika sudah tahu semua tapi feel enggak ada ya enggak enak," kata Afrizal.

5 Makanan Tertua Khas Indonesia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini