17 Makanan Khas Bangka Belitung yang Memanjakan Pecinta Seafood

17 Makanan Khas Bangka Belitung yang Memanjakan Pecinta Seafood
info gambar utama

Bangka Belitung memiliki keindahan wisata alam yang sangat elok dan eksotis, pulau ini memiliki keindahan pantai yang masih asli dengan air yang biru dan membuat siapa saja yang berkunjung akan jatuh hati. Terlebih ada beberapa tempat menarik di Bangka Belitung yang terekam dalam film terbaik Indonesia yaitu Laskar Pelangi.

Bukan hanya keelokan alamnya saja yang membuat hati menjadi damai, namun makanan khas Bangka Belitung dengan rasanya yang unik juga akan memanjakan lidah saat berkunjung ke sini. Terutama bagi Anda yang sangat menyukai hidangan seafood. Perlu diketahui, bahwa makanan khas Bangka Belitung dalam sejarahnya banyak dipengaruhi unsur kuliner Melayu dan China.

Nah, apa saja makanan khas Bangka Belitung yang wajib untuk dicoba? Yuk, simak beberapa jenis makanan berikut:

1. Lempah Kuning

Lempah Kuning Khas Bangka - Foto: indonesianchefassociation.com
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung yang pertama wajib untuk Anda coba adalah lempah kuning yaitu sup ikan dengan kuah berwarna kuning. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan yang diolah bersama rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, lengkuas dan belacan. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri, dan juga biasanya disajikan hanya pada bagian kepala. Rasanya gurih dan sangat menggiurkan selera.

2. Mie Belitung

Mie Belitung - Foto: onekliknews.com
info gambar

Disajikan dengan kuah kaldu dari tulang ditambahkan dengan beberapa irisan sebagai tambahan seperti daging ayam, daging sapi, serta hidangan laut membuat mie Belitung menjadi primadona makanan khas Bangka Belitung. Layaknya mie ayam, mie Belitung memiliki rasa yang berbeda dan nikmat terutama pada mie nya yang kenyal dan lezat. Penyajiannyapun unik, yaitu di atas piring beralaskan daun.

Baca juga: 11 Makanan Khas Kutai Kertanegara yang Otentik dan Lezat

3. Sup Gangan

Sup Ganga - Foto:ervra_liciouss/cookpad
info gambar

Terbuat dari ikan tenggiri segar yang diilah bersama cabai, bawang, lengkuas, dan kunyit sehingga membuat rasa sup gangan segar dan pedas yang dapat menggugah selera Anda. Bukan hanya ikan, makanan khas Bangka Belitung ini juga bisa menggunakan daging dan namanya juga ikut berubah yaitu gangan darat.

4. Siput Gonggong

Siput Gonggong - foto: Dok Okezone
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah siput gonggong yang diolah dengan cara direbus ataupun digoreng dan disantap bersama saos. Rasanya sangat nikmat dan lezat, selain itu makanan ini juga kaya akan protein. Perlu diketahui, bahwa siput gonggong banyak ditemui di perairan Bangka Belitung dan juga Kepulauan Riau.

5. Mie Pantiaw

Mie Pantiaw - foto: bangkapostravel.tribunnews.com
info gambar

Memiliki bentuk seperti mie berukuran lebih besar dari biasanya, mie pantiaw menjadi makanan khas Bangka Belitung yang paling digemari wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Rasanya yang sedap dan gurih, karena terbuat dari olahan daging ikan pilihan yang dimasak dengan menggunakan bumbu ikan yang sudah direbus, digiling halus lalu dimasak bersama racikan sejumlah bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, lada dan garam. Hmm.. Anda wajib untuk mencobanya!

6. Berego

Berego - Foto: budaya-indonesia.org
info gambar

Bentuknya unik seperti mie pantiaw ukuran besar lalu digulung-gulung dan berlapis. Makanan khas Bangka Belitung satu ini juga tampak seperti lontong, tak jarang ada juga yang menyebutnya dengan lontong berlapis yang terbuat dari tepung beras dan sagu. Makanan unik ini disajikan dengan kuah kari yang terbuat dari kaldu ikan, rasanya lezat dan gurih.

7. Belacan

Belacan - Foto: indonesiakaya.com
info gambar

Terbuat dari fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa yang unik, belacan ini merupakan bumbu tambahan atau penyedap rasa untuk masakan seperti terasi. Biasanya makanan khas Bangka Belitung satu ini cocok untuk menjadi buah tangan jika Anda berkunjung ke sini.

Baca juga: Rekomendasi 8 Makanan Khas Solo yang Legendaris, Wajib Coba!

8. Rusip

Rusip Bangka Belitung - Foto: zonabangkabelitung.blogspot.com
info gambar

Sama halnya dengan belacan, namun rusip bisa langsung disantap tanpa harus dimasak kembali. Dikutip dari laman bangkatengahkab.go.id, menjelaskan bahwa makanan khas Bangka Belitung ini adalah terbuat dari ikan yang telah difermentasikan dan digunakan sebagai sambal untuk lalapan daun singkong, mentimun dan sebagainya. Rusip terbuat dari ikan teri yang difermentasi dengan menggunakan garam, air gula aren, dan air kerak nasi.

9. Kricu

Kricu Bangka - Foto: zonabangkabelitung.blogspot.com
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung satu ini sekilas tampak seperti stik keju. Namun camilan ini terbuat dari telur cumi, sagu, telur ayam, garam, dan penyedap. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat Anda akan ketagihan untuk menghabiskannya. Makanan ini juga tepat sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung.

10. Kletek

Kletek - shopee.co.id/ayufizha
info gambar

Ada juga kletek yang juga bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke negeri Laskar Pelangi ini. Kletek memiliki bentuk agak elips dan berwarna putih kecokelatan. Makanan khas Bangka Belitung ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat saat disantap. Kletek ini terbuat dari daging ikan tenggiri dengan bumbu tambahan seperti garam dan merica.

11. Mie Koba

Mie Koba Khas Bangka - Foto: backpackerjakarta.com
info gambar

Ingin mencicipi bakmi khas Bangka Belitung? Mie koba juga bisa menjadi pilihan bagi Anda pecinta mie. Makanan khas Bangka Belitung ini disajikan dengan kuah kaldu ikan tenggiri yang direbus, kemudian digiling dan ditumis bersama bumbu rempah lainnya dan ditambahkan tauge dan telur. Rasa mie koba semakin nikmat dan segar dengan tambahan perasan air jeruk kunci.

12. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung Bangka - Foto: zonabangkabelitung.blogspot.com
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung ini tampak seperti abon. Namun sambal lingkung terbuat dari olahan ikan seperti ikan hiu kecil, ikan parang, ikan tenggiri, atau ikan mayong yang dikukus lalu dihaluskan serta ditumis dengan rempah-rempah pilihan. Makanan lezat satu ini sangat pas disajikan bersama nasi hangat atau dijadikan isian roti. Sambal lingkung juga pas dijadikan oleh-oleh khas Bangka Belitung.

13. Otak-otak Bangka

Otak-otak Bangka - Foto: tourbangka.com
info gambar

Jika berkunjung ke Bangka Belitung, jangan lewatkan untuk mengonsumsi camilan enak dan gurih ini dengan saus cocolan yang bisa Anda pilih yaitu tauco, kuah terasi dan sambal. Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari ikan tenggiri, yang biasa diolah menjadi beberapa jenis seperti otak-otak bakar, rebus, dan kulit.

Baca juga: 5 Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Ikan

14. Kecalo

Kecalo Bangka - Foto: makananoleholeh.com
info gambar

Ada lagi nih makanan khas Bangka Belitung yang diolah dengan cara fermentasi, yaitu kecalo dan juga cocok sebagai buah tangan saat Anda berkunjung ke pulau timah ini. Kecalo merupakan bumbu tambahan masakan sama dengan belacan, namun terbuat dari udang rebon.

15. Teri Krispi

Teri Krispi Belitung - Foto: shopee.co.id/kakikandil
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung satu ini merupakan makanan sehari-hari yang tidak boleh dilewatkan untuk Anda cicipi. Terbuat dari bahan utamanya yaktu ikan teri yang memiliki rasa renyah dan gurih, sangat pas disantap dengan nasi hangat.

16. Bong Li Piang

Bong Li Piang Bangka Belitung - Foto: indonesiakaya.com
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung ini merupakan salah satu makanan ringan yang dipengaruhi budaya China. Bong li piang adalah kue dengan isian berupa selai nanas, yang terbuat dari santan, tepung terigu dan gula aren. Biasanya kue ini juga menjadi oleh-oleh khas Bangka dan dijadikan teman ngopi saat kumpul keluarga.

17. Lakse

Lakse Khas Belitung - Foto: indonesiakaya.com
info gambar

Satu lagi olahan mie yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bangka Belitung, yaitu lakse yang merupakan makanan khas Melayu Belitung yang senang dengan hidangan bersantan. Makanan khas Bangka Belitung ini berbahan dasar tepung beras, santan, dan sagu. Sama seperti berego, makanan ini juga dinikmati dengan kuah yang dibuat dari ikan tenggiri.

Baca juga: Rekomendasi Makanan dan Oleh-Oleh Khas Lampung

Itu tadi makanan Khas Bangka Belitung yang wajib untuk Anda cicipi, khususnya bagi Anda yang menyukai hidangan laut. Tak ada salahnya untuk berwisata sambil mengenal dan mencoba kekayaan kuliner makanan tradisional Indonesia, bukan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini