7 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Kaya Rasa dan Wajib untuk Dicoba

7 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Kaya Rasa dan Wajib untuk Dicoba
info gambar utama

Makanan khas Kalimantan Tengah telah menyumbang sebagai salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang sangat beragam. Kalimantan Tengah sebagai provinsi terbesar kedua setelah Papua merupakan wilayah yang menyimpan segudang daya tarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah kulinernya.

Satu hal yang sangat kental dengan Kalimantan Tengah dan mempengaruhi ragam kulinernya adalah masih kuatnya komunitas Suku Dayak. Sebagai salah satu daerah yang berhasil memancing wisatawan untuk datang, ragam makanan khas Kalimantan Tengah juga rasanya perlu untuk diketahui oleh khalayak umum. Melansir dari laman Kalteng.go.id, berikut ini adalah 7 makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib untuk dicoba.

#1 Juhu Umbut Rotan

Makanan khas Kalimantan Tengah pertama yang wajib Anda coba adalah juhu umbut rotan. Juhu umbut rotan merupakan makanan dari Suku Dayak. Bahan dasarnya adalah rotan muda yang dibuang kulitnya dan dipotong dalam ukuran kecil kemudian dimasak. Makanan ini memiliki rasa yang sangat khas karena dipadukan bersama dengan ikan baung, bumbu, dan terong asam.

#2 Kalumpe

Kedua, makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib dicoba adalah kalumpe. Makanan ini terbuat dari sayuran yaitu daun singkong yang ditumbuk dengan halus. Setelah halus, daun singkong dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. Setelah itu diberikan beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, serai, dan lengkuas. Kalumpe biasanya disantap dengan menggunakan sambal terasi.

#3 Wadi

Makanan khas Kalimantan Tengah selanjutnya yang perlu Anda coba adalah wadi. Wadi adalah makanan yang berbahan dasar ikan, atau bisa juga babi. Daging diolah dengan dikeringkan dan dicampur dengan bumbu rahasia dari Kalimantan. Daging didiamkan 3-5 hari atau juga bisa sampai seminggu. Setelah didiamkan, wadi perlu untuk digoreng terlebih dahulu sebelum disantap.

#4 Keripik Kelakai

Keripik kalakal adalah makanan ringan khas dari Kalimantan Tengah yang berasal dari Suku Dayak. Bahan yang digunakan adalah tanaman kelakai yang dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Keripik kelakai memiliki tekstur yang renyah dan sangat digemari oleh orang-orang. Pasalnya, makanan ini sangat cocok disantap bersama dengan keluarga atau ketika waktu luang.

#5 Bengamat

Kooliner
info gambar

Makanan ini adalah salah satu makanan yang tergolong ekstrem. Pasalnya, bahan dasarnya adalah kelelawar besar. Makanan ini merupakan makanan tradisional Kalimantan Tengah. Daging kelelawar dibersihkan dan kemudian dimasak dengan bumbu khas dari Kalimantan. Rasanya tentu sangat lezat bagi orang yang menyukai sajian unik ini.

#6 Kenta

Selanjutnya adalah kenta. Kentang merupakan makanan khas Kalimantan Tengah yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan ini banyak dijumpai di Palangkaraya. Kenta dibuat dari bahan-bahan seperti parutan kelapa, air kelapa muda, dan gula pasir. Rasanya cukup kaya dan variatif. Anda bisa mencobanya jika berkunjung ke Palangkaraya.

#7 Sambal Kandas Sarai

Makanan khas Kalimantan Tengah yang terakhir ini merupakan sajian yang memiliki rasa pedas. Tidak hanya pedas, sambal kandas sarai juga mempunyai rasa rempah-rempah yang menambah kekayaan rasa dan sambal ini. Sambal kandas sarai biasanya dimakan untuk menjadi pelengkap olahan ikan jelawat, wadi, dan lain sebagainya.

Demikian adalah 7 makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib untuk dicoba. Masih banyak makanan Kalimantan Tengah yang bisa Anda coba ketika datang ke tanah Dayak tersebut. Maka dari itu, jika berkunjung ke Kalimantan Tengah, pastikan Anda mencoba satu persatu makanan khas Kalimantan Tengah tersebut.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini