Soal Olahraga Perahu Naga, Indonesia adalah Jawara Asia

Soal Olahraga Perahu Naga, Indonesia adalah Jawara Asia
info gambar utama

Indonesia adalah penguasa Asia di bidang olahraga perahu naga. Kedigdayaan Indonesia masih kokoh dan bisa diadu dengan negara Asia lain.

Tim perahu naga Indonesia membuat November 2022 ini jadi bulan yang menggembirakan. Sebabnya, mereka berhasil membawa Indonesia sebagai penguasa Asia di kancah olahraga air tersebut.

Indonesia sah menjadi penguasa Asia setelah berhasil menjadi juara di Kejuaraan Asia Perahu Naga 2022 atau Asian Dragon Boat Championships 2022. Para atlet Indonesia bahkan tampil begitu dominan di antara negara-negara Asia lainnya.

Asian Dragon Boat Championships 2022 dihelat di Rayong dan Pattaya, Thailand. Indonesia berlaga pada 19 hingga 21 November 2022. Ada 12 negara yang ikut serta. Selain Indonesia, negara peserta lainnya adalah Australia, Kamboja, China, Taiwan, Hong Kong, India, Myanmar, Malaysia, Nepal, Singapura, dan Thailand yang berstatus tuan rumah.

Indonesia menjadi juara dengan raihan 11 medali emas dan satu perunggu. Seluruh medali tersebut didapat dari berbagai kategori yang diikuti.

Antara melaporkan bahwa Indonesia mampu meraup empat medali emas pada hari pertama, Sabtu (19/11). Keempat medali emas berasal dari kategori jarak 1.000 meter perahu kecil 12 pedayung campuran, putri, dan open, serta kategoti perahu standar 22 pedayung campuran.

Kemudian pada hari kedua, Minggu (20/11), Indonesia lagi-lagi mendapat empat medali emas dari kategori jarak 500meter perahu kecil 12 pedayung campuran, putri, dan open, serta perahu standar 22 pedayung campuran.

Pada Senin (21/11l) yang menjadi hari ketiga sekaligus terakhir, Indonesia meraih tiga medali emas dan satu perunggu. Medali emas didapat dari kategori 200 meter perahu kecil 12 pedayung putri dan campuran, serta 200 meter perahu standar 22 pedayung campuran, lalu untuk perunggu didapat dari kategori 200 meter perahu kecil 12 pedayung terbuka.

Ini Dia Sosok Donald Santoso, Penggagas Basket Kursi Roda di Indonesia!

Tren Positif

Kesuksesan Indonesia menjadi juara Asian Dragon Boat Championships 2022 melanjutkan tren positif Indonesia di ranah perahu naga. Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia mampu meraih beragam prestasi cemerlang.

Hal ini menarik mengingat olahraga perahu naga atau dayung pada umumnya bukanlah olahraga yang populer bagi masyarakat Indonesia.

Prestasi Indonesia bukan sebatas di tingkat Asia lagi, melainkan dunia. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Indonesia mampu menjadi juara Asian Dragon Boat Championships 2022

Pada 2019 misalnya, Indonesia berhasil meraih juara di Kejuaraan Dunia Perahu Naga. Saat itu, Indonesia meraih 2 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu, dari 7 kategoti lomba.

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 Bersama Filipina Dan Jepang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini